Brilio.net - Dalam ajaran agama Islam, kata hijrah dimaknai sebagai perpindahan fisik seperti hijrahnya Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah. Selain itu, kata hijrah juga dapat dimaknai secara psikis, pikiran, dan hal immaterial lainnya. Singkatnya hijrah adalah perpindahan hidup dari hal-hal yang negatif ke hal-hal yang positif.

Saat ini, banyak orang mengampanyekan soal hijrah. Ya, berhijrah tengah menjadi tren di kalangan masyarakat hingga selebritas. Hijrah juga kerap diartikan sebagai proses memperbaiki diri dan banyak dilakukan oleh remaja. Biasanya mereka memulai dengan menutup aurat pada wanita, seperti belajar mengenakan kerudung dan meninggalkan pakaian-pakaian ketat, rajin mengikuti kajian-kajian Islami, memanjangkan jenggot bagi pria, dan lain sebagainya yang tentu saja harus diikuti dengan niat karena Allah.

Untuk berhijrah, dibutuhkan pengorbanan yang besar dalam prosesnya. Sebab jika niat tak bulat belum tentu seseorang yang tengah melewati proses hijrah mampu melaluinya. Pasalnya berbagai hambatan, rintangan, dan godaan sering kali menghampiri dan menguji niat seseorang ketika berhijrah. Tetapi satu hal yang perlu disadari adalah bahwa di balik setiap kesulitan tersebut tersimpan makna dan kebaikan yang banyak.

Biasanya ketika orang memutuskan untuk berhijrah, ia juga dituntut untuk istiqomah atau tetap taat di jalan Allah. Ini tentu bukanlah hal yang mudah. Butuh niat yang ikhlas untuk menjalankannya.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Nah, supaya niat untuk berhijrah tidak setengah-setengah, kamu butuh motivasi untuk tetap istiqomah. Berikut kata-kata motivasi hijrah dan istiqomah, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (9/11).

Kata-kata motivasi hijrah, penuh makna dan bijak.

kata motivasi hijrah dan istiqomah © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@annsyamaulda_

1. "Di balik kata istiqomah ada perjuangan yang kuat, pengorbanan yang banyak, dan doa yang tidak pernah berhenti."

2. "Hijrah itu tidak mudah karena hadiahnya surga. Tetap melangkah, jangan menyerah, apalagi berbalik arah."

3. "Teruslah berlari, teruslah berjalan, teruslah merangkak karena setiap usaha kita Allah selalu melihatnya."

4. "Berhijrah itu tidak susah, susah itu hanya ada dalam pikiran kita."

5. "Bukan ingin menjadi lebih baik dari orang lain, tapi aku hanya ingin lebih baik dari diriku yang dulu."

6. "Istiqomah itu berat, yang ringan namanya istirahat."

7. "Datangnya kematian tidak menunggu kamu istiqomah. Namun, istiqomahlah sambil menunggu datangnya kematian."

8. "Terima kasih telah memberi luka. Ku jadikan luka ini sebagai pintu hijrahku."

9. "Hijrah adalah memperbaiki diri agar menjadi penyabar bukan pencibir, agar menjadi menyapa bukan pencela."

10. "Aku mencari segala bentuk rezeki tetapi aku tidak menemukan rezeki yang lebih baik daripada sabar." - Umar bin Khatab

11. "Hijrah itu bukan tentang menyempurnakan diri, tapi tentang memperbaiki diri."

12. "Hijrah bukan hanya butuh 'proses', tapi juga butuh 'progres'."

13. "Kagum terhadap kuasa yang Allah SWT berikan itu tanda-tanda cinta yang kau baru ketahui."

14. "Aku percaya, takdir Allah pastilah yang terbaik untukku, dan untukmu juga."

15. "Kejarlah dunia karena agama. Tetapi jangan kejar dunia sehingga lupa untuk memilih mana surga dan neraka."

16. "Jangan salahkan orang ketika kamu kecewa, tapi salahkan dirimu sendiri karena terlalu berharap sesuatu yang belum pasti."

17. "Waktu takkan pernah bisa diputar balik. Maka tunggu apa lagi, cepatlah menjadi baik."

18. "Tak ada kata lelah, yang ada hanya Lillah. Takkan menyerah, tersebab Billah. Ringanlah masalah, teringat ada Allah. Teruslah melangkah, semata-mata Fillah."

19. "Hijrah karena Allah akan menumbuhkan rasa istiqomah perlahan-lahan."

20. "Istiqomah itu tidak mudah untuk menjaganya, bahkan tak jarang engkau harus mengeluarkan air mata."

Kata-kata motivasi hijrah dan istiqomah, penuh inspirasi.

kata motivasi hijrah dan istiqomah © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@adesmuhammadrapprian

21. "Jadi diri sendiri memang baik, tapi berubah menjadi lebih baik dari kita yang dulu mungkin akan jauh lebih baik." - Anonim

22. "Bersyukur masih dikasih waktu oleh Allah. Tidak semua orang diberikan cukup waktu untuk berubah menjadi lebih baik."

23. "Berpikir positif dan bersyukur atas apa yang sudah kamu miliki, perlahan tapi pasti hidup kamu akan berubah menjadi lebih baik."

24. "Berubahlah untuk masa depanmu yang lebih baik, bukan untuk menyenangkan orang lain. Kepalsuan tidak akan bertahan lama."

25. "Terkadang, Tuhan menghilangkan sesuatu yang sangat berarti dari genggamanmu, agar kamu menyadari kesalahan dan berubah menjadi lebih baik. - Anonim

26. "Jangan berputus asa, Allah tak akan mengecewakan hamba-Nya yang ingin memperbaiki diri. - Ust. Hanan Attaki

27. "Karena seseorang, kita bisa berubah, maka dari itu bergaulah dengan orang orang baik."

28. "Jangan asal berubah, tetapi perhatikan juga arahnya. Arah perubahan yang terbaik adalah menuju ke jalan yang lebih baik."

29. "Kalau kita ingin berubah menjadi lebih baik karena Allah maka Allah akan mengantar orang-orang baik untuk kita."

30. "Berubah menjadi pribadi yang baik, yang menguntungkan diri sendiri dan orang lain, jangan besarkan egomu."

31. "Tetaplah istiqomah pasti akan indah pada waktunya."

32. "Berbuat salah itu wajar, karena mereka yang tak pernah berbuat salah adalah mereka yang tak pernah mencoba sesuatu yang baru."

33. "Berpikir positif dan bersyukur atas apa yang sudah kamu miliki, perlahan tapi pasti hidup kamu akan berubah menjadi lebih baik."

34. "Jalan Allah itu panjang, akan tetapi kita menempuhnya layaknya kura-kura dan tujuannya bukanlah dengan engkau sampai pada ujung jalannya, tetapi tujuannya ialah dengan engkau mati di atas jalan tersebut." - Syaikh al-Albaniy

35. "Hijrah karena Allah akan menumbuhkan rasa istiqomah perlahan-lahan."

36. "Biarlah kita terlihat jahat oleh orang lain, asalkan kita tak berpura-pura menjadi baik walaupun masa silam kita gelap. Sekurangnya kita ada usaha untuk berubah."

37. "Berubah itu sukar, tapi yang lebih sukar adalah beristiqomah dengan perubahan diri, hanya yang berkeazaman kukuh teguh meneruskan."

38. "Shalihah, selipkan doa untukku dan para muslimah pejuang tangguh, agar tetap istiqomah bersama-sama menggapai jannah-Nya."

39. "Seseorang mungkin saja berubah tanpa kau sadari, itu jauh lebih baik daripada kau yang memintanya."

40. "Istiqomah itu sulit. Ikhlas itu berat. Kenapa? Karena balasannya surga, sebab itulah iman yang terbaik."

Kata-kata motivasi hijrah dan istiqomah, singkat dan terbaik.

kata motivasi hijrah dan istiqomah © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@diary03l_

41. "Hijrah itu berat, namun kita akan terbiasa. Jangan menyerah hanya karena cibiran orang. Jangan didengar! Lebih baik dengar saja seruan Allah."

42. "Hijrah kadang membuat kita ditinggalkan banyak orang. Harusnya tidak mengapa, karena hijrah hanya butuh Allah, bukan tepuk tangan gempita dan apresiasi atas perubahan."

43. "Telah kusadari bahwa yang berat itu istiqomah, bukan rindu."

44. "Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." – QS. Ar-Ra’d: 11

45. "Jika kesabaran sudah di tangan, maka berbagai hinaan dan cacian yang mereka lontarkan hanya akan terasa bagai debu kecil yang beterbangan."

46. "Jika kita berhijrah untuk mendapatkan jodoh terbaik, hijrah kita terbatas, hanya akan berhenti setelah bertemu dan menikahinya. Namun jika kita berhijrah untuk Allah, karena mengharap rida Allah, maka hijrah kita tak akan mengenal batas."

47. "Niat baik memang tidak selalu diterima dengan baik. Tapi akan selalu menemui akhir yang baik."

48. "Hijrah tidak akan terhenti hingga tertutupnya pintu taubat. Dan pintu taubat tidak akan terhenti hingga matahari terbit dari barat." – HR. Abu Dawud

49. "Hijrah bukan berarti kamu tidak lagi menjadi diri sendiri. Karena kamu tetap menjadi diri sendiri dengan keadaan yang lebih baik daripada sebelumnya."

50. "Jika ingin berubah menjadi lebih baik, bismillah dan berubahlah. Tak perlu tergesa-gesa, karena semua ada prosesnya. Sedikit demi sedikit pun tak apa, yang terpenting istiqomah."

Kata-kata motivasi hijrah dan istiqomah untuk muslimah.

kata motivasi hijrah dan istiqomah © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

51. "Islam memuliakan wanita laksana raja yang menerima ratu, ibu yang menyayangi domba, dan Tuhan yang melawan hamba-Nya."

52. "Wanita muslimah yang baik akhlaknya dan bijak pembawaannya laksana mutiara di langit ketujuh, tak sembarang orang bisa melihat dan menyentuhnya.”

53. "Wanita adalah tiang negara, jika baik wanitanya baik pula negara itu, tetapi jika jelek wanitanya, maka jelek juga negara itu.” - Nabi Muhammad SAW

54. "Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah istri yang sholehah." - Nabi Muhammad SAW dari HR Muslim

55. "Pria mengimpikan wanita sempurna. Wanita menginginkan pria sempurna. Mereka tidak tahu bahwa Allah menciptakan mereka untuk menyempurnakan satu sama lain." - Ahmad Al Shugairi

56. "Jika seorang istri mengerjakan sholat 5 waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya, menaati suaminya, niscaya akan dikatakan kepadanya, 'Masuklah ke surga'." - HR. Ahmad

57. "Setiap ibu adalah madrasah bagi anak-anaknya.”

58. "Wanita muslimah adalah berliannya Islam. Tak ada seorang pun yang akan mengungkapkan berlian mereka kepada orang asing."

59. "Wanita muslimah menggunakan mulutnya untuk mengatakan kebenaran, suaranya untuk kebaikan, telinganya untuk welas asih, dan hatinya untuk mencintai mereka yang tidak menyukainya."

60. "Jadilah muslimah yang memiliki dua kecantikan, cantik luar yang dilindungi hijab syar’i. Cantik dalam yang dihiasi akhlak terpuji.”

61. "Wanita muslimah yang baik akhlaknya dan bijak pembawaannya laksana mutiara di langit ke tujuh, tak sembarang orang bisa melihat dan menyentuhnya."

62. "Wanita seharusnya tidak seperti bulan yang setiap orang bisa melihatnya tanpa tertutupi apa pun, tapi wanita seharusnya menjadi seperti matahari yang membuat mata tertunduk sebelum melihatnya."

63. "Allah menjadikanmu seorang muslimah karena Ia ingin melihatmu di surga, yang perlu kamu lakukan adalah kamu pantas untuk itu."

64. "Islam memperlakukan wanita dengan hormat dan bermartabat. Maka jangan mau menerima apa pun yang lebih rendah dari itu."

65. "Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan, pasti akan datang kemudahan." (HR. Tirmidzi)

66. "Hijab tak sekadar pelindung bagi wanita melainkan menggambarkan seberapa besar kekuatan dan keindahannya."

67. "Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas, dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit."

68. "Mengapa wanita muslimah harus memakai hijab? Karena kecantikan mereka adalah untuk pria (suami) mereka, bukan untuk semua orang."

69. "Orang yang kuat bukanlah dia yang tidak pernah menangis, tetapi orang yang terus istiqomah di tengah godaan."

70. "Wahai saudariku, suatu hari nanti tubuhmu akan ditutupi kain dari ujung kepala hingga ujung kaki. Jangan biarkan hari terakhirmu di bumi menjadi hari pertamamu memakai hijab."

71. "Hijab bukan hanya tentang apa yang kamu kenakan, tapi juga tentang sikap dan ucapan."

72. "Seorang pria yang akan membimbing Anda kepada Allah dan bukan ke jalan penuh dosa selalu layak dinanti kehadirannya."

73. "Mencintai dengan sungguh-sungguh memberikan kebahagiaan di hati kita. Mencintai karena Allah kita mendapat nilai ibadah dan kebahagiaan yang lebih."

74. "Para ekstremis takut dengan buku dan pena. Kekuatan pendidikan membuat mereka takut. Mereka takut pada perempuan." - Malala Yousafzai

75. "Wanita itu sama seperti bunga. Mereka harus diperlakukan dengan lembut, baik, dan penuh kasih sayang." - Ali bin Abi Thalib

Kata-kata motivasi hijrah dan istiqomah menutup aurat.

kata motivasi hijrah dan istiqomah © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

76. "Kewajiban menutup aurat dimulai ketika kita sudah baligh, bukan menunggu saat kita sudah baik."

77. "Hijab itu awal perbaikan. Berhijablah sambil terus memperbaiki hati dan perilaku."

78. "Muslimah berhijab bukan malaikat, namun ia sedang proses menuju taat."

79. "Satu langkah anak perempuan keluar dari rumah tanpa menutup aurat, maka satu langkah juga ayahnya mendekat ke dalam derasnya api neraka."

80. "Rasulullah SAW pernah ditanya, 'Wanita seperti apa yang paling baik?' Rasulullah menjawab, 'Wanita terbaik adalah yang ketika kamu melihatnya kamu merasa bahagia'." – Hadits

81. “Jika semua orang tahu status sesungguhnya seorang wanita Muslimah dalam Islam, pria pun pasti ingin menjadi wanita.” – Syaikh Akram Nadawi

82. "Biasakanlah anak perempuan memakai hijab syar’i sejak kecil. Sehingga saat dewasa sudah terbiasa dan tidak canggung untuk berhijab syar’i."

83. "Berhijab memungkinkan engkau dipilih karena iman, bukan karena fisik."

84. "Jadilah muslimah yang memiliki dua kecantikan, cantik luar yang dilindungi hijab syar'i. Cantik dalam yang dihiasi akhlak terpuji."

85. "Wanita berhijab bukan berarti baik. Namun, wanita baik pasti berhijab."

86. "Menutup aurat dan menggunakan hijab adalah identitas sebagai wanita muslim. Maka jangan kamu menyerupai kaum agama lain."

87. "Tutup rapatnya semua auratku bukan berarti aku suci tanpa dosa. Hanya ingin taat pada-Nya, dan menutup satu pintu dosa yang biasa dilakukan wanita."

88. "Ayo tutup aurat dengan berhijab sebelum jadi mayat dan mendapat azab."

89. "Jika membuka aurat adalah gaya modern, maka binatang sudah lebih modern daripada manusia."

90. "Menutup aurat tak butuh banyak alasan. Sebab, Malaikat Izrail pun tak butuh banyak alasan untuk mengambil nyawamu kapan pun dan di mana pun."

Kata-kata motivasi hijrah dan istiqomah dalam beribadah.

kata motivasi hijrah dan istiqomah © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@mustikadewic

91. "Takutlah kamu akan perbuatan dosa di saat sendirian, di saat inilah saksimu adalah juga hakimmu." - Ali bin Abi Tholib

92. "Datangnya kematian tidak menunggu hingga kamu akan menjadi lebih baik. Jadilah orang baik dan tunggulah kematian." - Habib Ali Zainal Abidin

93. "Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." - Ibnu Qayyim Al Jauziyyah

94. "Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu." - Ali bin Abi Thalib

95. "Menuntut ilmu adalah taqwa. Menyampaikan ilmu adalah ibadah. Mengulang-ulang ilmu adalah zikir. Mencari ilmu adalah jihad." - Abu Hamid Al Ghazali

96. "Kenyang itu akan membuat badan jadi berat, mengeraskan hati, menghilangkan kecerdasan, mengajak tidur dan melemahkan ibadah." - Imam Syafi'i

97. "Jagalah sholatmu. Karena ketika kamu kehilangannya, kamu akan kehilangan yang lainnya." - Umar bin Khattab

98. "Yang indah itu sholat, dan yang dekat itu mati." - Imam Ghazali

99. "Hidup tanpa beribadah. Seperti berlayar tanpa arah. Seperti berlabuh tanpa pijakan. Sungguh sangat menyedihkan." - Stephen Covey

100. "Beribadah dengan benar hidup tanpa memaknainya sebagai ibadah ibarat hidup tanpa pondasi yang kuat, beribadah dengan benar membuat kita semakin tawadhu." - Aa Gym

101. "Apalah artinya kita rajin beribadah bila tidak dibarengi dengan akhlak yang baik." - Aa Gym

102. "Ada dua hal yang jika keduanya baik pada diri seorang hamba, akan baik pula selainnya. Dua hal tersebut adalah shalatnya dan lisannya." - Yunus bin Ubaid

103. "Jika kaki yang kamu miliki saja tidak bisa membawamu mendatangi shalat, lalu bagaimana kamu mengharapkan kakimu itu akan membawamu ke surga?" - Dr Bilal Philips

104. "Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak." - HR Ahmad

105. "Datangnya kematian tidak menunggu hingga kamu akan menjadi lebih baik. Jadilah orang baik dan tunggulah kematian." - Habib Ali Zainal Abidin

(brl/vin)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/vin)