Brilio.net - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu umat muslin di seluruh dunia. Pasalnya pada bulan ini banyak sekali kemuliaan dan kebaikan yang bisa diperoleh. Pada bulan suci Ramadhan orang juga merasakan hawa dan suasana yang berbeda. Puasa bukan hanya menahan lapar, haus, dan hawa nafsu. Namun di balik itu ada banyak manfaat positif untuk jiwa dan raga.

Menjalani ibadah puasa pada bulan Ramadhan wajib hukumnya bagi umat muslim yang sudah baligh dan memenuhi syarat. Bagi mereka yang sudah memenuhi ketentuan dan tidak mau menjalaninya maka akan berdosa. Namun apabila berhalangan dalam menjalankan puasa karena sakit atau datang bulan, maka puasa wajib diganti di waktu lain dan juga diwajibkan untuk membayar fidyah.

Melaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadhan tidak hanya sekadar menjalankan perintah agama. Namun ada hikmah di baliknya. Kira-kira apa saja? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (8/4).

1. Mendekatkan diri pada Allah.

Hikmah puasa Ramadhan freepik.com

foto: freepik.com

Loading...

Ketika seorang muslim menjalankan ibadah puasa sesuai dengan perintah Allah, itu tandanya dia berusaha untuk mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa. Terlebih jika mereka menjalani ibadah-ibadah lain untuk menyempurnakan ibadah puasanya, maka pahala berlimpah akan ia dapatkan.

2. Meningkatkan rasa empati.

Hikmah puasa Ramadhan freepik.com

foto: freepik.com

Pada bulan Ramadhan ada banyak yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan ketakwaan nilai moral dan sosial. Dengan menjalankan ibadah puasa, seseorang akan merasakan bagaimana rasanya menahan lapar seharian. Rasa ini akhirnya akan membangkitkan rasa empati untuk membantu sesama.

3. Mengontrol emosi.

Hikmah puasa Ramadhan freepik.com

foto: freepik.com

Saat menjalankan ibadah puasa, tak hanya menahan lapar dan haus saja, namun orang harus menahan amarah. Kebiasaan ini akan menjadi hal positif untuk ke depannya, pasalnya selama sebulan kamu melatih diri untuk mengontrol emosi atau rasa marah.

4. Berusaha mengubah diri menjadi lebih baik.

Hikmah puasa Ramadhan freepik.com

foto: freepik.com

Hikmah puasa lain yang bisa kamu rasakan adalah menjadi pribadi yang lebih baik. Hal ini dikarenakan ketika menjalankan ibadah puasa, orang cenderung mengontrol dirinya agar tidak terjerumus ke hal-hal negatif dan terus melakukan kebaikan demi mendekatkan diri pada Allah SWT.

5. Baik bagi kesehatan jasmani.

Hikmah puasa Ramadhan freepik.com

foto: freepik.com

Tak hanya kesehatan rohani saja, namun kesehatan jasmani juga bisa meningkat selama menjalani puasa di bulan Ramadhan. Berpuasa dapat membuat kesehatan jasmani seseorang jadi meningkat dan lebih baik. Hal ini dikarenakan selama berpuasa orang tidak melakukan aktivitas makan dan minum seperti biasanya. Kondisi ini baik untuk pencernaan, di mana sistem pencernaan bisa beristirahat untuk sementara waktu.

Beberapa kesehatan jasmani yang bisa kamu rasakan di antaranya:

- Menurunkan berat badan

- Meningkatkan kesehatan otak

- Meningkatkan kesehatan jantung

- Mencegah peradangan

- Dapat mengontrol kadar gula darah

6. Dapat mengontrol hawa nafsu.

Hikmah puasa Ramadhan freepik.com

foto: freepik.com

Selama menjalankan ibadah puasa, orang cenderung lebih berpikir positif dan melakukan kegiatan-kegiatan positif. Hal ini jelas mendatangkan kebaikan tersendiri karena puasa dapat mencegah seseorang melakukan maksiat.

RECOMMENDED BY EDITOR