Brilio.net - Dunia pendidikan Indonesia terus melahirkan anak-anak bangsa yang berprestasi dan penuh akan inovasi. Hal ini terlihat dari banyaknya anak bangsa yang dapat menciptakan berbagai teknologi baru untuk memudahkan kehidupan di era modern seperti sekarang.

Kali ini kisah inspiratif datang dari seorang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang berhasil menemukan sebuah inovasi di bidang pertanian. Mahasiswa tersebut berhasil merancang sebuah inovasi baru untuk mengendalikan traktor pembajak sawah melalui smartphone.

Penuh perjuangan, inovasi membanggakan tersebut membutuhkan tenaga, biaya hingga proses yang cukup memakan waktu. Berikut 6 fakta temuan mahasiswa operasikan traktor sawah melalui smartphone, seperti yang dilansir brilio.net dari laman muhammadiyah.or.id, Kamis (30/7).

1. Hasil inovasi tersebut datang dari otak brilian Kharisma Aji Satriya Tama dan Arib Fadhil Na’im. Keduanya merupakan mahasiswa tingkat akhir pada Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

traktor sawah melalui smartphone Instagram

foto: Instagram/@a_riib

2. Latar belakang temuan tersebut berawal dari kondisi sumber daya alam yang ada di Indonesia. Traktor dipilih karena Indonesia merupakan negara agraris di mana traktor sangat dibutuhkan oleh para petani.

traktor sawah melalui smartphone Instagram

foto: Instagram/@keimalkey

3. Berawal dari pemikiran sang dosen pembimbing bersama Kharisma Aji Satriya Tama, keduanya mencetuskan gagasan mengenai pengendalian traktor dengan jarak jauh tanpa adanya interaksi secara langsung. Ponsel pintar dipilih karena memiliki banyak keuntungan.

traktor sawah melalui smartphone m.muhammadiyah.or.id

foto: m.muhammadiyah.or.id

4. Mekanisme penemuan tersebut berjalan dari proyek Kharisma Aji Satriya Tama. Dirinya membuat bentuk traktor mini yang dikoneksikan dengan sebuah aplikasi.

traktor sawah melalui smartphone m.muhammadiyah.or.id

foto: m.muhammadiyah.or.id

5. Dari penuturan sang dosen, proyek ini sempat terhenti. "Jadi memang sempat berhenti karena belum ada yang mau ambil proyek lanjutan yang sudah digarap oleh Kharisma Aji karena memang untuk proyek lanjutan ini lebih kompleks karena praktik langsung menggunakan traktor sawah beneran, sampai pada akhirnya Arib Fadhil Na’im mengambilnya," ujarnya.

traktor sawah melalui smartphone Instagram

foto: Instagram/@a_riib

6. Arib Fadhil Na’im pun mengaku sedikit mengalami kendala. Namun semua kendala tersebut bisa teratasi dan dia berhasil menguji cobanya. “Pada uji coba pertama traktor bisa saya kendalikan sejauh 50 meter. Sebenarnya jika melihat rangkaian alat traktornya bisa dikendalikan sampai 100 meter, akan tetapi karena keterbatasan lahan akhirnya baru bisa sampai 50 meter saja,” ujarnya.

traktor sawah melalui smartphone Instagram

foto: Instagram/@a_riib

(brl/guf)

RECOMMENDED BY EDITOR