Brilio.net - Kalimat perintah biasanya digunakan untuk memberikan sebuah perintah kepada orang lain supaya orang tersebut melakukan sesuatu hal. Kalimat perintah juga dikenal dengan kalimat imperatif.

Jenis kalimat ini dapat disampaikan secara halus maupun secara paksa, tergantung kepada konteksnya. Kalimat perintah bertujuan memberikan izin, mencemooh, bahkan terkait sebuah larangan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) kalimat perintah merupakan sebuah kalimat yang mengandung intonasi dan makna perintah ataupun larangan. Pada intinya kalimat perintah adalah kalimat yang dibuat untuk memancing respons berupa tindakan. Kalimat perintah biasanya diakhiri dengan mengguakan tanda seru (!). Namun jika kalimat tersebut disampaikan secara langsung akan ditandai dengan intonasi tinggi.

Nah untuk mengetahui lebih jauh kalimat perintah dan contohnya, berikut brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (20/9).

Fungsi kalimat perintah.

contoh kalimat perintah penjelasan © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

1. Memberikan perintah.

Fungsi kalimat perintah tentunya adalah untuk memberikan sebuah perintah. Secara sekilas, fungsi kalimat perintah sebagai memberi komando dan memberi perintah hampir sama. Perbedaannya terletak pada tempat penggunaan dan siapa yang menggunakan.

2. Berfungsi memberikan komando.

Kalimat perintah sering digunakan dalam dunia militer atau ketika perang saat pimpinan akan memberi komando sesuai dengan strategi yang dirancang. Dengan adanya perintah komando, maka prajurit yang diberi perintah harus melakukan suatu hal sesuai dengan apa yang sudah diperintahkan.

3.Berfungsi memberikan larangan.

Sobat Brilio pasti sering mendengar kalimat perintah yang berfungsi sebagai kalimat larangan. Entah saat dinasihati orang tua, atau ketika di sekolah oleh guru.

4. Berfungsi memberikan ajakan.

Suatu ajakan merupakan sebuah perintah yang harus dijalankan. Kalimat perintah yang berfungsi untuk memberi ajakan biasanya ditujukan demi kebaikan bersama. Maksudnya, suatu hal yang diperintahkan harus dilakukan agar tidak merugikan orang lain.

5. Berfungsi memberikan tuntutan.

Fungsi kalimat perintah ini biasanya digunakan untuk menuntut suatu hal. Kamu akan sering melihat fungsi kalimat perintah ini dalam dunia hukum.

6. Berfungsi memberikan pembiaran.

Fungsi kalimat perintah ini biasanya digunakan seseorang yang memberi perintah kepada orang lain dalam bentuk hal membiarkan.

Magang: Muhammad Reza Ariski

(brl/jad)

RECOMMENDED BY EDITOR