Brilio.net - Pencerahan berupa jawaban atas persoalan hidup bisa datang dari mana saja. Salah satu pencerahan yang dapat menenangkan hati dan pikiran berasal dari kata kata motivasi bertajuk Islami. Kata motivasi kerja Islam bisa kamu jadikan panutan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebuah kalimat bijak yang berunsur agama seringkali mampu melegakan hati yang gundah karena di dalamnya terdapat pesan-pesan yang menyejukkan jiwa. Saat jiwa tenang, maka otak pun bisa lebih mudah berpikir.

Berbagai pelajaran dari Alquran, Hadist Nabi Muhammad SAW, hingga berbagai kata bijak dari tokoh Islam lainnya dapat menjadi motivasi dalam menjalani kehidupan. Sebagai umat Islam, sudah selayaknya bijak dalam berkata-kata dan berbuat. Sebab semua perbuatan yang kamu lakukan akan mendapatkan balasannya di yaumul akhir.

Dengan membaca kata-kata motivasi islami ini, siapa tahu tak hanya mendapat jawaban dari kegelisahan hidup yang sedang dialami, tetapi kita juga bisa terdorong untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Kamis (20/7).

Kata-kata motivasi kerja islami.

Kata-kata motivasi kerja Islami © berbagai sumber

foto: Instagram/@rindutenang

1. "Sesulit apapun masalah yang kita hadapi saat ini, ia bukan sesuatu yang harus dihindari, tetapi harus diselesaikan."

2. "Hubungkan semua urusan hanya pada Allah agar semua yang susah menjadi mudah; semua urusan berkah, berkah, berkah."

3. "Janganlah kau tuntut Tuhanmu karena tertundanya keinginanmu. Tetapi tuntutlah dirimu sendiri karena engkau telah menunda adabmu kepada Allah." -Ibnu Atha’illah.

4. "Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." -Ibnu Qayyim Al Jauziyyah.

5. "Kekayaan bukanlah dengan banyaknya harta, namun kekayaan adalah hati yang selalu merasa cukup."

6. "Jangan mati-matian menghias diri untuk menjadi sesempurna mungkin. Padahal yang kamu harus selalu jaga dan perbaiki adalah kualitas diri bukan kualitas fisik."

7. "Untuk mendapatkan apa yang diinginkan, kau harus bersabar dengan apa yang kau benci." -Imam Ghazali.

8. "Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini." – Ali bin Abi Thalib.

9. "Dari mana datangnya inspirasi, dari visi turun ke kerja keras tanpa henti. Tak sedikit orang bervisi, tapi segelintir yang mampu menggerakkan banyak pribadi." - Najwa Shihab.

10. "Saat kita masih diberi kesempatan bangun di pagi hari, itu berarti Tuhan masih memberi kesempatan kepada kita untuk melakukan pekerjaan yang harus kita lakukan."

11. "Mengapa lelah? Sementara Allah selalu menyemangati dengan hayya ‘alash shalaah & hayya ‘alal falaah; bahwa jarak kemenangan hanya berkisar antara kening dan sajadah."

12. "Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini." –Ali bin Abi Thalib.

13. "Dunia ini hanya memiliki tiga hari: Hari kemarin, ia telah pergi bersama dengan semua yang menyertainya. Hari esok, kamu mungkin tak akan pernah menemuinya. Hari ini, itulah yang kamu miliki, maka beramallah di hari ini." –Hasan al Bashri.

14. "Hidup adalah sebuah perjalanan, yakni perjalanan dari Allah yang kemudian kembali lagi kepada Allah."

15. "Kehidupan itu cuma dua hari. Satu hari berpihak kepadamu dan satu hari melawanmu. Maka pada saat ia berpihak kepadamu, jangan bangga dan gegabah; dan pada saat ia melawanmu bersabarlah. Karena keduanya adalah ujian bagimu." –Ali bin Abi Thalib.

16. "Apa yang ada di dunia ini tidak lain hanyalah mimpi yang dialami oleh orang yang sedang tidur? Dia merasakan kesenangan di dalamnya selama beberapa saat, dan kemudian terbangun untuk menghadapi kenyataan." –Hasan Al-Bashri.

17. "Dunia ini penjara bagi orang beriman dan surga bagi orang kafir."

18. "Yang paling besar di bumi ini bukan gunung dan lautan, melainkan hawa nafsu yang jika gagal dikendalikan, maka kita akan menjadi penghuni neraka." -Abu Hamid Al Ghazali.

19. "Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita."- QS. At-Taubah 40

20. "Ketika terbukti salah, orang bijak akan memperbaiki dirinya sendiri dan orang yang bodoh akan terus berdebat." –Ali bin Abi Thalib

Kata-kata motivasi kerja bikin semangat.

Kata-kata motivasi kerja Islami © berbagai sumber

foto: Instagram/@arent.354

21. "Kerja itu sebuah kenikmatan yang tiada terkira rasanya. Tapi banyak orang yang malas bekerja karena dirinya tidak mau merasakan kenikmatan tersebut."

22. "Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita." - QS. At-Taubah: 40.

23. "Siapa pun yang bekerja untuk menghindarkan dirinya dari meminta-minta, maka ia berada di jalan yang diridai oleh Allah."

24. "Jadikan pagi hari sebagai puncak semangat kerjamu. Malam hari sebagai puncak dari doa-doamu."

25. "Jalan untuk mendapatkan kesuksesan memang banyak. Namun untuk mendapatkan harta yang berkah kamu perlu racikan khusus untuk itu yakni doa dan kerja keras."

26. "Kami telah membuat waktu siang untuk mengusahakan kehidupan (bekerja)." - QS. An-Naba: 11.

27. "Apabila niat bekerjamu hanya mencari kemewahan dunia, hatimu tidak mungkin merasakan ketentraman hidup."

28. "Sebaik-baik pekerjaan ialah usahanya seseorang pekerja apabila ia berbuat sebaik-baiknya (profesional)." -HR. Ahmad.

29. "Menjual kayu bakar lebih baik daripada mengemis." - HR. Bukhari.

30. "Jika benar kalian bertawakal pada Allah, Ia akan memberikan kalian rezeki sebagaimana burung yang pergi dalam keadaan lapar dan pulang dengan perut kenyang." - HR. Tirmidzi.

31. "Keadaan yang paling aku senangi setelah berjihad di jalan Allah adalah maut datang menjemputku ketika aku sedang mencari karunia Allah (bekerja)." - HR. Sa’id bin Manshur.

32. "Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." - Jalaludin Rumi.

33. "Jangan pernah mengeluh karena lelah. Lelahnya seorang muslim merupakan kafarat penebus untuk dosa-dosa."

34. "Allah akan mencukupi orang yang bertawakal." QS. At-Thalaq: 3.

35. "Setiap napas baru yang Allah izinkan untuk kamu ambil bukan hanya berkah, tetapi juga tanggung jawab."

Kata-kata motivasi Islam melegakan hati.

Kata-kata motivasi kerja Islami © berbagai sumber

foto: Instagram/@diary.nasihat

36. "Orang berilmu pengetahuan ibarat gula yang mengundang banyak semut. Dia menjadi cahaya bagi diri dan sekelilingnya." -Abdullah Gymnastiar.

37. "Jangan melibatkan hatimu dalam kesedihan atas masa lalu atau kamu tidak akan siap untuk apa yang akan datang." –Ali bin Abi Thalib.

38. "Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya." –Q.S At-Talaq: 4.

39. "Tidak ada yang bisa membawakanmu kebahagiaan sejati selain Allah."

40. “Kadang-kadang Allah menginginkan tingkat Jannah (surga) tertentu untuk seseorang; dan ketika perbuatan baik mereka sendiri tidak bisa mendapatkannya di sana, ia memberi mereka kesulitan."

41. "Yang terbaik dari orang berdosa adalah mereka yang bertobat."- Nabi Muhammad SAW

42. "Ketika kamu memperlakukan orang dengan baik, orang-orang yang sama itu mungkin tidak memperlakukanmu dengan cara yang sama. Tetapi jika kamu memperhatikan, kamu akan melihat bahwa Allah telah mengirim orang lain yang memperlakukanmu dengan lebih baik." -Omar Suleiman.

43. “Allah tidak bermaksud membuat kesulitan untukmu, tetapi Dia bermaksud untuk menyucikanmu dan melengkapi kebaikan-Nya agar kamu bersyukur.” -Alquran 5: 6.

44. "Jangan mendurhakai Allah demi orang yang kamu cintai karena hati orang yang kamu cintai ada dalam kendali Dia yang kamu langgar."

45. "Isi hatimu dengan iman dan itu akan menjadi tempat paling damai di bumi."

46. "Berusaha keras untuk menghilangkan rasa sakit orang lain adalah esensi sejati dari kemurahan hati." -Abu Bakar.

47. "Orang yang paling penyayang adalah orang yang memaafkan ketika dia bisa membalas dendam." -Imam Husain.

48. "Seseorang dapat menghancurkan hatimu dan merusak harga dirimu, tetapi jangan pernah memberi mereka kekuatan untuk menghancurkan Imanmu." -Umar Ibn Al-Khattab.

49. "Sebelum tidur setiap malam, maafkan semua orang dan tidur dengan hati yang bersih."

50. "Ketika hal-hal terlalu sulit untuk ditangani, mundurlah dan hitung berkat-berkat yang telah kamu peroleh.