Kata-kata sindiran soal hutang bisa menjadi cara untuk menyampaikan pesan dengan sedikit kehumoran, meskipun tetap menyoroti tanggung jawab membayar hutang. Dalam situasi ini, kata-kata sindiran soal hutang mengacu pada ungkapan atau kalimat yang menyentil seseorang yang masih memiliki kewajiban membayar hutang.

Banyak orang yang terkadang lupa atau pura-pura lupa terhadap hutang yang mereka miliki. Kata-kata sindiran tentang hutang bisa mengingatkan seseorang yang mungkin saja lupa dengan kewajibannya membayar hutang. Meski seseorang bisa saja lupa, hutang tetap merupakan kewajiban yang perlu dipenuhi. Ungkapan semacam, "Maaf ya, barangkali tenggat waktu bayar hutangmu lupa berapa, biar aku ingatkan agar kedepannya tidak lupa lagi."

Kalimat tersebut bisa jadi alternatif untuk mengingatkan teman yang memiliki hutang. Kata-kata sindiran soal hutang juga dapat mengandung unsur humor untuk menjaga situasi agar tidak terlalu tegang. Namun demikian, penting untuk diingat bahwa kata-kata sindiran sebaiknya disampaikan dengan bijak dan penuh pengertian. Tujuannya bukan untuk merendahkan, tetapi untuk mengingatkan dengan cara yang lebih santai agar seseorang lebih sadar akan kewajibannya membayar hutang.

Atau bisa pula disampaikan dengan kata-kata yang halus namun sebenarnya punya makna yang nyelekit. Nah, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (9/1), ini dia 150 kata-kata sindiran soal hutang, halus tapi nyelekit abis.

Kata-kata sindiran soal hutang freepik.com

foto: freepik.com

1. "Selalu bilang tak punya uang saat ditagih, tapi isi Instagram Stories-nya jalan-jajan terus. Kan bikin sedih."

2. "Zaman sekarang, yang diutangin lebih galak daripada yang mengutangi."

3. "Riset membuktikan, orang akan mulai lupa amnesia jika ditanya soal utang."

4. "Janji adalah utang. Dan utang tetaplah utang, yang harus dibayar kembali suatu saat nanti."

5. "Beberapa orang terjebak dalam kebahagiaan pamer di sosial media, sampai lupa tumpukan utang di dunia sosial yang nyata."

6. "Mendingan kebanyakan mimpi dari kebanyakan utang."

7. "Lebih baik terlihat apa adanya, daripada terlihat punya segalanya namun hasil utang."

8. "Kalau lagi butuh pinjaman, datangnya kayak kilat. Begitu ditagih, hilangnya kayak buronan."

9. "Kalau teman mau pinjem uang itu mukanya jadi beda yah. Kayak ada manis-manisnya gitu."

10. "Utang seperti api. Makin besar utang makin mungkin utang tersebut membakar dan menyiksamu."

11. "Nagih utang, tapi ngemisnya kayak kita yang mau ngutang."

12. "Jangan karena utang rezeki orang terhalang."

13. "Jangan berutang kalau memang tidak punya sumber untuk membayarnya. Jangan ingin kebutuhan tersier kalau memang buat kebutuhan pokok saja masih susah. Akhirnya menyusahkan keluarga orang lain."

14. "Janji adalah utang. Jadi kalau banyak utang, bayarlah dengan jani-janji."

15. "Saat minjemin duit ke temen, gue dianggap malaikat penolong. Saat gue nagih, gue dianggap malaikat pencabut nyawa."

16. "Hidup sederhana tanpa hutang lebih damai, daripada kelihatan kaya karena hutang."

17. "Mau ngomong nggak enak, ditahan nyesek, apa itu? Mau nagih hutang ke teman!"

18. "Lebih baik tidur dengan perut yang lapar daripada bangun tidur dengan banyak hutang."

19. "Sebaik-baiknya kalian adalah orang yang mengembalikan hutang."

20. "Kok bisa ya, orang tidur nyenyak padahal utangnya banyak."

 

Kata-kata sindiran halus soal hutang.

kata sindiran soal utang © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

21. "Jangan lupa bayar utang karena semua dosa diampuni kecuali utang. Orang yang mati syahid diampuni semua dosanya kecuali utang." - HR Muslim

22. "Berhati-hatilah kamu dalam berutang, sesungguhnya utang itu mendatangkan kerisauan di malam hari dan menyebabkan kehinaan di siang hari." - HR. Baihaqi

23. "Utang itu berat kawan, karena di akhirat nanti tak ada rupiah yang membayarnya." - Azalea Husin

24. "Aku wasiatkan kepada kalian agar tidak berutang meskipun kalian merasakan kesulitan, karena sesungguhnya utang adalah kehinaan di siang hari, kesengsaraan di malam hari." - Umar bin Abdul Aziz

25. "Bayar utang jangan nunggu ditagih karena mungkin yang mengutangkan sangat menghargaimu sehingga tidak berani nagih." - Oom Komariah

26. "Utang wajib dibayar walau tidak ditagih. Meskipun kamu jatuh miskin membayar utang itu jauh lebih terhormat dari pada kamu membawa utang dalam kematian."

27. "Utang akan tetap menjadi utang, jangan sampai mati membawa utang yang belum dibayar."

28. "Siapa saja yang berutang lalu berniat tidak mau melunasinya, maka dia akan bertemu Allah (pada hari kiamat) dalam status sebagai pencuri." - HR. Ibnu Majah

29. "Kalau punya utang, segeralah dibayar. Jangan tunggu ajal datang. Kasihan keluargamu yang akan menanggung semuanya."

30. "Jangan pernah berutang, jika utang itu hanya untuk membuat Anda seakan-akan terlihat lebih sukses dari orang-orang di sekeliling Anda, karena inilah yang dimaksud dengan hidup di dalam ilusi." - Joe Hartanto

31. "Cari pertolongan itu kepada Tuhan, bukan kepada utang."

32. "Hanya minta haknya namun seperti mengemis. Untuk kamu yang telah berhutang ketahuilah bahwa kamu telah mengambil hak saudaramu jika tidak segera membayarnya."

33. "Ngelunasin hutang dengan arisan, jelas lebih fardhu ngelunasin hutang. Jangan banyakin arisan kalau masih nunggak lunasin hutang."

34. "Jangan pernah malu menagih hutang. Justru kalau kita sayang kepada orang yang berhutang maka hendaknya kita menagih hutang tersebut darinya." - Ust Firanda

35. "Jangan sampai utang merusak pertemanan atau bahkan keluarga."