Brilio.net - Sebelum memutuskan traveling ke suatu tempat, kamu pasti sudah menentukan budget yang akan dikeluarkan. Mulai dari biaya hotel, tiket pesawat atau transportasi yang digunakan, tiket wisata hingga biaya membeli buah tangan.

Namun tidak jarang pengeluaran saat traveling melebihi total anggaran yang sudah ditentukan. Pengeluaran tidak terduga selama traveling biasanya menjadi penyebab utama membengkaknya budget travelingmu.

Tidak hanya itu saja, biaya makan selama traveling ternyata juga jadi salah satu penyebab membludaknya pengeluaran. Ya, sering dianggap sepele, ternyata biaya makan adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan saat merencanakan traveling.

Nah, biar travelingmu berjalan menyenangkan dan nggak tekor, berikut ini enam cara meminimalisir budget makan saat traveling yang sudah dirangkum Brilio.net dari berbagai sumber, Senin (22/4).

1. Merencanakan budget dan jadwal makan.

budget makan traveling © 2019 Istimewa

foto: thebellevoyage.com

Seperti sudah disebutkan, budget makan merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan sebelum traveling. Menyusun budget makan saat traveling dengan bijak dapat menghemat pengeluaranmu.

Selain biaya makan, merencanakan jadwal makan juga bisa menjadi cara ampuh meminimalisir pengeluaran. Pasalnya tidak jarang saat traveling kamu akan jadi lebih lapar mata dan ingin mencicipi semua makanan yang ada.

Rencanakan jadwal makan seperti biasanya atau mengikuti kebiasaan jadwal makan masyarakat setempat. Tentukan juga waktu khusus untuk mencicipi makanan khas setempat, misalnya mengganti makan malam dengan waktu untuk wisata kuliner.

2. Jangan lewatkan sarapan gratis yang diberikan tempat penginapan.

budget makan traveling © 2019 Istimewa

foto: qualityinnlevis.com

Biasanya sejumlah tempat penginapan akan memberikan sarapan gratis setiap paginya sebagai bagian dari paketnya atau sebagai bentuk bonus. Nah, pastikan kamu tidak melewatkan makan pagi gratis ini kalau mau menghemat budget saat traveling.

Ya, selain mengurangi anggaranmu, sarapan gratis juga akan memberi energi untuk memulai perjalananmu. Selain itu, kamu nggak perlu khawatir dengan rasa makanan yang disajikan pihak tempat penginapan karena pastinya lezat dan mengenyangkan.

3. Pilihlah daerah penginapan dengan biaya hidup murah.

budget makan traveling © 2019 Istimewa

foto: santorinidave.com

Sebelum traveling, pastikan kamu sudah mencari informasi dan memilih tempat yang akan kamu kunjungi. Jangan lupa cek juga biaya hidup di daerah tersebut, khususnya di daerah tempat penginapanmu. Pilihlah daerah dengan biaya hidup murah, pasalnya hal ini akan mempengaruhi harga makanan di sekitar daerah tersebut.

4. Selalu bawa botol minum ketika traveling.

budget makan traveling © 2019 Istimewa

foto: theghumakkads.in

Meski terlihat sepele, dengan membawa botol minum akan membantumu meminimalisir budget makan selama traveling. Tidak hanya itu, cara ini juga sekaligus membuatmu menjaga lingkungan agar tetap bersih dengan tidak membuang-buang botol plastik. Kamu hanya perlu mengisi ulang air di tempat penginapan sebelum bepergian.

5. Manfaatkan fasilitas dapur yang ada di tempat penginapan.

budget makan traveling © 2019 Istimewa

foto: en.yelp.com.ph

Jika tempat penginapan atau tempat yang kamu sewa menyediakan fasilitas dapur, gunakanlah dengan baik. Cobalah membawa bekal bahan makanan atau makanan instan yang nantinya akan kamu masak di dapur tempat penginapanmu. Cara satu ini ampuh banget untuk meminimalisir biaya makanmu selama traveling.

6. Mengunjungi restoran murah di sekitar tempat penginapan.

budget makan traveling © 2019 Istimewa

foto: singapore-guide.com

Ketika traveling jangan asal masuk ke dalam sebuah restoran, pastikan dulu jika itu merupakan restoran murah. Mulai dari memilih restoran dengan harga yang sudah terpampang, atau bisa juga tanyakan pada resepsionis penginapanmu mengenai restoran murah di sekitar tempat penginapan.