Brilio.net - Untuk membuat sebuah kalimat menjadi lebih sempurna dan enak sewaktu dibaca, penambahan kata kerja menjadi hal yang diperlukan. Bahkan hampir tidak ada kalimat yang tidak diberikan kata kerja di dalamnya.

Penggunaan kata kerja tentunya tidaklah bisa dilakukan secara asal-asalan. Penyusunan SPOK harus tetap diperhatikan agar kalimat yang tersusun sudah benar-benar sesuai.

Kata kerja adalah kata yang berfungsi untuk menjelaskan tentang suatu aktifitas atau suatu perbuatan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sesuatu. Ada berbagai macam kata kerja dalam bahasa Indonesia salah satunya yakni kata kerja mental.

Kata kerja mental merupakan jenis kata kerja yang mengekspresikan sikap atau respon seseorang terhadap suatu tindakan, pengalaman, atau keberadaan. Meski kata kerja mental tidak begitu populer, namun cukup sering dipakai dalam teks ceramah, berita, dan lain-lain.

Untuk lebih mengetahui seputar kata kerja mental, yuk simak ciri-ciri dan contoh kata kerja mental yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (23/1)

Ciri-ciri kata kerja mental.

kata kerja mental dalam bahasa Indonesia © 2023 brilio.net

kata kerja mental dalam bahasa Indonesia
© 2023 brilio.net/freepik.com

1. Kata kerja mental menerangkan tentang persepsi (contohnya melihat, merasa), afeksi (contohnya khawatir, suka, cinta), dan kognisi (misalnya mengerti, memahami, berpikir).

2. Ciri kedua, kata kerja mental menggunakan kata-kata yang mengindera dan biasa dilakukan manusia.

3. Ketiga, kata kerja mental biasanya mempunyai bentuk frasa yang bersifat mengindikasikan.

4. Keempat, menggunakan kata yang biasa dilakukan manusia. Terakhir, terdapat peran orang lain atau fenomena tertentu yang menjadi pemicu.