Brilio.net - Saat ini terdapat berbagai cara agar penampilan dapat terlihat lebih memukau, salah satunya merawat kulit. Berbagai treatment seperti skincare routine, tanam benang, hollywood peeling, hingga operasi pun dilakukan untuk menunjang penampilan.

Salah satu tujuan dari berbagai treatment yang dilakukan adalah kulit dapat terlihat lebih cerah dan awet muda. Untuk mencapai tujuan tersebut, banyak orang, khususnya kaum hawa yang menghabiskan banyak budget demi kecantikan kulit.

Dari deretan treatment mahal, sebenarnya Islam memiliki ajaran bagi para umatnya untuk merawat diri, salah satunya adalah menjaga kulit menjadi lebih tampak awet muda. Cara ini pun dianggap lebih murah, tidak ribet, dan dapat dengan mudah dilakukan dalam keseharian.

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (30/4), tips awet muda menurut ajaran Islam yang mudah dilakukan.

1. Berwudhu.

Selain menjadi syarat sahnya didirikan sholat, berwudhu ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan kulit.

Dengan berwudhu, area seperti wajah, tangan, dan kaki akan lebih terbebas dari kotoran. Berwudhu dengan air dingin pun dapat memberikan kesegaran pada kulit, sehingga kulit dapat terlihat lebih bersih dan awet muda.

2. Sering tersenyum.

Rasulullah SAW bersabda, "Senyummu untuk saudaramu adalah (berpahala) sedekah bagimu." (HR. Tirmidzi).

Tersenyum memang dapat memberikan kesan dan menularkan energi positif pada orang lain.

Dengan tersenyum, maka wajah akan memancarkan kecantikan tersendiri. Bahkan, otot wajah ketika tersenyum hanya membutuhkan 17 otot, sedangkan ketika cemberut otot wajah akan bekerja lebih banyak. Otot wajah membutuhkan 43 otot ketika wajah menunjukkan raut cemberut.

3. Menjaga pola makan.

Rasulullah SAW. mengajarkan umatnya untuk mengatur pola makan karena sangat berpengaruh bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Nabi Muhammad mengajarkan umat Islam untuk makan setelah merasa lapar dan berhenti sebelum kenyang. Ia pun tidak sembarangan makan, tetapi memilih menu buah, sayur, kurma, zaitun, dan roti gandum sebagai menu makan sehatnya.

Dengan asupan makanan yang sehat, maka kondisi kesehatan akan terjaga dan kulit pun akan ternutrisi dengan baik, sehingga akan tampak awet muda.

4. Memakai minyak zaitun.

Nabi Muhammad menggunakan minyak zaitun untuk dikonsumsi dan menjaga kelembapan kulit wajah.

Rasulullah SAW. pun bersabda, “Minumlah minyak zaitun dan berminyak dengannya karana sesungguhnya ia adalah dari pohon yang diberkati.” (HR. Al-Baihaqi & Ibnu Majah).

Menurut Tirmidzi dan Ibnu Majah, Sayyid Al-Ansari meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Makanlah minyak zaitun dan pijatlah di atas tubuh Anda karena ini adalah pohon suci (mubarak)".

5. Selalu berpikir positif.

Datangnya penyakit fisik seringkali berasal dari pikiran negatif. Jika sudah bermasalah dengan kondisi kesehatan, tentu saja akan berpengaruh pada kecantikan kulit.

Supaya kesehatan tetap terjaga dan kecantikan kulit tetap terpancar, maka harus meminimalisir berbagai pikiran-pikiran negatif.

Dengan berpikir positif dan menjauhi pikiran negatif, maka Allah SWT akan memberikan rezeki yang melimpah dan membantu hamba-Nya dalam menghadapi berbagai cobaan.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, "Allah Swt berfirman; 'Aku sesuai persangkaan hamba-Ku. Aku bersamanya ketika ia mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku saat bersendirian, Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku. Jika ia mengingat-Ku di suatu kumpulan, Aku akan mengingatnya di kumpulan yang lebih baik daripada itu (kumpulan malaikat)." (HR. Bukhari dan Muslim).

6. Menjalankan puasa.

Muslim dapat menjalankan puasa sunnah maupun puasa Ramadhan untuk menjaga kesehatan, sekaligus merawat kecantikan kulit.

Puasa pun memiliki banyak sekali manfaat, yakni menahan hawa nafsu, melatih kesabaran, menjaga kesehatan tubuh, dan mempercantik kulit.

Dilansir dari merdeka, tubuh akan kekurangan makan ketika menjalankan puasa. Pada saat itulah, tubuh akan menjalankan efisiensi dan pembersihan, sel-sel dan zat beracun akan dipecah menjadi komponen asli zat gizi, asam amino, vitamin, dan mineral.

Komponen tersebut berfungsi sebagai tambahan gizi ketika berpuasa. Setelah adanya proses pembersihan tubuh, maka akan muncul sel-sel baru yang membuat kulit lebih awet muda.