Brilio.net - Di Kota Jayapura, Papua, budaya menikah massal dilakukan biasa dilakukan warganya. Seperti yang terjadi pada Sabtu (27/2). Sebanyak 368 pasangan mengikuti kegiatan Nikah Massal Pencatatan Sipil yang di selenggarakan Pemerintah Kota Jayapura.

Dari 368 pasangan yang dinikahkan, dua pasangan beragama Hindu dan sisanya Kristen dan Katolik. Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano mengemukakan kegiatan tersebut merupakan wujud dari pelayanan yang diberikan pemerintah kepada warganya.

"Ini adalah tugas pemerintah yang mengacu pada fungsi pelayanan. Saya ingin masyarakat saya, nikahnya dicatat pemerintah," ujarnya, sebagaimana dikutip Antara.

Pemerintah dikatakannya perlu untuk memastikan masyarakatnya memiliki dokumen kependudukan yang lengkap, dalam hal ini bagi mereka yang telah melaksanakan pernikahan secara agama tapi belum secara sipil.

"Tujuannya untuk kepentingan warga Kota Jayapura sehingga tertib administrasi kependudukan," ucap Mano.

Sejak 2011, Pemkot Jayapura secara rutin menggelar kegiatan nikah massal sehingga kini jumlahnya telah mencapai ribuan pasang dari seluruh unsur agama. "Selama lima tahun, sudah ada 5.880 pasangan nikah secara gratis," kata dia.