Brilio.net - Kajian sastra Indonesia mengkaji banyak hal, salah satunya adalah jenis kalimat. Kalimat sendiri memiliki banyak jenis, dari mulai kalimat tanya, kalimat majemuk, kalimat pendapat dan masih banyak lagi. Berikut ulasannya.

Definisi Kalimat Pendapat

Kalimat pendapat adalah kalimat yang berisi gagasan, ide, opini, dan pemikiran yang dikemukakan seseorang tentang suatu peristiwa, situasi, kebenaran tanpa dipengaruhi oleh orang lain. Kalimat pendapat seringkali disebut kalimat opini. Kalimat pendapat mempunyai ciri-ciri yang membedakannya dengan jenis kalimat yang lain, sehingga kamu perlu mengetahui karakteristiknya.

Kalimat pendapat dapat digunakan dalam ragam lisan maupun tulisan. Kalimat ini bukanlah kalimat yang sifatnya objektif karena sangat dipengaruhi sudut pandang seseorang. Pendapat dapat mengalami perubahan karena faktor perasaan, emosi, dan hasil diskusi. Jadi, kalimat tersebut sangat dipengaruhi oleh sudut pandang penulis atau pembicara.

Kalimat pendapat berisi tanggapan atau respons pada suatu hal, namun tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Pendapat juga dapat diwujudkan dalam bentuk perbuatan, sikap, tindakan, ataupun tanggapan.

Ciri-ciri Kalimat Pendapat.

15 Contoh kalimat kata kerja dalam bahasa Inggris dan penjelasannya © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Terdapat ciri-ciri dalam kalimat pendapat yang membedakan dengan jenis kalimat lainnya, berikut ciri-ciri kalimat pendapat:

1. Pendapat bersumber dari pemikiran penulis

2. Informasi dan data tidak sepenuhnya akurat

3. Peristiwa yang dibahas belum terjadi atau baru akan terjadi di masa depan

4. Bisa berupa rencana

5. Mempunyai kata pelengkap seperti “sepertinya”, “mungkin”, “sangat”, “menurut saya”, “Saya rasa”, “tidak mungkin”, dan sebagainya

6. Kalimat pendapat merupakan jawaban pertanyaan “apa”, “bagaimana”, dan "mengapa"

7. Kalimat pendapat tidak bisa digunakan untuk membenarkan suatu informasi.

8. Bersifat subjektif

9. Berisi pendapat atau argumen

10. Mempunyai banyak pendukung

11. Dibubuhi dengan saran, pendapat, dan sebab akibat peristiwa yang terjadi

12. Tidak mempunyai narasumber

(brl/far)

RECOMMENDED BY EDITOR