Brilio.net - Kata lucu bahasa Jawa bisa jadi hiburan bagi siapapun. Bahasa yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Salah satu bahasa daerah yang terus dilestarikan sampai sekarang. Bahasa Jawa punya keunikan tersendiri, salah satunya adalah logat atau dialek unik.

Pemilihan kata pun juga disesuaikan dengan siapa lawan atau orang yang diajak bicara. Ada yang bersifat lembut biasa dipakai kepada orangtua. Ada juga yang sedikit kasar dan santai yang diucapkan kepada sebaya. Nah, bahasa Jawa sesama umur ini tak bisa dilepaskan dari kesan 'lucu'.

Kata-kata lucu bahasa Jawa sering digunakan dalam berkomunikasi satu sama lain. Nggak heran jika kata-kata lucu Jawa kerap dipakai untuk update status media sosial. Menuliskan kata-kata bahasa Jawa ini, alhasil membuat orang tertawa. Medsos pun akan dipenuhi like, komentar, dan di-retweet banyak akun.

Berikut kumpulan status lucu bahasa Jawa yang berhasil brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (29/7).

Kata-kata status lucu bahasa Jawa, bikin ketawa banyak orang.

status Jawa medsos instagram

Loading...

foto: Instagram/@yowis.cuk

Memberikan hiburan kepada orang lain bisa dilakukan dengan mudah. Apalagi kalau dengan kata-kata lucu Jawa ini.

1. "Merdeka iku yen Soekarno mbe Hatta baris rapi ning njero dompet. Yen sing baris Pattimura, berarti isih perjuangan." (Merdeka itu kalau Soekarno dan Hatta baris rapi di dalam dompet. Kalau yang baris Pattimura, berarti masih perjuangan)

2. "Kamu butuh uang? Mreneo, ayo nangis bareng." (Kamu butuh uang? Sini, nangis bareng)

3. "Ora ketemu sesasi rasane koyo 30 dino." (Tidak ketemu satu bulan rasanya seperti 30 hari)

4. "Aku ra butuh peta utowo GPS, nek karo koe aku wes yakin kudu neng endi." (Aku enggak butuh peta atau GPS, kalau sama kamu aku udah yakin harus pergi ke mana)

5. "Gendut kui montok, mung kebablasen." (Gendut itu montok, hanya keterusan)

6. "Wong lemu kui, dudu kakean mangan, tapi program diete sing gagal." (Orang gemuk itu, bukan kebanyakan makan, tapi program dietnya gagal)

7. "Kula ngertos nek rezeki niku mung titipan. Tapi Gusti, mbok nek nitip kathah sekedhik." (Saya tahu kalau rezeki itu titipan. Tapi kalau nitipinnya agak banyakan dikit Tuhan)

8. "Ora golek sing wah, opo meneh sing mewah. Cukup sing iso gawe aku bungah." (tidak mencari yang wah, apalagi yang mewah, cukup yang bisa membuat aku senang)

9. "Cintaku terhalang brengose bapakmu." (Cintaku terhalang kumis ayahmu)

10. "Sopo sing gelem mijeti aku. Nek wedok tak pek bojo. Nek lanang, bojone tak pek." (Siapa yang mau mijitin aku. Kalau perempuan akan aku jadikan istri. Kalau laki-laki, istrinya akan kujadikan istriku)

11. "Yen ono tanwin ketemu ba’ dadi iqlab, yen ono aku ketemu awakmu insyaAllah dadi ijab." (Kalau ada tanwin ketemu ba' jadi iqlab, kalau ada aku ketemu kamu insyaAllah jadi ijab)

12. "Ojo sebut aku mantan, sebut wae aku alumni, sopo ngerti kene iso reuni." (Jangan sebut aku mantan, sebut saja aku alumni, siapa tahu kita bisa reuni)

13. "LDR = Lungo Dewe Rapopo."(pergi sendiri tidak masalah)

14. "Dipikir loro, dirasake yo malah loro, loro tambah loro sama dengan papat." (Dipikir sakit, dirasakan juga tambah sakit. Sakit tambah sakit sama dengan empat)

15. "Ojo kakean drama, sadaro iki urip ndek dunia nyata ora koyo drama Korea." (Jangan kebanyakan drama, sadarlah ini hidup dunia nyata bukan seperti drama Korea)

16. "Ora usah mikir omongane wong liyo, wong liyo ae nek ngomong yo ora mikir." (Enggak usah mikir omongannya orang lain, orang lain aja kalau ngomong enggak pake mikir)

17. "Opo aku kudu dadi Via Vallen, ben iso diceluk sayang?" (Apa aku harus jadi Via Vallen, biar bisa dipanggil sayang?)

18. "Gendut kui montok, mung kebablasen." (Gendut itu montok, hanya berlebihan saja)

19. "Sliramu kuwi koyo bintang, sing endah didelok tapi angel digayuh." (Kamu itu seperti bintang, indah dipandang tapi susah diraih)

20. "Tuku bawang kleru mrico, tiwas wes sayang jebul mung dianggep konco." (Beli bawang keliru merica, padahal sudah sayang ternyata hanya dianggap teman)

21. "Sliramu manis dek, kaya gula." (Dirimu manis dek, seperti gula)

22. "Bermimpilah setinggi langit, jika kamu terjatuh berarti turumu kurang nengah." (Bermimpilah setinggi langit, jika kamu terjatuh berarti tidurmu kurang tengah)

23. "Cukup nyawang koe sing ta sayang, kangen iki langsung ilang." (Cukup melihat kamu yang aku sayang, rindu ini sudah langsung hilang)

24. "Ojo dadi pengecut koyo upil sing umpetan ning ngisor meja." (Jangan jadi orang penakut seperti kotoran hidung sembunyi di meja)

25. "Elek yo ben, sing penting iso marai kangen." (Jelek ya biarin, yang penting bisa bikin kangen)

Kata-kata status lucu bahasa Jawa, cocok buat medsos.

status Jawa medsos instagram

foto: 1cak.com

Kamu bisa memilih kata lucu sesuai kebutuhan. Bisa tentang cinta, sahabat, pekerjaan, keluarga, atau yang lain.

26. "Wong ki yo ngingeti ngisor barang. Ojo Ndangak ae, nek kelilipen kapok." (Orang itu harus lihat ke bawah. Jangan ke atas terus, kalau kemasukan debu baru tahu rasa)

27. "Foto DP kok karo pacare terus, opo mbiyen leh tuku HP urunan?" (Foto DP kok sama pacarnya terus, apa dulu beli HP-nya patungan?)

28. "Kuat lakoni, ora kuat tinggal ngopi." (Kuat dilakukan, kalau tidak kuat ditinggal ngopi)

29. "Masalah wedokan iku gampang, penting iso nyaur utang sek." (Masalah perempuan itu mudah, yang penting bisa membayar hutang dulu)

30. "Aku pancen sengojo ora adus, ben kethok alami." (Aku memang sengaja enggak mandi, biar kelihatan alami)

31. "Aku mung iso maca buku, durung iso maca atimu." (Aku hanya bisa membaca buku, belum bisa membaca hatimu)

32. "Ojo mung ngopi, sekali sekali ngeteh ben ngerti yen urip iku ora mung pait, tapi sepet mbarang." (Jangan hanya minum kopi, sekali sekali minum teh supaya kamu tahu hidup itu tidak hanya pait saja, tapi ada sepetnya juga)

33. "Tresno iku mergo ati, ra bakal owah tekane mati." (Cinta itu datang karena hati, tidak akan berubah hingga mati)

34. "Cinta nek raenek sampeyan, paling yoo mung dadi kata tok." (Cinta bila tidak ada kamu, mungkin cuma menjadi kata saja)

35. "Waktu adalah uang. Yen kancamu mbok jak dolan ngomong raenek wektu, berarti wonge ra ndue duwit." (Waktu adalah uang. Kalau temanmu kamu ajak main bilangnya enggak ada waktu, berarti temanmu enggak punya uang)

36. "Raenek seng gelem urip susah, termasuk aku. Tapi nek kudu urip susah, ak siap ndandani bareng karo kowe." (Tidak ada yang mau hidup susah, termasuk saya. Tetapi kalau tetap hidup susah, aku siap memperbaiki bersama dirimu)

37. "Pantesan awakku ora lemu-lemu. Sing tak pangan harapan palsu." (Pantas saja badanku tidak gendut-gendut. Yang aku makan harapan palsu)

38. "Cintamu mentok neng dee'? durung ketemu tikungan wae sih jane." (Cintamu mentok hanya dia? Hanya belum ketemu sama yang lain saja)

39. "Dadi wong ojo kaku-kaku, ndak koyo kanebo garing." (Jadi orang jangan terlalu kaku, nanti seperti kanebo kering)

40. "Mantan kui jodoh seng masa aktife wes entek." (Mantan itu jodoh yang masa aktifnya sudah habis)

41. "Etok-etok tegar padahal ambyar." (Pura-pura tegar padahal hancur)

42. "Yen tak sawang sorote mripatmu, ketoke kowe arep nembung utang karo aku." (Kalau aku lihat sorot matamu, sepertinya kamu akan meminta hutang padaku)

43. "Ndasku mumet, seng gelem ngelus ngelus yo sopo." (Kepala ku pusing, yang mau ngelus ngelus juga siapa)

44. "Pas aku ngilang, pikirku kowe nggoleki, lakok jebul golek ganti." (Ketika aku menghilang, aku pikir kamu bakal mencari, ternyata malah mencari ganti)

45. "Sori salah tompo, tak kiro sayang, bakno guk ngisi wektu luang." (Maaf salah maksud, aku pikir sayang, ternyata hanya mengisi waktu luang)

46. "Kowe nek sayang ngomong, ojo ngode terus. Aku dudu brangkas sing butuh kode." (Kamu kalau sayang itu bilang, jangan memberikan kode saja. Aku bukan brangkas yang butuh kode)

47. "Tresnoku seakan kata Save." (Cintaku seperti kata menyimpan)

48. "Risiko dadi wong keren. Mben tuku pulsa mesti dijaluki nomer." (Risiko jadi orang keren. Setiap beli pulsa pasti dimintai nomer)

49. "Tresnomu koyo Rumah Makan Padang akeh cabange." (Cintamu seperti rumah makan padang banyak cabangnya)

50. "Golek duit iku gampang olehe sing angel." (Cari uang itu mudah dapatnya yang susah)

RECOMMENDED BY EDITOR