Brilio.net - Hari Kemerdekaan Indonesia akan tiba sebentar lagi. Hanya dalam hitungan hari, masyarakat akan merayakan hari ulang tahun Indonesia.

Nah, suasana meriah khas 17 Agustus nggak bisa dipungkiri semakin terasa. Hiasan bendera merah putih sudah mulai terpasang di mana-mana. Ucapan selamat pun juga mulai tampak di berbagai tempat.

Nggak ketinggalan, banyak kampung sudah menghias lingkungan sekitar dengan bendera warna-warni yang semakin membuat suasana 17-an semakin menyenangkan.

Tapi perlu kamu ingat, akan ada sedikit perbedaan pada perayaan 17 Agustus pada tahun ini lho. Ya, karena adanya wabah virus corona, kamu harus tetap waspada dengan penyebaran virus ini. Jangan sampai lengah dalam menjaga kesehatan. Protokol kesehatan untuk menjaga kebersihan diri, menjaga jarak dan menggunakan masker saat bepergian tetap harus dilakukan.

Nggak bisa dipungkiri, beberapa kegiatan perlombaan yang jadi khas hari kemerdekaan pun harus ditunda. Termasuk kegiatan yang bisa menimbulkan kerumunan. Hal ini harus kamu terima dulu dengan lapang dada ya. Karena bukan tanpa sebab, semua dilakukan untuk segera memutus penyebaran Covid-19.

Loading...

Tapi jangan sampai bikin semangat 17-an jadi turun dong. Karena kamu masih bisa seru-seruan dengan berbagai kegiatan perlombaan edukatif. Apalagi untuk kamu yang perlu bersenang-senang dengan si kecil. Permainan ini cocok banget buat memeriahkan hari kemerdekaan selama di rumah. Penasaran apa saja?

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (11/8), berikut 6 ide lomba edukatif untuk lomba 17-an ketika masa pandemi virus corona seperti sekarang.

1. Lomba origami.

Lomba edukatif © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Lomba membuat origami jadi salah satu kegiatan yang cocok untuk kamu lakukan selama di rumah. Lomba ini akan mengasah kreativitas para pemain untuk berkreasi menciptakan berbagai bentuk unik.

Nggak cuma orang dewasa yang bisa memainkannya, anak-anak pun bisa terlibat. Akan semakin seru kalau kamu dan keluarga akan membuat batasan waktu atau ketentuan bentuk yang bisa diciptakan. Hal ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi para pemain.

Oh iya, kamu juga bisa lho, menjadikan lomba origami sebagai perlombaan online dengan teman-temanmu. Hanya butuh kertas origami, gadget, dan jaringan internet, kamu bisa merasakan kemeriahan hari kemerdekaan Indonesia secara virtual namun tetap menyenangkan.

2. Lomba cerdas cermat.

Lomba edukatif © 2020 brilio.net

-foto: freepik.com

Lomba yang satu ini menjadi salah satu kegiatan rutin yang dilakukan ketika merayakan hari ulang tahun Indonesia. Berbagai jenis lomba cerdas cermat dibuat untuk mengasah kecerdasan dan kreativitasmu.

Meski nggak bisa bertemu secara langsung, kamu bisa melakukannya dengan teman kos atau keluarga di rumah. Ajak semua anggota untuk terlibat.

Untuk melakukannya juga cukup simpel kok. Kamu sebagai panitia cukup mempersiapkan pertanyaan untuk babak pertama hingga final. Kemudian jangan lupa tetapkan aturan agar bisa dipahami para peserta.

Agar semakin menarik, kamu bisa membuat tema khusus dalam perlombaan ini. Gunakan ide kreatif yang out of the box agar perlombaan semakin meriah.

3. Lomba merombak ruangan.

Lomba edukatif © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Ini juga bisa jadi cara untuk menambah keseruan selama 17-an lho. Walaupun terkesan sederhana, tapi lomba merombak ruangan akan memberikan banyak dampak baik.

Nggak cuma seru, tapi juga bisa memancing para peserta untuk memperindah ruangan. Apalagi ketika kamu melakukannya bersama anak-anak, tentu juga menjadi cara untuk membiasakan mereka dalam menata ruangan.

Kamu bisa mengajak anak untuk berlomba membersihkan ruangan mereka sendiri. Baik itu kamar tidur atau ruangan bermain. Sediakan juga hadiah sebagai apresiasi agar peserta semakin semangat ya.

4. Lomba kreasi makanan.

Lomba edukatif © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Ini dia salah satu perlombaan edukatif yang juga bisa mengasah kecerdasan anak. Selain dituntut kreatif, anak-anak juga akan terhibur dengan melakukan kegiatan ini.

Sebagai orangtua, kamu bisa menyediakan hiasan makanan yang aman untuk anak-anak. Pilihlah hiasan yang memiliki tampilan yang berwarna dan menarik. Sehingga anak bisa tertarik untuk mencoba dan bebas berkreasi.

Kamu juga bisa nih, berkolaborasi dengan membuat kue yang kemudian dapat dihias si kecil. Kerjasama ini bisa menambah keseruan dalam perlombaan, bukan?

5. Menebak karakter.

Lomba edukatif © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Nah, perlombaan yang satu ini bisa dijadikan sebagai cara untuk membentuk kekompakan. Karena lomba menebak karakter bisa dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Caranya mudah, salah satu orang akan menggambarkan tokoh atau karakter yang harus ditebak oleh si lawan. Penggambaran tersebut bisa dengan cara menyebutkan warna, jenis, atau suara yang bisa mengarahkan pada jawaban.

Namun ingat, jangan gunakan gerakan dalam prosesnya ya, agar semakin seru. Lawan yang menebak akan terus menyebutkan jawaban yang ia anggap benar. Pemenang bisa ditentukan dari penggunaan waktu yang paling cepat.

6. Bowling sederhana.

Lomba edukatif © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Lomba bowling juga akan membuat hari kemerdekaan menjadi lebih seru. Kamu bisa memanfaatkan sudut kecil di dalam rumah. Siapkan botol atau gelas plastik yang akan dijadikan target.

Susun sesuai posisi seperti akan bermain bowling. Lalu buat jarak antara peserta dan target. Kemudian lakukan permainan dengan memberikan batasan durasi.

Cara ini efektif melatih konsentrasi dan ketepatan anak dalam menjatuhkan target. Selain menuntut anak untuk berpikir, permainan ini juga akan membuat mereka beraktivitas fisik. Yuk, cobain!

RECOMMENDED BY EDITOR