Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Wow
Nur Luthfiana Hardian (brl/tin)

17 Juli 2019 23:36

6 Cara mudah hapus noda kuning pada baju, bahan mudah didapatkan

Noda kuning disebabkan keringat dan minyak tubuh yang menempel. .

6 Cara mudah hapus noda kuning pada baju, bahan mudah didapatkan

View Image



Brilio.net - Kita semua memiliki pakaian putih di lemari. Pakaian ini biasanya dipakai untuk pertemuan dan acara resmi. Namun baju putih itu sangat rawan terkena noda. Seiring waktu juga baju putih semakin memudar. Tak jarang baju putih berubah warna menjadi kuning.

Dilansir dari housekeeping, putih adalah warna yang paling sulit untuk tetap cerah dan terlihat baru setelah beberapa bulan. Biasanya hal ini disebabkan keringat dan minyak tubuh yang menempel. Keringat dan minyak dengan cepat menjadi noda dan dapat mengubah warna pakaian.

Setiap hari mencuci untuk membuat pakaian menjadi bersih dan putih. Mulai dari menggunakan tangan hinga mesin cuci. Namun noda kuning yang membandel tidak mudah untuk dihilangkan. Hal itu kerap membuatmu jengkel dan pusing. Sudah banyak produk pembersih pakaian yang ada.

Namun sebelum kamu mencoba menggunakan bahan kimia, tak ada salahnya kamu mencari solusi yang lebih aman dan tidak mengundang efek samping. Berikut lansiran brilio.net dari brightside.me, enam cara mudah hapus noda kuning pada baju pada Rabu (17/7).

1. Gunakan pemutih terbaik, yaitu matahari.

Loading...

cara mudah hapus noda kuning pixabay

foto: pixabay

Setelah kamu mencuci pakaian, jangan keringkan pakaian dengan mesin pengering. Gantunglah pakaian di tali jemuran dan biarkan matahari melakukan pengeringan. Sinar matahari akan memutihkan pakaianmu tanpa meninggalkan bau dan bahaya pemutih. Sebab, sinar ultraviolet matahari mampu memecah ikatan kimia dalam noda.

2. Rendam pakaian dengan jeruk.

cara mudah hapus noda kuning pixabay

foto: pixabay

Jus lemon adalah pemutih yang sangat baik yang bisa membuat pakaian putihmu menjadi lebih bercahaya dan terlihat baru kembali. Cara ini tidak akan berisiko terlalu tinggi dibandingkan dengan menggunakan bahan pemutih kimia.

Caranya campurkan setengah cangkir jus lemon ke dalam 1 galon air panas. Aduk rata dan rendam pakaian di dalamnya selama satu jam atau hingga semalam. Setelah itu cuci bersih pakaian putih seperti biasanya.

Jus lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda karat dari pakaian. Caranya oleskan jus lemon pada bagian noda karat dan taburkan krim tartar di atas jus. Gosokkan larutan di atas noda dan diamkan selama sekitar 30 menit. Kemudian cuci secara normal.

3. Cuka putih.

cara mudah hapus noda kuning pixabay

foto: pixabay

Cuka bisa menjadi teman terbaik pakaianmu. Cuka dapat membuat pakaian menjadi putih kembali, menghilangkan noda yang sulit diangkat, hingga menghilangkan bekas bau badan.

Caranya mencampur 1/4 cangkir jus lemon dengan 1/2 cangkir cuka putih. Jika baju putihmu bau, kamu dapat menghilangkan bau dengan menambahkan 1 cangkir cuka ke mesin cuci selama siklus pembilasan terakhir.

4. Baking soda.

cara mudah hapus noda kuning pixabay

foto: pixabay

Soda kue (natrium bikarbonat) secara kimiawi sangat mirip dengan soda pencuci (natrium karbonat). Selain dapat membuat baju menjadi putih kembali, soda kue juga dapat menjadi pewangi alami.

Jadi pakaianmu tidak hanya akan lebih cerah, tetapi juga memiliki aroma segar. Baking soda juga merupakan antiseptik ringan, yang membuat pakaian dan mesin cuci terlindung dari pertumbuhan bakteri.

5. Gunakan deterjen alami.

cara mudah hapus noda kuning pixabay

foto: brightside.me

Deterjen alami terdiri dari enzim nabati dan mineral alami yang dapat membersihkan pakaian dengan baik. Deterjen alami juga mampu menjaga agar pakaian selalu tampak bersih. Saat dibuang setelah selesai, deterjen alami mampu terurai secara hayati dan tidak membuat polusi.

6. Tambahkan cairan biru.

cara mudah hapus noda kuning pixabay

foto: pixabay

Cairan ini dapat dibeli di toko dan supermarket terdekat. Cairan biru untuk pakaian ini dapat membantu menghilangkan noda pada pakaian yang membandel. Tambahkan cairan kebiruan pada pakaian kuning. Ikuti instruksi takaran pada kemasan. Biasanya hanya 1/4 sendok teh atau 1/8 sendok teh sudah berhasil.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Tips mencuci pakaian Tips Pakaian Warna Baju
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE