Brilio.net - Survei yang pernah dilakukan oleh McGraw-Hill yang dilansir dari wonderslist, pernah ditemukan kalau lebih dari 75 persen siswa itu belajar menggunakan perangkat modern. Salah satunya adalah ponsel pintar dan tablet. Lebih dari 60 persen mengatakan kalau mereka merasa lebih siap di kelas dengan bantuan perangkat canggih.

Aplikasi terbaru ini memungkinkan siswa untuk belajar lebih baik dan juga membantu menjaga jam sekolah yang panjang. Dengan dimulainya musim sekolah, sebagian besar dari siswa bersiap untuk belajar di malam hari. Mereka mulai menyediakan buku pelajaran di atas meja.

Namun, belakangan ini perangkat atau aplikasi seluler juga perlu disiapkan setiap saat. Ponsel yang sudah ditunjang dengan perangkat lunak yang tepat di dalamnya bisa mengunduh aplikasi pendidikan yang tersedia secara gratis.

Nah, apa saja aplikasi yang bisa menunjang belajar siswa? Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber aplikasi pendidikan pada Senin (4/2).

1. Scribd.

aplikasi belajar pixabay

foto: play.google

Aplikasi ini juga disebut sebagai Netflix buku. Aplikasi ini bisa membantumu mengakses ke lebih dari satu juta buku, buku audiom dann dokumen akademis lainnya. Kamu juga bisa menyimpan buku di perangkat selulermu secara gratis. Jadi kamu bisa membacanya kembali kapan pun dan di mana pun kamu berada tanpa mengenal waktu.

2. Duolingo.

aplikasi belajar pixabay

foto: play.google

Duolingo merupakan aplikasi yang berguna untuk belajar bahasa asing. Kamu bisa belajar bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Belanda, Italia, Portugal, Spanyol sampai bahasa India dan Korea. Dengan menggunakan gabungan audio dan visual kamu bisa belajar berbagai bahasa dengan cara yang lebih menyenangkan.

3. Microsoft Office Mobile.

aplikasi belajar pixabay

foto: wonderslist

Ini merupakan salah satu aplikasi gratis terbaik dan favorit yang dimiliki oleh siswa. Kamu tidak perlu susah membawa laptop. Kamu hanya cukup menggunakan aplikasi Microsoft Office Mobile ini melalui gadgetmu. Kamu bisa membuat dan membuka dokumen MS Word dan MS Excel dari handphone.

4. My Study Life.

aplikasi belajar pixabay

foto: play.google

My Study Life adalah sebuah aplikasi hebat kertas. Aplikasi ini bisa digunakan untuk siswa, guru, dan dosen untuk merancang sesuatu mengenai semua kegiatan pembelajaranmu. Kamu bisa mengelolanya dengan mudah. Kamu bisa menyimpan catatan pekerjaan rumah hingga catatan ujian.

5. Easy Bib.

aplikasi belajar pixabay

foto: wonderslist

Easy Bib adalah salah satu aplikasi pendidikan gratis terbaik yang pernah ada. Aplikasi yang bisa membantumu membuat makalah penelitian, kamu juga bisa mempersiapkan daftar pustaka. Aplikasi ini juga akan memberikan banyak pilihan untuk memilih gaya kutipan. Barcode sebuah buku juga dapat dihasilkan untuk kutipan.

6. Wolfram.

aplikasi belajar pixabay

foto: wonderslist

Aplikasi ini mampu membantu memberikan jawaban dan menyiapkan laporan tentang banyak topik. Topik yang tersedia tidak terbatas, seperti mitologi, silsilah, astronomi, trigonometri, dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga bisa membantu membuat grafik dengan informasi dan penjelasan langkah demi langkah, dan perincian formula. Wolfram adalah aplikasi sahabat bagi siswa.