Brilio.net - Kebahagiaan dan kesedihan dalam hidup ini akan datang silih berganti. Setiap hari kamu bisa bertemu dengan orang-orang baru dan berpisah dengan orang lama. Terkadang tak semua pertemuan bisa memberi kebersamaan. Bahkan ada yang berakhir dengan perpisahan yang menyakitkan.

Perpisahan semacam takdir yang selalu ditemui semua insan manusia. Sedih memang berbicara tentang perpisahan, apalagi dengan orang tersayang. Entah dengan orang tua, kerabat, sahabat, rekan kerja maupun kekasih.

Namun setiap perpisahan dan kata selamat tinggal bukanlah akhir dari sebuah kehidupan. Bahkan terkadang dari perpisahan itu kamu mendapatkan banyak pelajaran.

Untuk memaknai makna perpisahan, ungkapkan perasaanmu dengan kata-kata bijak perpisahan. Dengan membaca kata-kata mutiara perpisahan ini, hatimu akan lebih tenang untuk lebih siap menatap masa depan. Berikut ini brilio.net himpun dari berbagai sumber, Senin (20/2).

Kata-kata bijak perpisahan paling sedih.

kata bijak perpisahan © 2020 brilio.net/ Instagram

foto: Instagram/@pratiwi_novin

1. "Perpisahaan memang tak akan pernah mudah karena sifat dasar manusia ingin memiliki bukan melepaskan."

2. "Luka akibat sebuah perpisahan selalu menjadi yang terperih diantara luka lainnya, bagaimana tidak perpisahan adalah batas dari kebersamaan yang entah kapan akan terulang”

3. "Semua pasti berubah, mau tidak mau. Semua pasti berpisah, ingin tidak ingin. Semua pasti berakhir, siap tidak siap."

4. "Kini kau bukan lagi milikku, kini kau telah berada di tempat yang jauh lebih baik."

5. "Kau bagai duri yang menyakiti sebegitu parah, namun bedanya luka yang diberikan olehmu tak dapat ku obati secara instan. Hatiku seakan berdarah karena menggenggammu terlalu erat. Bagaimanapun aku berusaha kau tidak akan pernah melihat ke arahku, maka kucukupkan aku dan hatiku untuk saling menyakiti”

6. "Kamu adalah satu dari sekian banyak hal yang membuatku tidak lagi berteman dengan kata pisah. Hadirmu bagai lautan di tanah gersang, lalu bagaimana pula harus ku ungkapkan rasaku saat
kau telah beranjak pergi dan tak akan kembali."

7. "Waktu akan terus berlalu meski duniamu tak mengizinkan itu, tapi Tuhan punya rencananya sendiri. Jangan terlalu meratapi sebuah kata pisah karena sebabnya akan ada sapaan yang datang dan akan lebih indah."

8. "Untuk bisa bersama perlu keteguhan yang luar biasa dari sebelumnya. Jadi jangan jadikan perpisahanmu adalah sebuah akhir dari segala bentuk pelayaran, tapi jadikan ia sebagai awal kisah baru yang lebih indah dari sebelumnya."

9. "Coba belajarlah kepada senja, karena dia mengajarkan bahwa sesuatu yang terlihat indah sebagian hanya sementara, karena tak ada yang abadi."

10. "Perpisahaan seringkali mengajarkan kita betapa berharganya seseorang setelah dia tiada."

11. "Tak apa-apa apabila kita bukan jadi yang terbaik, setidaknya kita pernah berusaha walaupun kenyataannya memang tak bisa dipaksakan."

12. "Cinta yang tak mungkin kembali adalah kesakitan abadi, yang mungkin butuh waktu lama untuk penyembuhan. Sebagaimana rindu yang tak kunjung temu meski bagaimanapun caranya hanya akan melukis duka."

13. "Perpisahaan selalu mengajarkan kita untuk menghargai, bahwa setiap detik bersama orang yang kita cintai adalah anugerah yang tidak boleh kita sia-siakan."

14. "Manusia tak akan bisa merasakan cinta yang akan hadir jika dia belum bisa melepaskan segala bentuk penderitaan dari kisah sebelumnya. Oleh karena itu, lepaskan saja dan mulailah hal baru."

15. "Sadarkah kalau semua itu terhubung dengan takdir. Tak ada yang bisa mengatur takdir, jadi nikmatilah setiap detik yang kau punya untuk bersamanya."

16. "Hanya karena suatu hubungan berakhir, bukan berarti kita berhenti mencintai satu sama lain. Kita hanya berhenti menyakiti satu sama lain."

17. "Perpisahaan itu ada, agar kita bisa menghargai sebuah pertemuan."

18. "Cobalah menjadi aku sebentar saja, maka kau akan merasakan bagaimana perihnya rasa sakit yang kau timbulkan dari caramu memutus segala ikatan yang bahkan telah lama kita bangun. Tidakkah aku menjadi pesakitan yang tak kunjung menemukan obatnya."

19. "Masa depan adalah miliki dia yang meninggalkan masa lalu, jadikan kisahmu yang ada di masa lalu sebagai pengajaran untuk lebih kuat lagi dari biasanya, berjuang lebih kuat dari biasanya."

20. "Setiap ada pertemuan pasti ada juga perpisahan, tetapi dengan perpisahan tersebut bukan menjadi alasan untuk kita saling melupakan."

Kata-kata bijak perpisahan paling mengharukan.

kata bijak perpisahan © 2020 brilio.net/ Instagram

foto: Instagram/@resonansia

21. "Kelulusan itu seperti hari pembalasan. Kamu akan dinilai berdasarkan apa yang sudah kamu tanam."

22. "Dari lubuk hatiku yang terdalam, aku ingin mengucapkan terima kasih karena telah menjadi sahabat terbaikku. Semoga perjalananmu mewujudkan mimpi baru akan tercapai."

23. "Jika pertemuan adalah awal dari perpisahan, maka perpisahan adalah awal dari keindahan dalam pertemuan yang selanjutnya."

24. "Lanjutkan perjuanganmu dan raihlah impianmu yang selama ini selalu kamu ceritakan padaku. Sekarang sudah tiba waktunya kita berpisah, selamat jalan wahai sahabatku. Dirimu akan selalu melekat didalam diriku."

25. "Meski jarak ada di antara kita, kita tidak pernah merasa jauh. Karena persahabatan tidak diukur dengan jarak, melainkan hati."

26. "Guru, engkau bagaikan lilin, yang menghabiskan dirinya sendiri untuk mencerahkan kehidupan orang lain."

27. "Tersenyumlah dan berhentilah menangis, karena air mata yang engkau teteskan hanya akan membuat kaki ini sulit untuk melangkah."

28. "Keluarga adalah bentuk kesempurnaan ikatan dalam hidup dan semuanya pasti punya keluarga. Seiring berjalannya waktu keluarga juga akan hilang dan musnah ditelan teganya waktu, namun hati dan kenangan akan tetap abadi dan tak akan tergerus oleh zaman."

29. "Terkadang, pertemuan dan perpisahan terjadi terlalu cepat. Namun kenangan dan perasaan tinggal terlalu lama." -Fiersa Besari

30. "Mungkin, Tuhan mempertemukan kita hanya sebatas untuk saling mengenal bukan untuk saling memiliki."

31. "Menjadi partner kerjamu adalah salah satu pengalaman profesional dalam karierku. Sampai jumpa sahabat."

32. "Keramahan yang kau pancarkan setiap hari, tak akan pernah hilang dalam ingatan kami. Perjuangan dan pengorbanan tak akan pernah luput dari ingatan kami, kau adalah guru terhebatku."

33. "Selamat tinggal hanya untuk mereka yang mencintai dengan mata mereka. Karena bagi mereka yang mencintai dengan hati dan jiwa tidak ada yang namanya perpisahan."

34. "Karena sesungguhnya berpisah itu tidak sepenuhnya berpisah, hanya jarak yang memisahkan."

35. "Tanpa rekan kerja yang menyenangkan sepertimu, kantor akan terasa membosankan dan sepi. Selamat tinggal teman, kami akan merindukanmu."

36. "Bahkan jika kita tidak bisa bersama pada akhirnya, aku senang kamu menjadi bagian dari hidupku."

37. "Kita adalah dua orang yang pernah memiliki rasa yang sama namun tak ditakdirkan untuk terus bersama."

38. "Perpisahan membuatmu berpikir. Mereka membuatmu menyadari apa yang kamu miliki, apa yang hilang, dan apa yang kamu anggap remeh."

39. "Terima kasih guru, engkau adalah sosok terindah yang memberikan kasih sayang setelah ayah dan ibu. Kau patut disebut sebagai pahlawan bagi pendidikan Indonesia."

40. "Di saat menghitung angka seharusnya kita teringat dengan guru kita yang telah mengajari berhitung, Terima Kasih Wahai Guruku."

Kata-kata bijak perpisahan untuk pacar.

kata bijak perpisahan © 2020 brilio.net/ Instagram

foto: Instagram/@penulistanpatandajasa

42. "Dia di sebelahmu, tapi terasa seperti tidak. Seakan ia berada terlalu jauh, sangat jauh. Entah itu raganya atau jiwanya." - Krystal Putih

43. "Aku akan datang kepadamu sebagai hujan dan aku juga akan datang menghampirimu sebagai salju pertama." - Goblin

44. "Bukan perpisahan yang membuatku menangis, tetapi pertemuanlah yang membuatku menyesal."

45. "Sebab belajar melupakan seseorang itu juga salah satu bentuk cinta." - Innocent Man

46. "Pernah saling cinta lalu berubah seperti tak pernah kenal sebelumnya." - Semesta Semestinya

47. "Ruang hati tak lagi bernyanyi. Berubah sepi nan sunyi sejak dia pergi. Sisa penyesalan masih ada di sudut hati. Kenangannya pun belum hilang dalam ingatan ini." - Massbow

48. "Pada perjalanan waktumu, adalah sebuah nama yang kau lafazkan namun gagal kau ikrarkan." - Andra Dobing

49. "Beberapa orang memang hanya ditakdirkan untuk saling suka, saling jatuh cinta, dan saling merasa nyaman. Namun tidak ditakdirkan untuk bersama. Sesederhana itu." - Brian Khrisna

50. "Yang hilang bukan kabarnya, tapi perasaannya yang tak lagi sama."

51. "Hidup ini masih panjang. Hanya karena ia tidak ada di pelukanku hari ini, bukan berarti ia tidak akan pernah kembali." - The Heirs

52. "Sering kali cinta tidak menyadari kedalamannya hingga saat perpisahan tiba." - Kahlil Gibran

53. "Kita pernah saling mencinta sebelum akhirnya saling melupa."

54. "Waktu tidak membuatku lupa akan dirimu. Waktu hanya membuatku terbiasa tanpa dirimu."

55. "Matahari mengajarkan kita bahwa pada setiap pertemuan yang hangat terdapat sebuah perpisahan yang indah." - Afief Subagja

56. "Kita adalah dua orang yang pernah memiliki rasa yang sama namun tak ditakdirkan untuk terus bersama."

57. "Bukannya aku tak lagi cinta kepadamu tapi jika aku bertahan aku semakin terluka."

58. "Kupikir kau masih mencintaiku, tapi kita tak bisa melepas kenyataan bahwa aku tak cukup untukmu." - Haruki Murakami

59. "Jika aku tau perpisahan sesakit ini. Aku lebih memilih untuk tidak mengenalmu sama sekali."

60. "Mungkin, Tuhan mempertemukan kita hanya sebatas untuk saling mengenal bukan untuk saling memiliki." - Ocehanku

Kata-kata bijak perpisahan dengan rekan kerja.

bijak perpisahan menyentuh hati © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

61. "Target bulanan dan penilaian kinerja akan datang dan pergi, tetapi kenangan bekerja dengan kolega sepertimu akan tetap di hatiku selamanya."

62. "Perpisahan memiliki rasa manis pahit. Pahit untuk perpisahan saat ini dan manis untuk kerinduan masa depan. Semoga perpisahan ini hanya bertahan untuk waktu yang singkat."

63. "Mengucapkan perpisahan itu sulit, tetapi bagiku itu adalah momen kebahagiaan karena saya tahu kamu akan pergi untuk masa depan yang lebih baik dan lebih sejahtera. Selamat tinggal temanku."

64. "Beberapa orang masuk dalam kehidupan kita dan pergi dengan cepat. Yang lain tinggal sebentar, membuat jejak di hati dan merubah hidup kita."

65. "Teman baik benar-benar sulit ditemukan, sulit untuk ditinggalkan dan mustahil untuk dilupakan."

66. "Ruang pertemuan yang kita duduki sekarang akan terasa lebih dingin karena kehangatan dan bantuanmu tidak akan ada di sana. Aku akan merindukanmu."

67. "Perasaan manusia selalu murni dan banyak bersinar di saat pertemuan dan perpisahan."

68. "Terima kasih atas segala hal yang tercipta selama di kantor ini. Kebaikan, kerjasama, pertemanan, dan segala hal yang dikerjakan bersama-sama akan saya kenang di dalam hati. Mohon maaf atas kesalahan yang pernah saya lakukan selama di sini.

69. "Meski waktu kita bekerja bersama akan segera berakhir, saya tetap ingin berhubungan baik dengan kalian. Jadi, jangan putus kontak, ya."

70. "Tidak butuh waktu lama bagi saya untuk menjadikan kalian sebagai teman di kantor. Saya beruntung pernah bekerja bersama kalian. Semoga ikatan yang telah kita bangun ini tetap lestari."

71. "Dengan mengundurkan diri, usai sudah tanggung jawab pekerjaan saya di sini. Namun, kenangan manis bekerja di kantor ini akan selalu melekat di dalam hati."

72. "Meski saya bersemangat untuk menghadapi tantangan baru, sebagian dari diri saya merasa sedih karena harus berpisah dengan partner kerja yang baik seperti dirimu."

73. "Suka duka dalam kerja tim yang kita alami membuatku banyak belajar. Aku senang bisa bertemu dengan kalian. Tapi, setiap pertemuan akan berujung perpisahan. Terima kasih atas segalanya.”

74. "Terima kasih sudah menjadi rekan kerjaku selama ini. Tanpa bantuan dan bimbingan kalian, aku tidak mungkin bisa menjadi seperti yang sekarang."

75. "Bekerja denganmu adalah pengalaman yang berarti untukku. Tapi, aku harus mengambil jalan yang baru. Dari lubuk hati kudoakan yang terbaik untukmu."

76. "Bermimpilah. Biarkan pikiranmu membawamu ke tempat-tempat yang ingin kamu tuju, lalu pikirkan dan rencanakan serta rayakan kemungkinan-kemungkinannya. Dan jangan dengarkan siapa pun yang tidak tahu cara bermimpi. "

77. "Kamu memang bukan lagi rekan kerjaku, tapi kamu masih jadi teman yang berarti untukku. Semoga sukses dengan karier barumu!"

78. "Kepergianmu adalah sebuah kehilangan akan canda tawa di meja kerja. Perjumpaan dan perpisahan adalah dua kata yang pasti terjadi dalam setiap roda kehidupan. Sampai jumpa, Kawan!

79. "Semoga kenangan selama berada di kantor ini menjadi bekal bagimu dalam memulai lembar pekerjaan yang baru."

80. "Kamu akan benar-benar dirindukan di sini. Semoga sukses dengan pekerjaan barumu."

81. "Perubahan terus terjadi seiring perjalanan waktu, dan engkau telah berhasil melangkah bersama deru waktu serta perubahan itu. Tetaplah menderu bersama waktu agar prestasimu tak meredup di tempat yang baru."

82. "Aku mempelajari banyak hal selama bekerja denganmu. Semoga kamu sukses di perusahaanmu yang baru dan bertemu dengan rekan kerja yang menyenangkan.”

83. "Semoga kamu berlayar dengan lancar disertai jalan yang penuh sukacita. Semoga semua mimpimu menjadi kenyataan."

84. "Selalu lanjutkan pendakian. Adalah mungkin bagi kamu untuk melakukan apa pun yang kamu pilih, jika kamu mengetahui siapa dirimu dan bersedia bekerja dengan kekuatan yang lebih besar."

85. "Pengunduran dirimu ini adalah pengingat bahwa hidup ini kejam dan segala hal baik berakhir. Kita mungkin bukan rekan kerja lagi tetapi kita akan selalu menjadi teman. Selamat tinggal."

26. "Percaya pada dirimu sendiri. Percayalah pada kemampuanmu. Tanpa kepercayaan diri terhadap kekuatanmu sendiri, kamu tidak akan bisa sukses atau bahagia."

87. "Jika pengunduran diri ini membawamu lebih dekat ke kesuksesan, maka aku akan berbahagia karenanya. Kamu pantas mendapatkan yang terbaik karena kamu layak untuk jadi yang terbaik."

88. "Kesuksesan dan kegagalan adalah bagian dari siklus kehidupan kerja. Tapi kenangan bekerja bersama kamu yang terus menginspirasi tidak akan pernah dilupakan. Selamat jalan."

89. "Perubahan terus terjadi seiring perjalanan waktu, dan engkau telah sukses melangkah bersama deru waktu dan perubahan itu. Tetaplah menderu bersama waktu dan prestasimu tak meredup di tempat yang baru.”

90. "Selama ini kamu sudah suportif, jujur, dan selalu mendukung pekerjaan di kantor ini. Teruslah melakukan hal-hal hebat dalam hidupmu. Selamat tinggal."

Kata-kata bijak perpisahan bahasa Inggris.

bijak perpisahan menyentuh hati © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@_strokes.n.cite_

91. "Because without a goodbye, even if it ends in bittersweet tears, nothing would leave a great imprint in the chambers of our heart."

(Karena tanpa selamat tinggal, bahkan jika itu berakhir dengan air mata pahit, tidak ada yang akan meninggalkan jejak besar di bilik hati kita)

92. "The kind of goodbyes, in which you try to capture each glimpse of the passing passenger as a memory to cherish lifetime."

(Jenis perpisahan, di mana Anda mencoba menangkap setiap pandangan sekilas dari penumpang yang lewat sebagai memori untuk menghargai seumur hidup)

93. "The hard goodbyes, where your heart just wiches for a perfect ending but then the reality hits and gushes from your eyes."

(Perpisahan yang sulit, di mana hatimu hanya menginginkan akhir yang sempurna tetapi kemudian kenyataan menghantam dan menyembur dari matamu)

94. "Some goodbye are good for the peace of your mind."

(Beberapa ucapan selamat tinggal baik untuk ketenangan pikiran Anda)

95. "One day you're going to remember me and how much I loved you then you're going to hate yourself for letting me go."

(Suatu hari kamu akan mengingatku dan betapa aku mencintaimu, maka kamu akan membenci dirimu sendiri karena membiarkanku pergi)

96. "If you want to leave, you have to leave earlier, so there's less burden on the next person."

(Jika Anda ingin pergi, Anda harus pergi lebih awal, sehingga beban orang berikutnya lebih sedikit)

97. "Some goodbyes are not really the end of the story, but may be a beginning of a new journey."

(Beberapa perpisahan bukanlah akhir dari cerita, tapi mungkin awal dari perjalanan baru)

98. "Let come what comes, let go what goes, see what remains."

(Biarkan datang apa yang datang, lepaskan apa yang pergi, lihat apa yang tersisa)

99. "Some goodbyes simply ,means see you again, but at the right time."

(Beberapa ucapan selamat tinggal hanya berarti sampai jumpa lagi, tapi di waktu yang tepat)

100. "This is not a goodbye, this is a thank you. Thank you for coming into my life and giving me joy."

(Ini bukan selamat tinggal, ini adalah ucapan terima kasih. Terima kasih telah datang ke dalam hidupku dan memberiku kebahagiaan)

101. "Goodbyes are often full of colorful letters which at the end mixes up to be a dark shaded truth."

(Perpisahan sering kali penuh dengan huruf berwarna-warni yang pada akhirnya bercampur menjadi kebenaran yang gelap)

102. "How lucky I am to have something that makes saying goodbye so hard." - Winnie the Pooh

(Betapa beruntungnya saya memiliki sesuatu yang membuat mengucapkan selamat tinggal begitu sulit)

103. "Your 'goodbye' changed, my 'hello' forever. People getting in my life, will not get in my heart, whatsoever."

('Selamat tinggalmu' berubah, 'halo'-ku selamanya. Orang yang masuk ke hidupku, tidak akan masuk ke hatiku, apa pun)

104. "You never know the last time you'll see a place or a person."

(Anda tidak pernah tahu kapan terakhir kali Anda melihat suatu tempat atau seseorang)

105. "I have to say goodbye to things in order to take on bigger things that I've always wanted to do."

(Saya harus mengucapkan selamat tinggal pada hal-hal untuk melakukan hal-hal yang lebih besar yang selalu ingin saya lakukan)

106. "If goodbye's were beautidul, then tears would never roll out from the eyes."

(Jika perpisahan itu indah, maka air mata tidak akan pernah keluar dari mata)

107. "Even when we have to say goodbye, love is something that doesn't go away."

(Bahkan ketika kita harus mengucapkan selamat tinggal, cinta adalah sesuatu yang tidak akan pergi)

108. "Goodbyes are like meet after sometimes, but touch with them all-time."

(Perpisahan itu seperti bertemu setelah kadang-kadang, tetapi berhubungan dengan mereka sepanjang waktu)

109. "Say goodbye to those connections ehich disconnets your connection with yourself, your thoughts and your feelings."

(Ucapkan selamat tinggal pada koneksi-koneksi yang memutuskan koneksi Anda dengan diri sendiri, pikiran, dan perasaan Anda)

110. "The most painful goodbyes are the ones that are never said and never explained."

(Perpisahan yang paling menyakitkan adalah yang tidak pernah diucapkan dan tidak pernah dijelaskan)

111. "Sometimes life is too sudden. For example, you suddenly meet, you suddenly fall in love. And in the end, you suddenly say good bye."

(Terkadang hidup terlalu mendadak. Misalnya, tiba-tiba bertemu, tiba-tiba jatuh cinta. Dan pada akhirnya, tiba-tiba mengucapkan selamat tinggal)