Brilio.net - Korea Utara (Korut) dikenal sebagai negara yang tertutup sehingga dunia luar tidak benar-benar mengetahui kondisi masyarakatnya. Tidak banyak yang diketahui publik dunia mengenai bagaimana kondisi negara ini sebenarnya.

Sebaliknya juga, warga Korea Utara sendiri juga tak tahu banyak tentang perkembangan dunia luar karena adanya informasi yang dibatasi oleh pemerintah.

Dalam kehidupan sehari-hari pun, banyak hal yang seringkali dibatasi oleh pemerintah dan menjadi hal yang jarang serta luar biasa bila dilakukan oleh penduduk biasa di sana.

Nah, kali ini brilio.net bakal bagikan ke kamu tentang 6 kebiasaan yang biasa kita lakukan sehari-hari, namun ternyata luar biasa bagi orang Korut, seperti dilansir dari metro.co.uk, Jumat (22/9). Seperti apa? Yuk, simak langsung ulasannya di bawah ini.

1. Mendengarkan dan memainkan musik.

Loading...

kebiasaan tak biyasa di korut © 2017 brilio.net

Mendengarkan musik dilarang di negeri ini, kecuali jika kamu mendengarkan musik yang menyanyikan tentang betapa hebatnya Korea Utara dan Kim Jong-un.

2. Percaya pada agama dan kitab suci.

kebiasaan tak biyasa di korut © 2017 brilio.net

Jika menilik sejarah, Korea Utara adalah negara yang didominasi oleh pemeluk kepercayaan Buddha dan beberapa di antaranya juga pemeluk Kristen. Namun seiring berjalannya waktu, praktik ibadah dua penganut agama tersebut mulai dibatasi bahkan mulai melaksanakan praktik ibadah secara sembunyi-sembunyi.

Pelarangan ini dilakukan karena pemerintah meyakini bahwa ibadah keagamaan akan menempatkan kepentingan agama dan ketuhanan pada prioritas yang lebih tinggi dibandingkan dengan kepentingan negara.

3. Punya mobil pribadi.

kebiasaan tak biyasa di korut © 2017 brilio.net

Hanya orang dari pemerintahan saja yang berhak memiliki mobil pribadi. Sebagian besar dari warga sipil di sana melakukan mobilitas dengan memakai transportasi umum yang disediakan pemerintah, mengendarai sepeda atau dengan berjalan kaki.

Namun jika ada warga sipil yang ingin memiliki kendaraan pribadi, ia harus melalui banyak perizinan berkendara sendiri yang sangat sulit untuk diperoleh.

4. Liburan ke luar negeri.

kebiasaan tak biyasa di korut © 2017 brilio.net

Untuk warga negara Korea Utara, melakukan perjalanan keluar negeri berarti sedang melakukan percobaan bunuh diri. Wah!

5. Dalam hal menonton televisi.

kebiasaan tak biyasa di korut © 2017 brilio.net

Televisi warga Korea Utara menayangkan siaran-siaran yang dikontrol oleh pemerintah. Hanya ada empat saluran televisi di sana, tiga berisi tentang propaganda dari pemerintah, sedangkan satu yang lainnya adalah saluran olahraga. Tentunya berbeda dengan di negara lain, termasuk Indonesia yang memiliki pilihan banyak saluran.

6. Memakai celana jeans warna biru.

kebiasaan tak biyasa di korut © 2017 brilio.net

Celana jeans warna biru dilarang pemakaiannya di Korea Utara karena denim menyimbolkan musuh dari pemerintah, yaitu Amerika Serikat. O ow!

RECOMMENDED BY EDITOR