Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Wow
Nisa Akmala (brl/gib)

19 Maret 2019 20:22

6 Kisah jasad utuh meski puluhan tahun dikubur, terbaru Kiai NU

Meski kerap dikaitkan dengan hal mistik, tapi nyatanya tetap ada penjelasan ilmiahnya..

6 Kisah jasad utuh meski puluhan tahun dikubur, terbaru Kiai NU

View Image



Brilio.net - Selalu ada hal menakjubkan yang selalu kita temui dalam hidup. Sesuatu hal yang mungkin bagi sebagian orang tidak mungkin, namun benar-benar terjadi. Salah satunya adalah ditemukannya jenazah yang masih utuh meski sudah dikubur selama bertahun-tahun hingga puluhan tahun lamanya.

Normalnya, sebuah jasad perlahan akan hancur karena sirkulasi darah yang berhenti, tidak adanya oksigen yang masuk, dan tubuh yang tidak bisa mengeluarkan kotorannya sendiri membuat tubuh akan membusuk dari dalam. Setelah itu belatung akan keluar dan mulai menggerogoti tubuh.

Fenomena tersebut kerap disangkut pautkan dengan hal spiritual, seperti kebaikan yang banyak dilakukan almarhum selama hidup, sehingga membuat jenazahnya utuh. Secara ilmiah, kejadian tersebut dikaitkan dengan adiposera, yaitu senyawa organik yang terbentuk melalui reaksi hidrolisis oleh bakteri anaerob pada jaringan adiposa (jaringan lemak) di dalam tubuh.

Dilansir brilio.net dari laman Live Science, senyawa tersebut membuat jaringan lunak berubah menjadi zat seperti sabun keras sebuah proses yang disebut saponifikasi. Zat tersebut bertindak sebagai pengawet dan memperlambat proses penguraian. Hal tersebut terjadi secara optimal bila jenazah berada pada lingkungan dengan kelembapan yang tinggi dan minim oksigen.

Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan jasad tokoh Nahdlatul Ulama (NU) bernama Kiai Anwar Sudibyo yang masih utuh meski sudah dimakamkan selama 31 tahun. Tapi ternyata banyak kisah serupa seperti itu. Penasaran kan?

Loading...

Sama seperti kisah Kiai Anwar Sudibyo, berikut enam kisah jasad utuh meski sudah puluhan tahun dikubur, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (19/3).

1. Jasad Kiai NU masih utuh meski sudah dimakamkan 31 tahun.

kisah jasad utuh  © 2019 brilio.net

foto: Facebook/Santri Ndalem

Baru-baru berbagai linimasa media sosial dihebohkan dengan penemuan jenazah seorang tokoh agama bernama Kiai Anwar Sudibyo, yang masih utuh meski sudah dimakamkan selama 31 tahun lamanya. Pria yang dulunya dengan sebutan Mbah Kiai Anwar Sudibyo ini merupakan sesepuh NU di Tambakan, Blitar, Jawa Timur. Ia meninggal pada tahun 1988 silam.

Kejadian tersebut dibagikan oleh akun Facebook Santri Ndalem, yang membagikan kisah pembongkaran makam Kiai Anwar Sudibyo pada Kamis (14/3) lalu untuk dipindahkan ke makam keluarga. Dalam kisahnya tersebut, pemilik akun mengabarkan kalau kondisi jenazah sang kiai masih utuh sebanyak 90%.

"MAYAT 31 TAHUN UTUH

Pemindahan makam Mbah Kyai. ANWAR S. Sesepuh..TOKOH ULAMA NU.. tambakan gandusari...dari pemakaman umum dipindah kemakam keluarga lokasi Masjid Tambakan, Kec. Gandusari Kab. Blitar. Subhanalloh... Meskipun wafat 1988, dibongkar hari kamis tgl 14-3-2019, kondisi jasad 90% masih utuh. Genap terhitung 31 tahun dikebumikan," tulis akun Santri Ndalem.

"Kuasa ilahi didepan mata warga, nyata... MULAI JARI KAKI SAMPAI KEPALA... MASIH WUJUD GANDENG SEDIKITPUN TDK LEPAS..

Kain kafan utuh, sedikitpun tidak sobek... Beliau dulu istiqomah sebagai Kiyai di ormas NU ini alumnus ponpes APIS GONDANG, Kec. GANDUSARI, Kab. BLITAR. Mari istiqomahkan tahlilan, kirim pahala sedekah, hidiyah fatihah, agar kita senantiasa terbiasa bantu membantu menabung pahala amal ibadah... Semoga jenazah beliau, dan juga kita semua ditaqdirkan husnul khotimah.

Aamiin," tulisnya.

2. Jenazah satu keluarga di Ciamis utuh, sang ayah dimakamkan 35 tahun lalu.

kisah jasad utuh  © 2019 brilio.net

Ilustrasi jenazah/foto: liputan6.com

September 2018 lalu publik dan warga Ciamis, Jawa Barat dihebohkan dengan penemuan jenazah satu keluarga yang masih utuh meski sudah bertahun-tahun dimakamkan. Tak hanya itu, jenazah satu keluarga tersebut juga sama sekali tak mengeluarkan bau busuk.

Jenazah satu keluarga tersebut terdiri dari Jalaludin yang sudah dimakamkan selama 35 tahun, Sasmita dimakamkan 14 tahun lalu, dan Kaimita Nurkamila yang meninggal pada 2013 lalu. Pihak keluarga berniat memindahkan jenazah tersebut ke pemakaman di Depok. Mereka pun tak kuasa menahan haru saat melihat kondisi jenazah anggota keluarga yang masih utuh.

3. Jenazah tokoh gereja yang masih utuh meski sudah dikubur selama 27 tahun.

kisah jasad utuh  © 2019 brilio.net

Ilustrasi jenazah/foto: liputan6.com

Tahun 2010 silam, jasad Romo Mgr Albertus Hermelink Gentiaras SCJ, tokoh gereja pertama di Pringsewu, Lampung masih terlihat utuh meski sudah dikubur selama 27 tahun. Saat dilakukan pengangkatan, jasad Romo Kanjeng yang tersimpan dalam peti kayu jati tidak rusak.

Saat diangkat, jenazah Romo Kanjeng dalam keadaan terapung lantaran air yang masuk dalam peti. Saat peti dibuka, jasad Romo Kanjeng ditemukan masih dalam keadaan utuh. Tak hanya itu, pakaian yang dikenakan Romo Kanjeng juga utuh.

4. Tujuh jasad yang masih utuh meski sudah dikubur selama 22 tahun.

kisah jasad utuh  © 2019 brilio.net

foto: merdeka.com

Proses pemindahan makam di TPU Kumpi Saribah, Grogol, Limo Depok pada September 2018 lalu menyisakan cerita heboh. Dari 525 makam yang dibongkar, ditemukan tujuh jasad yang masih dalam kondisi utuh dan bagus. Salah satunya adalah jasad bernama Samsudin bin Danih yang sudah dikubur selama 22 tahun. Jasad Samsudin bin Danih ditemukan dalam keadaan rambut yang masih utuh dan tengkorak masih bagus.

"Ini sebagai salah satu tanda kebesaran Allah," ungkap salah satu panitia pemindahan makam bernama Nian Darmawan seperti dikutip brilio.net dari laman merdeka.com, Selasa (19/3).

5. Jasad Triyani masih utuh meski sudah dikubur 19 tahun.

kisah jasad utuh   © 2019 brilio.net

Ilustrasi jenazah/foto: merdeka.com

Pada Februari 2013 lalu, warga Ciomas, Kabupaten Bogor dibuat heboh dengan ditemukannya jasad seorang perempuan bernama Triyani binti Kartomuly ditemukan dalam kondisi utuh meski sudah dimakamkan selama 19 tahun. Kejadian tersebut terungkap saat makam almarhum dibongkar untuk dipindahkan ke Purwodadi, Jawa Tengah.

Kondisi kain kafan yang membungkus Triyani masih utuh, meski warnanya sudah memudar. Di jasadnya masih menempel daging dan kulit, serta tidak mengeluarkan bau menyengat. Selama hidupnya, Triyani dikenal sebagai seorang yang suka bersedekah.

6. Jasad ulama di Tangerang masih utuh meski sudah dimakamkan selama 26 tahun.

kisah jasad utuh   © 2019 brilio.net

Ilustrasi jenazah/foto: merdeka.com

Di tahun 2009 silam, kejadian yang sama juga terjadi di sebuah pemakaman di Kota Tangerang. Jasad seorang ulama bernama KH Abdullah Mukmin yang sudah dimakamkan selama 27 tahun ditemukan dalam keadaan utuh. Jasad KH Abdullah Mukmin ditemukan utuh saat makamnya dibongkar untuk dipindahkan karena rencana pelebaran jalan. Selain dikenal sebagai seorang ulama, semasa hidupnya KH Abdullah Mukmin dikenal sebagai guru wirausaha kepada muridnya.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Fenomena Luar Biasa di Bumi Pembongkaran Makam Jenazah Fakta Unik Fenomena Alam Penjelasan Ilmiah Tokoh Nahdlatul Ulama Indonesiana
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE