Brilio.net - Masa pandemi ini membuat siapa pun pusing. Banyak yang akhirnya harus kehilangan pekerjaan dan terpaksa menganggur. Mencari kerja pun sekarang sulit karena banyak perusahaan yang menghentikan proses rekrutmen. Jangan menyerah, masih banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap mendapatkan penghasilan.

Salah satu cara efektif dan tidak membutuhkan modal terlalu besar untuk berpenghasilan adalah usaha online. Misalnya menjadi online seller di e-commerce atau menawarkan jasa tertentu di internet. Kamu harus jeli melihat peluang yang ada.

Bahkan, beberapa ide usaha sama sekali tak membutuhkan modal apa pun. Usaha online juga bisa menjadi sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Yang paling penting adalah kreativitas dan komitmen untuk tetap berusaha.

Jika kamu ingin mendapatkan penghasilan tambahan tanpa modal besar, berikut ide-ide kreatif usaha online minim modal untuk pemula, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber.


1. Jasa titip beli.

Indosat_KiosMyIM3 Istimewa

foto: shutterstock.com



Jika kamu suka jalan-jalan, jasa titip beli bisa menjadi ide bisnis menarik. Tentunya perhatikan protokol kesehatan ya, saat melakukannya.

Usaha bisnis ini bisa kamu mulai dengan promosi ke teman atau keluarga dekat untuk awalnya. Jasa titip beli bisa meliputi makeup, skincare, atau peralatan elektronik yang tak ada di daerah asal pembeli.


2. Penerjemah.

Indosat_KiosMyIM3 Istimewa

foto: shutterstock.com



Untuk kamu yang jago berbahasa asing, menjalankan jasa penerjemahan bisa jadi penghasilan tambahan menjanjikan. Kamu bisa memposting jasamu di berbagai situs freelance yang populer di internet.

Manfaatkan jaringan pertemanan, terutama mereka yang masih sekolah atau kuliah. Mereka sangat membutuhkan jasa penerjemahan untuk skripsi, thesis, atau abstrak.

Banyak sekali peluang di dunia pendidikan dan bisnis, jika kamu ingin mendalami dunia penerjemahan sebagai usaha online yang minim modal.


3. Jual pulsa dan paket data.

Indosat_KiosMyIM3 Istimewa

foto: shutterstock.com



Kebutuhan akan kuota internet dan pulsa pada masa pandemi sangat tinggi. Work from home (WFH) dan pembelajaran jarak jauh (PJJ) membutuhkan akses internet yang cepat dan stabil. Penggunaan seperti streaming, video conferencing, dan mendownload tugas dari cloud bisa cepat menguras kuota internet.

Dengan pasar yang terbuka lebar, peluang bisnis menjual kuota internet dan pulsa sangat besar. Caranya mudah, kamu tinggal mendaftar program Kios myIM3 lewat aplikasi myIM3 dan mengikuti langkah-langkah yang tertera di layar. Berbagai produk kuota internet dan pulsa dari Indosat Ooredoo dari prabayar maupun pascabayar bisa kamu temukan di sini.
Akan ada potongan harga yang akan menjadi keuntunganmu, loh. Lebih menarik lagi, ada potongan harga spesial untuk 3 bulan pertama fitur ini diluncurkan. Kamu bisa mengunduh aplikasi myIM3 versi terbaru di Google Play dan Apps Store. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Kios myIM3, kamu dapat mengunjungi link ini atau melalui aplikasi myIM3.


4. Desain grafis.

Indosat_KiosMyIM3 Istimewa

foto: shutterstock.com



Jasa desain grafis dibutuhkan siapapun. Pasarnya bisa menyasar mulai dari desain logo, desain rumahan, hingga kartu undangan pernikahan. Lebarnya pasar ini patut kamu coba. Terutama bagi kamu yang hobi dan mahir mendesain.

Kamu hanya membutuhkan kreativitas dan komitmen untuk belajar. Nggak perlu takut jika tak mempunyai komputer untuk desain dengan spek tinggi. Desain grafis bisa dilakukan dengan komputer dengan spek rendah juga, loh.


5. Jual kue atau dessert.

Indosat_KiosMyIM3 Istimewa

foto: shutterstock.com



Memasak kini tak hanya jadi hobi saja. Kamu bisa menghasilkan pundi-pundi uang dari hobi satu ini. Kue atau dessert homemade kini sangat populer. Apalagi sekarang banyak yang tak bisa keluar rumah untuk membeli dessert kesukaan. Bermodal dapur di rumah dan bahan-bahan kue, kamu bisa memulai usaha online menjual kue atau dessert dengan mudah.


6. Reseller dan atau dropshipper.

Indosat_KiosMyIM3 Istimewa

foto: shutterstock.com



Reseller dan atau dropshipper adalah usaha menjual barang retail dengan harga grosir. Kamu hanya berperan sebagai penghubung antara produsen dengan konsumen. Nggak perlu modal, kamu cuma perlu mendapatkan katalog dan mempromosikannya di media sosial. Menjadi reseller dan atau dropshipper sangat cocok bagi kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tanpa perlu ribet.



RECOMMENDED BY EDITOR