Brilio.net - Hampir satu dekade terakhir, pengaruh Negeri Sakura mulai melanda Indonesia. Mulai dari kebiasaan minum teh hijau, kecintaan pada artis-artisnya, hingga mengagumi kecantikan kulit wanita-wanita Jepang.

Rupanya, bunga sakura khas Jepang itu menyimpan rahasia kecantikan kulit. Nggak hanya indah dipandang, bunga sakura juga bermanfaat untuk kecantikan & kesehatan kulit.

Berikut manfaat bunga sakura untuk kecantikan:

1. Antiinflamasi

Sebuah penelitian di Ghuangzhou yang dimuat dalam Journal of Cosmetic Science menyatakan bahwa ekstrak bunga sakura bersifat antiinflamasi atau antiperadangan.

2. Mengurangi kemerahan pada kulit
Penelitian pada 40 relawan di pulau Jeju, Korea Selatan menghasilkan bahwa penggunaan produk yang memiliki kandungan bunga sakura sebanyak 2% mampu mengurangi kulit yang iritasi dan kemerahan. Bahkan kemerahan berkurang dalam waktu 24 jam dan ruam-ruam kulit akan benar-benar hilang dalam waktu 9 hari pemakaian.

3. Mengurangi proses oksidasi pada kulit
Menurut penelitian yang dimuat Journal of Agriculture and food chemistry, ekstrak bunga sakura kaya akan caffeic acid dapat menghambat proses oksidasi kulit yaitu proses munculnya noda hitam di kulit.

4. Mengecilkan pori-pori
Menurut penelitian dari Oryza Fat Oil & Chemical Co.Ltd, ekstrak bunga sakura memiliki unsur antiglikasi yang bermanfaat merapatkan pori-pori kulit. Sehingga penggunaan rutin dapat menghasilkan pori-pori yang lebih halus dan tekstur kulit yang lebih kenyal.

Banyaknya manfaat bunga sakura ini membuat sejumlah produsen kosmetik memanfaatkannya untuk produk mereka. Salah satunya Flawless Glow Red Jelly.

Produk ini diklaim berkhasiat mengurangi kemerahan dan flek hitam, melembabkan kulit, mengurangi kerutan, menutrisi kulit, bahkan membuat kulit lebih glowing dan cerah secara alami.