Brilio.net - Mengungkapkan kata-kata mutiara tentang cinta merupakan salah satu bukti untuk menunjukkan rasa cintamu pada pasangan. Ya mengucap cinta pada kekasih hati perlu dilakukan, namun tak berarti harus dilakukan setiap waktu.

Nah, ketika kamu sedang jatuh cinta cobalah untuk tetap bisa berpikir dengan logis atau menyikapinya dengan bijak. Biasanya kata-kata bijak tentang cinta mampu menginspirasi seseorang untuk memulai hal baru tentang cinta. 

Kata-kata ini nggak hanya berisi kalimat romantis melainkan juga penuh makna. Kata penuh arti ini  bisa memberikan pencerahan untuk memahami cinta.

Cinta merupakan salah satu perasaan yang selalu membuat hati berbunga-bunga dan bahagia. Perasaan cinta ini bisa dialami semua orang, yakni antara seseorang dengan keluarga, sahabat, anak, hingga kekasih.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Dengan memiliki perasaan cinta, seseorang terdorong untuk memiliki kehidupan yang lebih baik dengan perasaan gembira. Terdapat berbagai kata-kata mutiara tentang cinta yang penuh makna dan menyentuh hati.

Perasaan cinta bisa tak terlukiskan. Emosi cinta dapat membuatmu ingin mengekspresikan apa yang ada di hati. Mungkin lewat kata-kata bijak tentang cinta dapat dijadikan untuk mengungkapkan perasaan tersebut.

Saat kamu sedang ada masalah dengan sang kekasih, misalnya. Dengan membaca kata-kata mutiara, kamu bisa merenungkan segala masalah yang ada. Sebab perasaan mencintai dan dicintai memang sangat ingin dirasakan oleh semua orang.

Nah, berikut dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (24/6), 120 kata-kata mutiara bijak tentang cinta, romantis & penuh makna.

 

Kata-kata mutiara bijak tentang cinta, singkat dan menyentuh hati.

kata mutiara bijak tentang cinta © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

1. "Saat seseorang mencintaimu, mereka tak harus mengatakannya. Kamu akan tahu dari cara mereka memperlakukanmu."

2. "Kamu mungkin memegang tanganku untuk sementara waktu, tetapi kamu memegang hatiku selamanya."

3. "Kamu telah mengganti mimpi burukku dengan mimpi indah, kekhawatiranku dengan kebahagiaan, dan ketakutanku dengan cinta."

4. "Tuhan tidak pernah keliru memberikan anugerah cinta kepada hamba-Nya, karena sebuah cinta yang datang itu pasti ada makna dan alasannya."

5. "Dicintai secara mendalam oleh seseorang memberimu kekuatan. Mencintai seseorang secara mendalam memberimu keberanian."

6. "Saat pagi datang, senyumanmu memeluk pikiranku, saat siang datang kau bagaikan payung yang selalu membuatku teduh, dan saat malam kau adalah kehangatan yang selalu membuatku jauh dari kedinginan."

7. "Jangan hanya lihat cintaku dari mataku, tapi rasakan dari hatiku yang paling dalam ini. Letakkan tanganmu di dadaku, maka kamu akan merasakannya."

8. "Bukan kemewahan yang akan membuatmu bahagia. Tapi kesederhanaan yang akan membuatmu tampak istimewa."

9. "Mencintai merupakan sebuah anugerah besar yang Tuhan berikan kepada manusia. Maka dari itu, kita perlu senantiasa bersyukur dan menjaga segala anugerah itu."

10. "Cinta itu tidak bisa dijelaskan seberapa besarnya, orang mungkin menilai cinta itu sebesar dunia, samudera, bahkan langit. Namun tidak ada seseorang pun yang bisa menakar seberapa besar cintanya dengan logika."

11. "Kamu adalah pikiran terakhir dalam pikiranku sebelum tertidur dan pikiran pertama ketika aku bangun setiap pagi."

12. "Kebahagiaan terbesar dalam hidup adalah keyakinan bahwa kita dicintai; dicintai untuk diri kita sendiri, atau lebih tepatnya, dicintai terlepas dari diri kita sendiri."

13. "Aku tidak akan pernah meninggalkanmu, karena kamu adalah tulang rusukku, hidup, dan matiku."

14. "Kekasihku, janganlah engkau menangis, berbahagialah kekasihku, jangan ada duka yang menyelimutimu. Aku berharap kau selalu dalam keadaan bahagia meski dari jauh aku saja tak bisa membahagiakanmu dan membuatmu tertawa."

15. "Aku tahu aku jatuh cinta padamu karena kenyataanku akhirnya lebih indah dari mimpiku."

16. "Ketika kamu telah menemukan cinta sejati, jangan berniat untuk menemukannya lagi. Peluk dan genggamlah ia selama kamu masih memilikinya."

17. "Cinta tidak selamanya harus memiliki, tetapi cinta akan selamanya kekal abadi di hati kita."

18. "Cinta merupakan sesuatu yang indah, ia laksana sebuah lukisan di awan, cerah membingkai ufuk senja."

19. "Cinta tak mengenal pemaksaan, ia selalu menjadi misteri. Datang dan pergi begitu saja, meninggalkan kenangan yang sulit untuk dilupakan."

20. "Cinta dan kehidupan yang kita ciptakan merupakan cinta dan kehidupan yang sedang kita jalani. Tanpa melihat bagaimana bentuk cinta dari orang lain. Hanya kita."

21. "Di seluruh dunia ini tidak ada hati layaknya milikmu dan di seluruh dunia tak akan ada cinta bagimu layaknya cintaku untukmu."

22. "Cinta itu terlalu suci untuk dinodai, terlalu tinggi untuk dikhianati, terlalu indah untuk dikotori. Karena ia adalah anugerah yang harus dijaga kesuciannya, Diagungkan ketinggiannya, dan dikagumi keindahannya."

23. " Cinta begitu lembut dan merdu, namun jangan kau gunakan untuk merayu. Karena rayuan hanyalah akan mengosongkan makna kecintaan yang sesungguhnya."

Kata-kata mutiara bijak tentang cinta dari orang terkenal.

kata mutiara bijak tentang cinta © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

24. "Ketika aku jatuh cinta, aku merasa malu terhadap semua. Itulah yang dapat aku katakan tentang cinta." -Jalaluddin Rumi

25. "Aku mencintaimu, bukan hanya karena siapa kamu. Tapi juga karena menjadi apa diriku saat bersamamu." -Roy Croft

26. "Cinta sejati itu memandang kelemahan, lalu dijadikan kelebihan untuk saling mencintai." -BJ Habibie

27. "Teman menunjukkan cinta mereka di masa-masa sulit, bukan hanya dalam kebahagiaan." - Euripides.

28. "Cinta sejati tidak datang dari luar dirimu, tapi cinta itu harus terbentuk dari dalam dirimu." - Julia Roberts

29. "Dengan cinta dan kebenaran, tidak ada hal yang tidak mungkin." - Daisaku Ikeda

30. "Cinta dan keajaiban memiliki persamaan besar, keduanya memperkaya jiwa dan mencerahkan hati." - Nora Roberts

31. "Cinta itu bukanlah berusaha menemukan sosok pasangan sempurna, namun belajar melihat ketidaksempurnaan pasangan kita dengan sempurna." - Angelina Jolie

32. "Jika Anda mencintai seseorang, biarkan dia pergi. Jika dia kembali, dia akan selalu menjadi milikmu. Jika tidak, dia tidak akan pernah menjadi milikmu." - Kahlil Gibran

33. "Cinta bukan melepas tapi merelakan. Bukan memaksa tapi memperjuangkan. Bukan menyerah tapi mengikhlaskan. Bukan merantai tapi memberi sayap." - Fiersa Besari

34. "Cinta adalah perbuatan. Kata kata dan tulisan indah adalah omong kosong." - Tere Liye

35. "Cinta tidak pernah menuntut, cinta selalu memberi. Cinta selalu menderita, tanpa pernah meratap, tanpa pernah mendendam." - Mahatma Gandhi

36. "Cinta tidak terlihat dengan mata, tetapi dengan hati." - William Shakespeare

37. "Aku mencintaimu. Itu sebabnya aku takkan pernah selesai mendoakan keselamatanmu." - Sapardi Djoko Damono

38. "Karena hati tidak perlu memilih, ia selalu tahu ke mana harus berlabuh." - Dee Lestari

39. "Cinta sejati tak selalu berjalan mulus." - William Shakespeare

40. "Asmara bukan hanya sekedar saling memandang satu sama lain. Tapi juga sama sama melihat ke satu arah yang sama." - Antoine de Saint-Exupery

Kata-kata mutiara bijak tentang cinta bahasa Inggris.

kata mutiara bijak tentang cinta © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

51. "Love is a mystery that is hidden throughout the ages, sneaking behind the appearance and make our hearts as the nest."

(Cinta adalah suatu misteri yang terselubung sepanjang zaman, mengendap-endap di balik penampilan dan menjadikan hati kita sebagai sarangnya.)

52. "I believe that God created you for me to love. He picked you out from all the rest cause He knew I'd love you the best!"

(Aku yakin Tuhan menciptakanmu untuk aku cintai. Tuhan memilihmu dari yang lain karena tahu aku paling mencintaimu.)

53. "I choose you. And I'll choose you over and over and over. Without pause, without a doubt, in a heartbeat, I'll keep choosing you."

(Aku memilihmu. Dan aku akan memilihmu lagi, lagi dan lagi. Tanpa henti, tanpa ragu, dalam sekejap, aku akan terus memilihmu.)

54. "As he read, I fell in love the way you fall asleep: slowly, and then all at once."

(Seperti yang ia baca, aku jatuh cinta sebagaimana caramu tertidur: perlahan dan semuanya sekaligus.)

55. "The day will come when you'll be mine. But I'll just wait till that time. If I have to wait forever, that's what I'll do. Cause I can't live my life without you."

(Hari itu akan datang saat kamu menjadi milikku. Tapi aku hanya akan menunggunya saat itu tiba. Jika memang aku harus menunggu selamanya, itupun akan aku lakukan. Karena aku tak bisa hidup tanpamu.)

56. "If I could go with you in the dream, I would continue to sleep forever."

(Jika aku bisa pergi denganmu dalam mimpi, aku akan terus tidur selamanya.)

57. "I feel like flying in the sky when U look at me. I hope the wind will tell U how much I love U."

(Aku merasa seperti terbang ke angkasa ketika kau melihatku. Kuharap angin akan memberitahumu betapa aku mencintaimu.)

58. "Seeing your smile is happiness for me. Meanwhile, having you is the most beautiful gift in my life."

(Melihat senyummu adalah kebahagiaan bagiku. Sementara, memilikimu adalah hadiah yang paling indah dalam hidupku.)

59. "When love feels like magic, you call it destiny. When destiny has a sense of humor, you call it serendipity."

(Ketika cinta terasa seperti sihir, kamu menyebutnya takdir. Saat takdir berubah menjadi sebuah humor, kamu menyebutnya kejutan yang menyenangkan.)

60. "Indeed we have much taste. Indeed we are not together. If indeed we are destined to be together forever, love would not be where."

(Sungguh kita punya banyak perbedaan. Sesungguhnya kita pun tidak sedang bersama. Jika memang kita ditakdirkan bersama selamanya, cinta tak akan ke mana.)

61. "There is only one happines in this life, to love and be loved." - George Sand

(Hanya ada satu kebahagiaan dalam hidup ini, mencintai dan dicintai)

62. "Being deeply loved by someone gives you strength, while loving someone deeply gives you courage." -Lao Tzu

(Dicintai secara mendalam oleh seseorang memberi Anda kekuatan, sementara mencintai seseorang secara mendalam memberi Anda keberanian)

63. "Love is when the other person's happiness is more important than your own." - H Jackson Brown, Jr.

(Cinta adalah ketika kebahagiaan orang lain lebih penting daripada kebahagiaan Anda sendiri)

64. "The minute I heard my first love story, I started looking for you, not knowing how blind that was. Lovers don't finally meet somewhere. They're in each other all along." -Rumi

(Begitu saya mendengar kisah cinta pertama saya, saya mulai mencari Anda, tidak tahu betapa butanya itu. Pecinta akhirnya tidak bertemu di suatu tempat. Mereka saling mencintai selama ini)

65. "True love is knowing a person's faults, and loving them even more for them."

(Cinta sejati adalah mengetahui kesalahan seseorang, dan mencintai mereka bahkan lebih untuk mereka)

66. "I need you like a heart needs a beat."

(Aku membutuhkanmu seperti jantung membutuhkan detak)

67. "I fell in love with her courage, her sincerity, and her flaming self respect. And it’s these things I’d believe in, even if the whole world indulged in wild suspicions that she wasn’t all she should be. I love her and it is the beginning of everything." – F. Scott Fitzgerald

(Saya jatuh cinta dengan keberaniannya, ketulusannya, dan harga dirinya yang berapi-api. Dan hal-hal inilah yang saya yakini, bahkan jika seluruh dunia terlibat dalam kecurigaan liar bahwa dia tidak seperti yang seharusnya. Saya mencintainya dan ini adalah awal dari segalanya)

68. "I swear I couldn’t love you more than I do right now, and yet I know I will tomorrow." – Leo Christopher

(Aku bersumpah aku tidak bisa mencintaimu lebih dari yang aku lakukan sekarang, namun aku tahu aku akan melakukannya besok)

69. "Thinking of you keeps me awake. Dreaming of you keeps me asleep. Being with you keeps me alive."

(Memikirkanmu membuatku terjaga. Memimpikanmu membuatku tertidur. Bersamamu membuatku tetap hidup)

70. "Love does not begin and end the way we seem to think it does. Love is a battle, love is a war; love is a growing up." – James Baldwin

(Cinta tidak dimulai dan berakhir seperti yang kita pikirkan. Cinta adalah pertempuran, cinta adalah perang; cinta adalah tumbuh dewasa)

71. "In the end we discover that to love and let go can be the same thing." – Jack Kornfield

(Pada akhirnya kita menemukan bahwa mencintai dan melepaskan bisa menjadi hal yang sama)

72. "Love is an untamed force. When we try to control it, it destroys us. When we try to imprison it, it enslaves us. When we try to understand it, it leaves us feeling lost and confused." – Paulo Coelho

(Cinta adalah kekuatan yang tidak dapat dijinakkan. Ketika kita mencoba mengendalikannya, itu menghancurkan kita. Ketika kita mencoba untuk memenjarakannya, itu memperbudak kita. Ketika kita mencoba memahaminya, itu membuat kita merasa tersesat dan bingung)

73. "Love is like the wind, you can’t see it but you can feel it." – Nicholas Sparks

(Cinta itu seperti angin, kamu tidak bisa melihatnya tapi kamu bisa merasakannya)

74. "The best love is the kind that awakens the soul; that makes us reach for more, that plants the fire in our hearts and brings peace to our minds. That’s what I hope to give you forever." – Noah from The Notebook

(Cinta terbaik adalah jenis yang membangkitkan jiwa; yang membuat kita meraih lebih banyak, yang menyalakan api di hati kita dan membawa kedamaian di pikiran kita. Itulah yang saya harap dapat memberi Anda selamanya)

75. "A purpose of human life, no matter who is controlling it, is to love whoever is around to be loved." – Kurt Vonnegut

(Tujuan hidup manusia, siapa pun yang mengendalikannya, adalah mencintai siapa pun yang ada di sekitarnya untuk dicintai)

76. "Love is always patient and kind. It is never jealous. Love is never boastful or conceited. It is never rude or selfish. It does not take offense and is not resentful. Love takes no pleasure in other people’s sins, but delights in the truth. It is always ready to excuse, to trust, to hope, and to endure whatever comes." – 1 Corinthians 13:4-7

(Cinta itu selalu sabar dan baik hati. Ia tidak pernah cemburu. Cinta tidak pernah sombong atau sombong. Itu tidak pernah kasar atau egois. Itu tidak tersinggung dan tidak marah. Kasih tidak senang dengan dosa orang lain, tetapi senang akan kebenaran. Itu selalu siap untuk memaafkan, mempercayai, berharap, dan menanggung apa pun yang datang)

77. "Love is the strange bewilderment which overtakes one person on account of another person." – James Thurber

(Cinta adalah kebingungan aneh yang menimpa satu orang karena orang lain)

78. "One word frees us of all the weight and pain of life: that word is love." – Sophocles

(Satu kata membebaskan kita dari semua beban dan rasa sakit hidup: kata itu adalah cinta)

79. "True love stories never have endings." – Richard Bach

(Kisah cinta sejati tidak pernah berakhir)

80. "Love is the ultimate expression of the will to live." – Tom Wolfe

(Cinta adalah ekspresi tertinggi dari keinginan untuk hidup)

81. "Age does not protect you from love, but love to some extent protects you from age." – Jeanne Moreau

(Usia tidak melindungi Anda dari cinta, tetapi cinta sampai batas tertentu melindungi Anda dari usia)

82. "Love is never lost. If not reciprocated, it will flow back and soften and purify the heart." – Washington Irving

(Cinta tidak pernah hilang. Jika tidak dibalas, ia akan mengalir kembali dan melembutkan serta menyucikan hati)

83. "Love is the emblem of eternity; it confounds all notion of time; effaces all memory of a beginning, all fear of an end." – Madame de Stael

(Cinta adalah lambang keabadian; itu mengacaukan semua gagasan tentang waktu; menghapus semua ingatan akan sebuah awal, semua ketakutan akan sebuah akhir)

84. "Love is more than a noun – it is a verb; it is more than a feeling – it is caring, sharing, helping, sacrificing." – William Arthur Ward

(Cinta lebih dari kata benda – itu adalah kata kerja; itu lebih dari sekadar perasaan – itu adalah kepedulian, berbagi, membantu, berkorban)

85. "Kindness in words creates confidence. Kindness in thinking creates profundity. Kindness in giving creates love." – Lao Tzu

(Kebaikan dalam kata-kata menciptakan kepercayaan diri. Kebaikan dalam berpikir menciptakan kedalaman. Kebaikan dalam memberi menciptakan cinta)

86. "Love has nothing to do with what you are expecting to get–only with what you are expecting to give–which is everything." –Katharine Hepburn

(Cinta tidak ada hubungannya dengan apa yang Anda harapkan untuk dapatkan—hanya dengan apa yang Anda harapkan untuk diberikan—yang adalah segalanya)

87. "Where there is love there is life." –Mahatma Gandhi

(Di mana ada cinta di situ ada kehidupan)

88. "Whatever our souls are made of, his and mine are the same." –Emily Brontë

(Terbuat dari apa jiwa kita, jiwanya dan jiwaku adalah sama)

89. "It is a curious thought, but it is only when you see people looking ridiculous that you realize just how much you love them." –Agatha Christie

(Ini adalah pemikiran yang aneh, tetapi hanya ketika Anda melihat orang-orang terlihat konyol, Anda menyadari betapa Anda mencintai mereka)

90. "The greatest happiness of life is the conviction that we are loved; loved for ourselves, or rather, loved in spite of ourselves." –Victor Hugo

(Kebahagiaan terbesar dalam hidup adalah keyakinan bahwa kita dicintai; dicintai karena diri kita sendiri, atau lebih tepatnya, dicintai terlepas dari diri kita sendiri)

91. "In love there are two things– bodies and words." –Joyce Carol Oates

(Dalam cinta ada dua hal—tubuh dan kata-kata)

92. "There is always madness in love. But there is also always some reason in madness." –Friedrich Nietzsche

(Selalu ada kegilaan dalam cinta. Tetapi juga selalu ada alasan dalam kegilaan)

93. "Have enough courage to trust love one more time and always one more time." –Maya Angelou

(Memiliki cukup keberanian untuk mempercayai cinta sekali lagi dan selalu sekali lagi)

94. "Love is a fire. But whether it is going to warm your hearth or burn down your house, you can never tell." –Joan Crawford

(Cinta adalah api. Tapi apakah itu akan menghangatkan perapian Anda atau membakar rumah Anda, Anda tidak pernah tahu)

95. "When you realize you want to spend the rest of your life with somebody, you want the rest of your life to start as soon as possible." –Nora Ephron

(Ketika Anda menyadari bahwa Anda ingin menghabiskan sisa hidup Anda dengan seseorang, Anda ingin sisa hidup Anda dimulai sesegera mungkin)

96. "Never love anyone who treats you like you're ordinary." –Oscar Wilde

(Jangan pernah mencintai seseorang yang memperlakukanmu seperti kamu biasa saja)

97. "Love is something sent from heaven to worry the hell out of you." — Dolly Parton

(Cinta adalah sesuatu yang dikirim dari surga untuk mengkhawatirkanmu)

98. "Love is an irresistible desire to be irresistibly desired." — Robert Frost

(Cinta adalah keinginan yang tak tertahankan untuk diinginkan secara tak tertahankan)

99. "Life is the flower for which love is the honey." — Victor Hugo

(Hidup adalah bunga di mana cinta adalah madunya)

100. "We are most alive when we are in love." —John Updike

(Kita paling hidup ketika kita sedang jatuh cinta)

Kata-kata mutiara bijak tentang cinta Islami.

kata mutiara bijak tentang cinta © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

101. "Tetap saling menjaga satu sama lain untuk selalu dekat dengan Allah. Semoga kelak bersama-sama masuk surga."

102. " Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (QS Al-Baqarah 216)

103. "Allah pasti akan menggantikannya dengan yang lebih baik, jika kita merelakan dia dengan ikhlas karena Allah."

104. "Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri, karena hasil akhir dari semua urusan di dunia ini sudah ditetapkan oleh Allah. Jika sesuatu ditakdirkan untuk menjauh darimu, maka ia tak akan pernah mendatangimu. Namun jika ia ditakdirkan bersamamu, maka kau tak akan bisa lari darinya." (Umar bin Khattab)

105. "Pasangan paling bahagia di dunia ini tidak pernah memiliki sifat yang sama. Mereka hanya saling memahami dengan baik tentang perbedaan yang mereka miliki."

106. "Tak peduli seberapa baik atau buruknya hidupmu, bangunlah setiap pagi dan bersyukurlah bahwa kamu masih memilikinya."

107. "Allah menguji kita dengan sesuatu yang kita cintai, maka janganlah berlebihan mencintainya, agar saat sedih tidak berlebihan."

108. "Saat Allah mengambil satu kebahagiaan yang ada padamu, Allah juga menyiapkan kebahagiaan dalam bentuk yang lain."

109. "Perpisahan hanya berlaku untuk mereka yang mencintai lewat mata. Karena untuk mereka yang mencintai dengan hati dan jiwa, tak akan ada yang namanya perpisahan."

110. " Bila hijrahmu karena Allah, kamu akan terus melangkah walaupun sudah lelah." Kata-kata mutiara bijak tentang cinta, sederhana dan penuh makna.

111. "Janganlah pernah membuat seseorang menjadi jatuh cinta padamu, namun dirimu sendiri masih belum bisa memberikan hatimu padanya seutuhnya. Karena cinta sepihak itu sangat pedih."

112. "Cinta sejati bukan berarti tidak terpisahkan. Itu hanya berarti dipisahkan, namun tidak ada yang berubah."

113."Jangan pernah menangis untuk seseorang yang menyakitimu. Tersenyumlah dan katakan 'terima kasih' karena dia telah memberimu kesempatan untuk menemukan seseorang yang lebih baik."

114. "Beberapa dari kita berpikir dengan bertahan akan membuat kita kuat. Tapi terkadang, justru dengan melepaskan justru membuat kita jadi kuat." (Herman Hesse)

115. "Jika kamu mencintai seseorang, bebaskanlah mereka. Jika mereka kembali maka ia milikmu. Jika tidak, tinggalkanlah."

116."Katakanlah "Aku tidak perlu pernyataan cintamu, yang aku butuhkan adalah kamu mencintaiku." (Cak Nun)

117. "Cinta tak pernah gagal panen. Karena bahagia dan sedih itulah hasil permanen." (Moammar Emka)

118. "Cinta terjadi begitu singkat, namun melupakan memakan waktu begitu lama.(Pablo Neruda)

119. "Berhati-hatilah terhadap cinta. Ini akan memutar memutar balikan otakmu dan membuatmu berpikir yang atas itu bawah dan yang benar itu salah." (Rick Riordan)

120. "Jangan pernah memilih seseorang menjadi prioritasmu ketika bagi mereka kamu hanyalah pilihan cadangan." (Maya Angelou)

(brl/lea)

RECOMMENDED BY EDITOR