Brilio.net -  Presiden Jokowi meresmikan renovasi Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, pada Kamis (7/1). Renovasi ini untuk pertama kalinya dilakukan sejak dibangunnya Masjid Istiqlal 42 tahun lalu.

Adapun renovasi Masjid Istiqlal menelan anggaran hingga Rp 511 miliar. Hasilnya, masjid terbesar di Indonesia ini menjadi lebih tertata rapi, megah, dan modern. Kendati begitu, Jokowi menekankan renovasi Masjid Istiqlal bukan untuk unjuk kegagahan.

"Landscapenya ditata ulang menjadi indah dan semakin kelihatan tertata rapi. Lantainya juga saya lihat sudah 3 kali, lebih berkilau. Tata cahayanya juga diganti sangat modern dan indah dan sungai yang membelah Istiqlal juga semakin bersih dan rapi," kata Jokowi saat meresmikan Masjid Istiqlal seperti dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi berharap Masjid Istiqlal bukan sekadar megah secara fisik, tetapi dapat meningkatkan iman dan takwa masyarakat. Jokowi ingin Masjid Istiqlal menjadi percontohan untuk masjid-masjid di negara lain.

"Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Masjid Istiqlal harus menjadi contoh dari masjid-masjid negara lain di dunia dalam mengembankan syiar islam yang menyejukkan, yang membangun toleransi dan membangun perdamaian," tutur Jokowi.

Loading...

Berikut ini brilio.net rangkum dari berbagai sumber, wajah baru Masjid Istiqlal usai direnovasi, Jumat (8/1).

1. Peresmian Masjid Istiqlal dilakukan Presiden Jokowi, pada Kamis (7/1).

Masjid Istiqlal © 2021 brilio.net-foto: YouTube/Sekretariat Presiden

2. Tampak hadir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menko PMK Muhadjir Effendy, serta Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Masjid Istiqlal © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@sekretariat.kabinet

3. Presiden Jokowi mengingatkan umat Islam yang menggunakan Masjid Istiqlal tetap harus mematuhi protokol kesehatan.

Masjid Istiqlal © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@sekretariat.kabinet

4. Bangunan bagian dalam Masjid Istiqlal yang tampak berbeda. Kilauan cahaya terlihat dari berbagai sisi.

Masjid Istiqlal © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@sekretariat.kabinet

5. Jokowi menuturkan proses renovasi Istiqlal bukan hanya memaksimalkan fungsi masjid sebagai tempat ibadah. Namun juga memperhatikan aspek arsitektur, seni, dan estetika.

Masjid Istiqlal © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@jokowi

6. Jokowi berharap dengan selesainya renovasi ini Masjid Istiqlal dapat menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia.

Masjid Istiqlal © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@sekretariat.kabinet

RECOMMENDED BY EDITOR