Brilio.net - Silaturahmi jadi salah satu kegiatan yang khas dilakukan saat hari raya Idul Fitri. Mengunjungi rumah saudara atau sahabat adalah pemandangan yang sudah tidak asing saat bersilaturahmi. Begitu juga dengan memohon maaf atas kesalahan yang sudah diperbuat. Tentu diharapkan dengan bersilaturahmi mampu mempererat tali persaudaraan di antara kamu dan orang lain.

Sebenarnya, silaturahmi tidak hanya dilakukan saat Lebaran. Kamu pun tetap perlu menjaga hubungan ini dalam kehidupan sehari-hari. Bisa dimulai dengan cara sederhana, seperti menanyakan kabar, menelepon ataupun mengirimkan kata-kata silaturahmi.

Eits, kamu bingung bagaimana mengutarakannya? Jangan khawatir, karena kamu bisa mengirimkan pesan atau mengutarakan secara langsung melalui ucapan silaturahmi. Biar lebih paham, berikut puluhan kata-kata mutiara silaturahmi seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (14/5).

 

Ucapan silaturahmi untuk keluarga.

Kata-kata mutiara silaturahmi © freepik.com

foto: freepik.com

 

1. "Silaturahmi itu meluaskan pikiran dan memperkaya sudut pandang. Dan salah satu dari sekian banyak pintu rezeki."
2. "Persaudaraan adalah penyatuan. Menjadikan anda menyatu dengan mereka. Layaknya ikatan saudara kandung yang tak mungkin bisa lepas."
3. "Silaturahim adalah jembatan kasih sayang. Menjembatani dua sisi yang berbeda terhubung dengan jiwa kasih dan sayang."
4. "Kita terlahir di keluarga berbeda, tapi ikatan persaudaraan bisa menjadikan kita layaknya keluarga."
5. "Ikatan persaudaraan membuat kita tak terpisahkan, saling menguatkan, dan saling menutupi kekurangan."
6. "Silaturahmi, mendekatkan kebaikan, menjauhkan dari segala beban."
7. "Orang yang beruntung adalah orang yang memiliki banyak pembela melalui sebuah ikatan persaudaraan."
8. "Sejauh apapun kaki melangkah, keluarga adalah tempat terbaik untuk melepas lelah."
9. "Sebaik-baiknya hubungan adalah yang saling menjaga silaturahmi dan kehormatan keluarga."
10. "Tak banyak kata terucap, namun hati saling terikat dalam silaturahmi."
11. "Silaturahmi adalah salah satu cara indah Allah untuk mempersatukan umatnya."
12. "Dalam untaian tali silaturahmi, semoga dapat menjadi penyejuk hati."
13. "Jiwa-jiwa kembali putih seakan terlahir kembali. Jutaan syukur menggema di langit Ilahi. Semoga kemenangan ini menjadi kemenangan yang hakiki."
14. "Meski wajah tak mampu berjumpa, tangan tak bisa saling menjabat, semoga coretan kata ini mampu menjadi jembatan di hari penuh kemenangan."
15. "Di hari yang penuh kesucian dan kesukacitaan. Hari kemenangan dan hari untuk saling memaafkan. Mohon maaf lahir dan batin dan selamat hari raya Idul Fitri."
16. "Seiring surya berseri indah dipagi penuh hikmat ini, kami mohon dibukakan pintu maaf apabila ada kata dan tindak yang tidak berkenan di hati."
17. "Sunset Ramadhan beranjak pergi, berganti fajar Syawal di pagi hari, membawa cahaya kedamaian di penghujung ramadhan, menebar berkah di hari kemenangan. Selamat Idul Fitri. Taqabbalallahu minna wa minkum. Minal aidin walfaizin."
18. "Harta yang paling bernilai adalah kesabaran. Rekan yang paling setia adalah amal. Ibadah yang paling indah adalah keikhlasan. Identitas tertinggi adalah iman. Pekerjaan paling berat adalah memaafkan. Semoga kita jadi orang yang terpilih untuk menjalankan pekerjaan mulia ini."
19. "Tidak ada kata seindah kata maaf, tidak ada perbuatan seindah yang memaafkan, kini hati akan dibersihkan, tanpa noda dan kotoran. Selamat hari raya Idul Fitri, semoga kita jadi insan yang saling memaafkan."
20. "Sucikan hati dengan dzikir, cerahkan hati dengan pikir, teruslah bersyukur dengan menebar senyuman. Selamat hari raya Idul Fitri."

-

Kata-kata mutiara silaturahmi untuk sahabat.

Kata-kata mutiara silaturahmi © freepik.com

foto: freepik.com

 

21. "Kebersamaan itu penting bukan hanya menjaga silaturahmi, tapi harus menghasilkan sesuatu yang lebih baik."
22. "Terkadang kita diberikan rasa kesepian yang mendalam, agar kita lebih menghargai indahnya kebersamaan."
23. "Jarak boleh terpisah, tapi kebersamaan tetap terjaga. Itulah pengertian dari silaturahmi."
24. "Sahabat ibarat mata dan tangan, saat mata menangis tangan mengusap. Saat tangan terluka mata menangis. Maka dari itu semoga kau memberikan pintu maaf untuk segala kesalahanku."
25. "Kebersamaan itu mahal dan tak ternilai harganya. Maka beruntunglah bagi orang-orang yang mampu membelinya. Yaitu orang-orang yang peduli pada kebersamaan dengan keluarga dan orang terdekatnya"
26. "Terpisah jarak, menjadi cara romantis semesta agar kita tetap saling menyapa. Selamat Lebaran, mohon maaf lahir dan batin."
27. "Semoga di hari nan fitri ini, kita bisa menjadi orang beruntung yang berani untuk memaafkan dan mengikhlaskan yang terlewatkan."
28. "Semoga melalui silaturahmi, dapat mendekatkan diri pada kebaikan, dan menjauhkan dari segala beban."
29. "Silaturahmi adalah tentang kebersamaan. Jika rasa bersama telah memudar maka silaturahmi akan terpecah."
30. "Meski tangan belum sempat berjabat, namun izinkan hati untuk memohon maaf atas segala khilaf."

-

Kata-kata bijak silaturahmi untuk teman kerja.

Kata-kata mutiara silaturahmi © freepik.com

foto: freepik.com

 

31. "Meski wajah tak dapat berjumpa. Tangan tak bisa saling menjabat. Semoga coretan kata ini dapat menjadi jembatan di hari penuh kemenangan ini."
32. "Semoga hati kita terlahir kembali dengan suci dan bersih. Hindari perbuatan cela agar bisa menggugurkan dosa."
33. Tiada teman tanpa salah, tiada sahabat tanpa khilaf, tiada sabar tanpa syukur, tiada kasih sayang tanpa kata maaf. Lebaran telah tiba, jangan lupa bersyukur karena hari ini masih diberikan kesempatan untuk hidup."
34. "Orang yang paling mulia adalah orang yang mau memaafkan kesalahan orang lain. Semoga silaturahmi ini bisa menjadi pensuci diri."
35. "Bila ada kata merangkai dusta, ada ucap berbunga lara, dan ada langkah berbuah dosa, aku mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga hubungan persaudaraan ini tetap terjaga sampai di surga."
36. "Untuk lisan yang tak terjaga, janji yang tak terpenuhi, hati yang kerap berprasangka. Dengan penuh keikhlasan aku memohon maaf dan izin untuk terus bersilaturahmi."
37. "Salah paham mungkin menjadi hal yang biasa untuk kita. Namun izinkan aku untuk membersihkan segala ketegangan dengan kata maaf dari dalam hati."
38. "Berbeda pendapat adalah hal yang biasa. Namun jangan sampai kita tidak sepakat untuk saling menjaga dalam silaturahmi."
39. "Di balik perselisihan yang terjadi, mohon izinkan diri untuk mensucikan hari dengan bersilaturahmi. Semoga amal kita diterima Allah SWT."
40. "Setelah satu bulan berpuasa, semoga semakin lapang rasa saling memaafkan di antara persaudaraan kita. Selamat Lebaran."

-

Ucapan silaturahmi dalam bahasa Inggris.

Kata-kata mutiara silaturahmi © freepik.com

foto: freepik.com

 

41. "In every shared smile and laughter, in every silent prayer answered, in every opportunity that comes your way. May Allah bless you greatly."
(Dalam setiap senyum dan tawa yang terbagi, dalam setiap untaian doa, dalam setiap kesempatan yang datang menyapa. Semoga Allah memberikanmu berkah.)

42. "May every blossom in the garden of life brighten our Eid with joy and fill our days with the sweet fragrance of happiness. Eid Mubarak, everyone!"
(Semoga setiap bunga yang bermekaran di taman kehidupan ini mencerahkan hari raya kita dengan kebahagiaan dan mengisi hari kita dengan harumnya kebahagiaan yang manis. Selamat Hari Raya Idul Fitri, semua!)

43. "A time for joy, a time for togetherness, a time to remember the blessings. May Allah bless you."
(Waktunya berbahagia, waktunya untuk bersama, waktunya untuk mengingat semua anugerah. Semoga Allah memberkahimu.)

44. "Sometimes my hands make mistakes and my mouth speaks wrong words, so this time I’m asking for your forgiveness. Happy Eid al-Fitr."
(Terkadang tanganku berbuat salah dan mulutku mengucap kata yang salah, maka kali ini aku meminta maaf. Selamat Hari Raya Idul Fitri.)

45. "It’s more than a wish, more than a message too, for it comes with warm and loving thoughts because it’s meant for you. Happy Eid!"
(Bukan hanya sekedar harapan, bukan pesan, melainkan dengan segala pikiran dan cinta karena kamu layak mendapatkannya. Selamat Idul Fitri!)

46. "The most noble man is one who forgives the mistakes of others. On this glorius day, I apologize for any wrong. Eid Mubarak."
(Manusia paling mulia adalah mereka yang dapat memaafkan kesalahan orang lain. Pada hari yang mulia ini, saya mohon maaf atas segala salah. Selamat Hari Raya Idul Fitri.)

47. "May every blossom in the garden of life brighten our Eid with joy and fill our days with the sweet fragrance of happiness. Eid Mubarak, everyone!"
(Semoga setiap bunga yang bermekaran di taman kehidupan ini mencerahkan haari raya kita dengan kebahagiaan dan mengisi hari kita dengan harumnya kebahagiaan yang manis. Selamat Hari Raya Idul Fitri, semua!)

48. "A time for joy, a time for togetherness, a time to remember the blessings. May Allah bless you."
(Waktunya berbahagia, waktunya untuk bersama, waktunya untuk mengingat semua anugerah. Semoga Allah memberkahimu.)

49. "Sometimes my hands make mistakes and my mouth speaks wrong words, so this time I’m asking for your forgiveness. Happy Eid al-Fitr."
(Terkadang tanganku berbuat salah dan mulutku mengucap kata yang salah, maka kali ini aku meminta maaf. Selamat Hari Raya Idul Fitri.)

50. "May the magic of this Eid bring lots of happiness in your life and may you celebrate it with all your close friends and may it fill your heart with wonders."
(Semoga keajaiban di hari raya Idul Fitri ini membawa banyak kebahagiaan dalam hidupmu dan semoga kau merayakannya dengan semua teman dekatmu. Dan semoga hatimu senantiasa dipenuhi dengan keajaiban.)