Brilio.net - Pandemi yang berlangsung sejak tahun lalu membuat kebijakan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah harus diterapkan. Tujuannya untuk melandaikan kurva penyebaran Covid-19 di Indonesia. Mau tak mau, kita harus beradaptasi dengan lingkungan kerja baru ini.

WFH bukan berarti menjadikan pekerja malas-malasan. Kamu harus tetap menjaga produktivitas pekerjaan. Tak bisa dielakkan, WFH memiliki banyak tantangan yang harus dihadapi. Misalnya, suara bising, kondisi meja kerja yang tidak optimal, dan tentunya permasalahan internet lemot yang selalu menghantui.

Nah, untuk bisa menjalani WFH dengan nyaman, ada beberapa strategi yang bisa dilakukan, loh. Tentu bakal meningkatkan produktivitas kamu dalam bekerja. Yuk, simak ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (18/7).

1. Buat lingkungan kerja yang nyaman.

indosatpropaid © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Work from home bukan berarti kamu bisa seenaknya dalam bekerja. Ya, meski bekerja dari rumah, produktivitas tetap harus berjalan sebaik mungkin. Oleh sebab itu, membangun lingkungan kerja yang nyaman di rumah adalah faktor terpenting.

Kamu bisa memulai dengan mandi sebelum bekerja, mengenakan pakaian yang rapi dan nyaman, tapi bukan mengenakan baju tidur, ya! Selain itu, kamu juga bisa menggunakan ruang kerja senyaman mungkin. Misalnya dengan menggunakan meja seperti di kantor daripada bekerja secara lesehan di kasur. Hal ini bertujuan membuat fokus dan menyamankan diri dalam bekerja, bukan kenyamanan untuk beristirahat.

2. Memastikan peralatan kerja dalam kondisi prima.

indosatpropaid © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Strategi yang kedua yakni menyiapkan dan memastikan peralatan kerja dalam kondisi baik. Setidaknya peralatan penunjang seperti laptop maupun komputer pastikan dalam keadaan siap untuk bekerja.

Jangan sampai ketika tengah bekerja, kamu merasakan kesal karena tiba-tiba laptop mengalami error. Periksa kembali apakah webcam dan headset bisa kamu gunakan. Siapkan juga beberapa aplikasi yang menunjang pekerjaan.

3. Pastikan koneksi berjalan lancar.

indosatpropaid © 2021 brilio.net

foto: Indosat Ooredoo

Kualitas dan layanan internet yang baik sangat diperlukan demi mendukung kelancaran WFH. Apalagi jika pekerjaanmu menuntut harus melakukan konferensi video untuk rapat penting dengan atasan maupun rekan kerja.

Kebutuhan akan kuota internet yang bisa diandalkan menjadi satu hal dasar yang harus dipenuhi selama WFH. Jika tidak teliti, pengeluaran untuk sektor ini bisa menguras kantong. Belum lagi kuota internet harus bisa memenuhi kebutuhan kerja dan entertainment selama di rumah.

Prime dari IM3 Ooredoo Propaid memberikan kebebasan kepada konsumen untuk dapat menentukan cara berlangganan, bisa melakukan pembayaran di awal atau di belakang . Adanya pilihan pembayaran ini sangat bermanfaat bagi kita yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Menawarkan eksklusivitas bagi pelanggan, Prime dari IM3 Ooredoo Propaid  memberi berbagai keuntungan seperti kuota hingga 150GB dengan Data Rollover, jaringan prioritas, gratis akses premium ke Amazon Prime Video, dan lebih dari 20 aplikasi populer, gratis nelpon ke sesama dan semua operator hingga 300 menit, hingga layanan prioritas pelanggan.

Ada beberapa pilihan cara untuk berlangganan Prime dari IM3 Ooredoo Propaid, bisa melalui im3.do/shop, mengunjungi Gerai Indosat Ooredoo terdekat atau Eraplus. Untuk info lebih lanjut bisa kamu dapatkan di sini.

4. Tetapkan target harian.

indosatpropaid © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Tanpa sebuah target, sangat sulit mengukur produktivitas. Bisa saja kamu mengerjakan porsi pekerjaan yang lebih sedikit dari biasanya. Bahkan kamu juga bisa kebablasan bekerja melebihi biasanya karena merasa belum cukup produktif. Hal ini malah bisa menyebabkan overwork atau kelelahan.

Sebaiknya sebelum bekerja, buatlah to do list untuk mencatat target yang harus diselesaikan dalam seharian.

5. Tetap menjaga kesehatan.

indosatpropaid © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Selain menetapkan target harian, kamu juga jangan lupa menjaga kesehatan dengan makan tepat waktu. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang, minum air putih yang cukup, serta jaga kebersihan. Nah, jika kamu merasa lelah dan tak bisa fokus, sebaiknya istirahatlah sejenak.

Kamu juga bisa melakukan kegiatan lain seperti ngobrol bareng keluarga, mencari udara segar di halaman rumah, ataupun bermain dengan hewan peliharaan. Jika sudah fit kembali, kamu bisa melanjutkan pekerjaan tersebut.

6. Minimalisir gangguan.

indosatpropaid © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Strategi terakhir yakni meminimalisir gangguan. Bagi para pekerja yang biasa ke kantor, bekerja dari rumah mungkin akan lebih banyak gangguan yang dialami karena berbeda jauh dengan situasi formal kantor. Agar pekerjaan lancar dan produktif, kamu perlu mengatasi gangguan yang muncul tersebut.

Misalnya, mematikan televisi agar fokus pada pekerjaan. Ataupun menyelesaikan pekerjaan rumah sebelum bekerja. Pasalnya, pekerjaan rumah yang menumpuk juga bisa menjadi kendala dan mengganggu fokus kamu selama bekerja.

RECOMMENDED BY EDITOR