Brilio.net - Bahasa Jawa punya rangkaian kata unik. Berbeda dari biasanya, dan semakin hari kian berkembang. Bahasa yang satu ini kerap dijadikan bahasa sehari-hari masyarakat Jawa.

Tapi banyak juga lho yang paham, meski bukan orang Jawa. Karena bahasa daerah ini sudah terkenal dan kerap dituturkan di mana saja.

Bahkan banyak orang sengaja merangkai deretan kata Jawa jadi quotes keren dan kekinian. Kemudian diunggah dan dijadikan caption media sosial.

Dari quotes ini, bisa menarik perhatian. Alhasil akun lain akan membaca, menyukai, terhibur, ngakak seharian, lantas membagikan ulang statusmu.

Berikut ini deretan kata-kata quotes santuy bahasa Jawa dan artinya, brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (12/5).

Loading...

Kata-kata santuy bahasa Jawa cocok jadi caption Instagram

quotes santuy bahasa Jawa instagram

foto: Instagram/@oficialjawasantuy

Kata-kata santuy bahasa Jawa bisa diambil dari banyak sumber. Film, lagu, puisi, musik, dan lain sebagainya. Jadikan deretan kata-kata quotes berikut ini sebagai caption terkerenmu.

1. "Urip ra usah disesali. Putus siji, sewu ngantri."

(Hidup tidak perlu disesali. Putus sekali, seribu sudah antri)

2. "Awakmu tetep tak enteni, masio ngenteni kui ra penak"

(Kamu tetap aku tunggu, walaupun menunggu itu tidak enak)

3. "Urip ki seng tenang, imbangi karo keadaan. Mergo seng mewah iku durung tentu indah."

(Hidup itu tenang saja, imbangi dengan keadaan. Karena yang mewah itu belum tentu indah)

4. "Siapke kaca sak durunge ngece wong liyo."

(Siapkan cermin sebelum menghina orang lain)

5. "Wit, yen di uncali watu tetep dibales nganggo woh."

(Pohon, ketika dilempari batu tetap dibalas dengan buah)

6. "Cinta kui ora koyo Instagram. Seng perlu klik loro langsung entuk ati."

(Cinta itu tidak seperti Instagram. Yang hanya perlu klik dua kali, langsung dapat hati)

7. "Dadi wong kui ora usah macem-macem. Opo onone wae."

(Jadi orang itu tidak usah macam-macam atau banyak tingkah. Apa adanya saja)

8. "Dunyo nambah tuwek, arep ngenteni opo meneh. Wes wayahe nglalekne mantan."

(Dunia sudah mulai tua, mau nunggu apa lagi. Sudah waktunya melupakan mantan)

9. "Guyon ki ojo kelewatan. Nek kelewatan ngko mutere kadohan."

(Bercanda jangan kelewatan, kalau kelewatan putar baliknya jauh)

10. "Ora kepingin sing sempurna nggo dampingi uripku, mung butuh wong sing ikhlas nrima lan nglengkapi kekuranganku."

(Tidak butuh yang sempurna untuk mendampingi hidupku, hanya butuh orang ikhlas menerima dan melengkapi kekuranganku)

11. "Lek seneng podho lali kabeh, tapi nek susah podo tekon posisi."

(Kalau baru senang pada lupa semua, tapi kalau baru sedih pada tanya di mana keberadaan)

12. "Tresno iku mergo ati, ora bakal owah tekane mati."

(Cinta ini datang dari hati, tak bakal berubah sampai mati)

13. "Ra sah mendelik. Lek dikandani yo nurut. Ben kariermu cepet mundak."

(Tidak perlu melotot. Kalau dikasih tahu itu nurut. Agar kariermu cepat naik)

14. "Sunsetan? Aduh aku yahmene durung ngurung pitik wae digebuki mamake."

(Sunsetan? Aduh aku jam segini belum masukin ayam ke kandang saja sudah dimarahi ibu)

15. "Ojo mung ngopi, sekali-sekali ngeteh ben ngerti yen urip iku ora mung pait, tapi yo sepet."

(Jangan cuma ngopi, sekali-kali ngeteh supaya tahu kalau hidup tak cuma pahit tapi juga sepet)

16. "Wajah kui dirawat, ojo diedit."

(Wajah itu dirawat, jangan diedit)

17. "Urip iku terus mlaku, bebarengan karo wektu, sing bisa gawa lakumu, supaya apik nasibmu."

(Hidup itu terus berjalan, bersamaan dengan waktu, yang bisa membawa tingkah lakumu, biar nasibmu baik)

18. "Kadang mripat iso salah ndelok, kuping iso salah krungu, lambe iso salah ngomong, tapi ati ora bakal iso diapusi."

(Terkadang mata bisa salah melihat, telinga bisa salah mendengar, mulut bisa salah mengucap, tapi hati tak bisa dibohongi dan membohongi)

19. "Aja mbedakake marang sak sapadha-pada."

(Hargai perbedaan, jangan membeda-bedakan sesama manusia)

20. "Aku memang sengojo ora adus, ben kethok alami."

(Aku memang sengaja tidak mandi, supaya terlihat alami)

Kata-kata quotes santuy bahasa Jawa paling bikin baper.

quotes santuy bahasa Jawa instagram

foto: Instagram/@oficialjawasantuy

Baca dan resapi makna yang ada di kata-kata berikut ini. Jika kamu baper, kirimkan kata-kata ini kepada orang lain. Agar mereka juga ikutan baper.

21. "Ngimpi sing duwur koyo langit, Yen awakmu logor berarti turumu kurang nengah."

(Bermimpilah setinggi langit, jika kamu terjatuh berarti tidurmu kurang ke tengah)

22. "Senajan awakmu lemu, ning isih amot ning atiku."

(Walaupun badanmu besar, masih muat kok di hatiku)

23. "Gendut kui montok, mung kebablasen."

(Gendut itu montok, hanya berlebihan saja)

24. "Sliramu manis dek, kaya gula."

(Dirimu manis dek, seperti gula)

25. "Waktu adalah uang. Yen kancamu mbok jak dolan raono wektu, brarti wonge lagi ra duwe duit."

(Waktu adalah uang. Kalau temanmu tidak ada waktu untuk diajak jalan, artinya ia sedang tidak punya uang)

26. "Witing tresno jalaran soko kulino. Witing mulyo jalaran wani rekoso."

(Bahwa cinta itu tumbuh lantaran ada kebiasaan, kemakmuran itu timbul karena berani bersusah dahulu)

27. "Masalah wedokan iku gampang, penting iso nyaur utang sek."

(Masalah perempuan itu mudah, yang penting bisa membayar hutang dulu)

28. "Pacaran kui ra usah diumbar-umbar, sing penting undangan teko-teko kesebar."

(Pacaran itu tidak perlu dipamerkan, yang penting tiba-tiba menyebar undangan)

29. "Urip kui koyo kopi asli. Nek ga iso nikmati rasane pait."

(Hidup itu seperti kopi asli, jika tidak bisa menikmati, rasanya pahit)

30. "Dosa sing paling menyedihkan iku dosambat ora duwe duit."

(Dosa yang paling menyedihkan adalah pada sambat tidak punya duit)

31. "Combro bae ana isine, masa atimu kosong."

(Combro saja ada isinya, masa hatimu kosong)

32. "Ojo godain bojone wong. Biarlah bojone wong sing nggodain kita."

(Jangan menggoda istri orang. Biarlah istrinya orang yang menggoda kita)

33. "Kacang iku gurih, tapi nek dikacangin iku perih."

(Kacang itu gurih, tapi kalau dikacangin itu perih)

34. "Dadi wong ojo kaku-kaku, ndak koyo kanebo garing."

(Jadi orang jangan terlalu kaku, nanti seperti kanebo kering)

35. "Kerjo tak tekuni. Duit tak celengi, dolan tak kurangi. InsyaAllah taun ngarep sholatmu tak imami."

(Kerja tak tekuni. Uang aku kumpulkan, main aku kurangi. InsyaAllah tahun depan kamu sholatmu aku imami)

36. "Aku mung iso maca buku, durung iso maca atimu."

(Aku hanya bisa membaca buku, belum bisa membaca hatimu)

37. "Ora usah sepaneng, mending digawe seneng-seneng."

(Tak usah tegang, lebih baik dibuat senang-senang)

38. "Tresnomu koyo rumah makan padang, akeh cabange."

(Cintamu seperti rumah makan padang banyak cabangnya)

39. "Kui mantan opo pahlawan? Kok dikenang wae?"

(Itu mantan atau pahlawan? Kok kamu kenang terus?)

40. "Nek ngomong ojo manis-manis, mundak cangkeme dirubung semut."

(Kalau bicara jangan manis-manis, nanti mulutnya dirubung semut)

Kata-kata quotes santuy bahasa Jawa keren dan penuh arti.

quotes santuy bahasa Jawa instagram

foto: Instagram/@kbspeed_racingconcept

Pernah nggak kamu mendengar ada teman bicara dengan suara keras? Jawab saja perkataannya dengan kata-kata santuy berikut ini.

41. "Wong nek diapiki mesti bakal mbales ngapiki, nek wes diapiki tapi malah nglarani mungkin duduk wong."

(Orang kalo dibaiki harusnya baik juga, kalo sudah dibaiki malah menyakiti mungkin bukan manusia)

42. "Wong lemu kui, dudu kakean mangan, tapi program diete sing gagal."

(Orang gemuk itu, bukan kebanyakan makan, tapi program dietnya gagal)

43. "Foto DP kok karo pacare terus, opo mbiyen leh tuku hp urunan?"

(Foto DP kok sama pacarnya terus, apa dulu beli HP-nya patungan?)

44. "Ora usah mikir omongane wong liyo, wong liyo ae nek ngomong yo ora mikir."

(Nggak usah mikir omongannya orang lain, orang lain aja kalau ngomong enggak pake mikir)

45. "Dadi wong lanang ojo koyo krupuk. Teles sitik lemes."

(Jadi laki-laki jangan kayak kerupuk. Basah sedikit lemas (maksudnya langsung patah semangat karena perkara kecil))

46. "Jenenge urip mesti akeh cobaan, yen akeh saweran kui jenenge dangdutan."

(Namanya hidup pasti banyak cobaan, kalau banyak saweran itu namanya dangdutan)

47. "Aku ra butuh peta utowo GPS, nek karo koe aku wes yakin kudu neng endi."

(Aku nggak butuh peta atau GPS, kalau sama kamu aku udah yakin harus pergi ke mana)

48. "Udane awet, koyo lambemu nek ngomel, gak leren-leren."

(Hujannya awet, kayak mulutmu kalau ngomel, nggak berhenti-henti)

49. "Jenenge pasangan, yen ora 'pas' yo mung dadi 'angan'."

(Namanya pasangan, kalau tidak 'pas' ya berarti hanya 'angan' saja)

50. "Wong Jowo kui jos, bensin dadi bengsin, coklat dadi soklat, sayur dadi jangan, mobil dadi montor, utang dadi lali."

(Orang jawa itu hebat, bensin jadi bengsin, cokelat jadi soklat, sayur jadi jangan, mobil jadi montor, utang jadi lupa)

51. "Ketika semua terasa begitu embuh, aku mencoba untuk rapopo."

(Ketika semua terasa tidak karuan, aku mencoba untuk tidak apa-apa)

52. "Sorry, wonge sek fitnes, awake fit atine ngenes."

(Sorry, orangnya lagi fitnes, badannya fit hatinya merana)

53. "Guyon ora popo, sing penting ojo jotos-jotosan, yo."

(Bercanda tidak apa-apa, yang penting jangan pukul-pukulan ya)

54. "Merdeka iku yen Soekarno mbe Hatta baris rapi ning njero dompet. Yen sing baris Pattimura, berarti isih perjuangan."

(Merdeka itu kalau Soekarno dan Hatta tertata rapi di dalam dompet. Kalau hanya Pattimura saja, berarti masih butuh perjuangan)

55. "Sakjane aku yo iso dolan neng mal macak mbois nongkrong neng kafe, tapi aku emoh. Mengko ndak diarani akeh duite."

(Sebenarnya aku juga bisa main ke mall dan sok keren dengan nongkrong di kafe, tapi aku nggak mau. Nanti aku dianggap punya banyak uang)

56. "Mbuh ngopo nek aku ngantuk rasane pengen turu."

(Entah kenapa kalau aku mengantuk, rasanya ingin tidur)

57. "Kowe ki uwong opo kalkulator, ko ora tau gelem salah."

(Kamu ini orang apa kalkulator, kok enggak pernah mau salah)

58. "Semua akan mumet pada waktunya."

(Semua akan pusing pada waktunya)

59. "Aku wong ndeso ora ngerti Valentine Day, ngertiku Pak Day karo Bu Day."

(Aku orang desa nggak tau Valentine Day, taunya Pak Day dan Bu Day (plesetan dari Pakdhe dan Budhe))

60. "Ora ketemu sesasi karo awakmu rasane koyo 30 dino."

(Tidak bertemu kamu selama satu bulan rasanya seperti 30 hari)

RECOMMENDED BY EDITOR