Brilio.net - Dalam perjalanan hidup, selalu ada kisah menarik yang mengiringi. Manis dan pahitnya pengalaman, akan memberikan banyak kenangan berharga. Meski tak semua berjalan mulus, namun setiap cerita yang hadir akan memberikan kesan yang membekas.

Dengan masa lalu itu, kamu juga bisa lebih memahami mengenai banyak hal penting yang hadir dalam hidup. Maka dari itu, jangan sesali apa yang sudah terjadi. Karena setiap hari akan selalu ada nilai penting yang bisa kamu ambil.

Kehadiran masa lalu mungkin menjadi hari yang sulit dalam hidupmu. Namun mau tak mau, kamu harus melalui itu untuk merasakan ketenangan dan juga rasa nyaman. Tak sedikit juga yang harus diperjuangkan dalam masa lalu. Namun jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka akan ada hasil baik yang menunggumu. Jadi jangan ragu untuk belajar dari masa lalu. Karena ia akan menjadi guru terbaik yang akan selalu mengiringimu.

Untuk menambah ketenangan, simak kata-kata bijak mengenai masa lalu dalam ulasan brilio.net dari berbagai sumber berikut, Senin (14/12).

Kata-kata bijak tentang masa lalu kehidupan.

Kata-kata bijak tentang masa lalu   © freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

1. "Masa lalu adalah kenangan terbaik yang membawamu dalam kemenangan."

2. "Masa lalu tak hanya memberikan kenangan. Namun juga mengenalkanmu akan makna kehidupan."

3. "Berterimakasihlah pada masa lalu. Karenanya kamu bisa lebih memahami apa yang harus kau hindari."

4. "Masa lalu mengajarkan arti untuk memahami, mengikhlaskan, dan melaju menuju masa depan."

5. "Setiap dari kita adalah masa lalu bagi orang lain."

6. "Jangan ragu untuk menengok masa lalu. Di situlah kau belajar akan arti kehidupan."

7. "Setiap hari adalah calon masa lalu di masa depan. Baik atau buruk akhir dari perjalanan itu bergantung pada sikapmu."

8. "Jangan sesali masa lalu. Ingat, semua yang terjadi lahir dari sebuah keputusan."

9. "Jangan salahkan masa lalu dalam hidupmu. Tanpanya kau tak akan bisa membandingkan dengan kehidupan saat ini."

10. "Pahitnya masa lalu mengenalkanmu pada cara untuk bekerja keras dan lebih bersyukur."

11. "Masa lalu boleh kita kenang dengan satu syarat, kenangan tersebut bisa memberdayakan kita, bukan menjatuhkan kita!"

12. "Kemarin kenangan dan pelajaran, hari ini tantangan yang harus terselesaikan dan esok adalah tantangan baru untuk memulai kehidupan yang lebih baik."

13. "Jika kehidupan membuat diri menangis, ingat ada ribuan kenangan indah yang membuat kita tersenyum."

14. "Istirahatlah ketika kau merasa lelah. Karena hidup tak hanya tentang hari kemarin, namun juga untuk hari ini dan esok."

15. "Simpan masa lalumu sebagai pelajaran. Semakin kau membawanya, semakin berat untuk menuju masa depan."

16. "Berterimakasihlah pada masa lalu. Ia mempertemukanmu pada seseorang yang pernah berarti dalam hidupmu."

17. "Hal yang mungkin bisa membuatmu belajar, yaitu kenangan, kesedihan hati, dan kegagalan."

18. "Bersyukurlah karena Tuhan memberikan kenangan, karena itulah kita juga bisa belajar tuk dapat lebih dewasa karenanya."

19. "Kemarin adalah kenangan, esok adalah apa yang akan dicapai, hari ini adalah kenyataan yang harus dijalani dengan sebaik-baiknya."

20. "Kebahagiaan adalah seni bagaimana melepaskan kenangan pahit yang telah menjadi masa lalu di pikiran kamu."

Kata-kata bijak tentang masa lalu cinta.

Kata-kata bijak tentang masa lalu   © freepik.com

foto: freepik.com

21. "Cinta memang memberikan kenangan indah, tapi cinta juga memberikan luka yang akan selalu menjadi kenangan."

22. "Yang indah hanya sementara, yang abadi adalah kenangan yang ikhlas hanya dari hati dan yang tulus hanya dari sanubari."

23. "Ketika hati masih menginginkan seseorang di masa lalu kembali dengan kenangan indah dulu, lihatlah bahwa hidup maju untuk masa depan."

24. "Biarkan yang lalu menjadi kenangan dan pengalaman, karena masa depan masih menanti perjuangan dan kemantapan diri kita."

25. "Setiap malam aku disadarkan bahwa ujian terbesar cinta itu bukan kehilangan tapi kerinduan akan kenangan yang takkan pernah terulang."

26. "Masa lalu memang menyimpan banyak kenangan, namun itu bukan alasan untuk tidak terus melangkah ke depan."

27. "Kisah kita dahulu memang benar-benar tak akan bisa terlupakan. Namun kan selalu ku ingat dan ku kenang, meski luka semakin terasa sakit saat mengenangnya."

28. "Mungkin tak sulit melupakan orang yang pernah tertawa bersama kita. Tapi sulit rasanya melupakan orang yang pernah menangis bersama kita."

29. "Kita memang tak lagi sejalan, namun kenangan kita yang takkan mungkin bisa terlupa. Kenangan itulah yang membuat ku masih merindukanmu sampai saat ini."

30. "Kita hanya perlu jeda untuk tidak lagi merasakan luka."

31. "Untuk bisa bersama perlu keteguhan yang luar biasa dari sebelumnya. Jadi jangan jadikan perpisahanmu adalah sebuah akhir dari segala bentuk pelayaran, tapi jadikan ia sebagai awal kisah baru yang lebih indah dari sebelumnya."

32. "Waktu akan terus berlalu meski duniamu tak mengizinkan itu, tapi Tuhan punya rencananya sendiri. Jangan terlalu meratapi sebuah kata pisah karena sebabnya akan ada sapaan yang datang dan akan lebih indah."

33. "Coba belajarlah kepada senja, karena dia mengajarkan bahwa sesuatu yang terlihat indah sebagian hanya sementara, karena tak ada yang abadi."

34. "Cinta yang tak mungkin kembali adalah kesakitan abadi, yang mungkin butuh waktu lama untuk penyembuhan. Sebagaimana rindu yang tak kunjung temu meski bagaimanapun caranya hanya akan melukis duka."

35. "Perpisahaan selalu mengajarkan kita untuk menghargai, bahwa setiap detik bersama orang yang kita cintai adalah anugerah yang tidak boleh kita sia-siakan."

Quotes tentang masa lalu dari para tokoh.

Kata-kata bijak tentang masa lalu   © freepik.com

foto: freepik.com

36. "Ada cara untuk melihat masa lalu. Jangan bersembunyi darinya. Itu tidak akan menyergapmu- jika kamu tidak mengulanginya." - Tony Campolo

37. "Semoga Anda melihat kembali masa lalu dengan kesenangan sebanyak yang Anda harapkan di masa depan." - Paul Dickson

38. "Memikirkan masa lalu hanya akan membutakan Anda ke masa depan." - Andrew Boyd

39. "Tidak apa-apa untuk melihat kembali masa lalu Anda. Hanya saja, jangan menatap." - Benjamin Dover

40. "Masa lalu harus menjadi batu loncatan, bukan sebuah hammock." - Ivern Ball

41. "Jangan merenungkan masa lalu, tetapi jangan lupakan masa lalu juga." - Thomas H. Raddal

42. "Untuk melupakan masa lalu, Anda harus menerima bahwa Anda telah melampauinya." - Ruth

43. "Kita bisa mengambil pelajaran dari masa lalu, tetapi kita tidak bisa hidup di dalamnya." - Lyndon B. Johnson

44. "Masa lalu adalah definisi kita. Kita mungkin berusaha, dengan alasan yang baik, untuk menghindarinya, atau untuk melarikan diri dari apa yang buruk di dalamnya, tetapi kita akan menghindarinya hanya dengan menambahkan sesuatu yang lebih baik padanya." - Wendell Berry

45. "Masa lalu terikat pada punggung kita. Kita tidak harus melihatnya; kita selalu bisa merasakannya." - Mignon McLaughlin

46. "Apa pun yang kita pikirkan tentang masa lalu, kita tidak harus menjadi tawanan terhadapnya." - Barrack Obama

47. "Beberapa pelajaran terbaik yang pernah kita pelajari, dipelajari dari kesalahan masa lalu. Kesalahan masa lalu adalah kebijaksanaan dan kesuksesan masa depan." - Dale Turner

48. "Masa lalu berbicara kepada kita dalam ribuan suara, peringatan dan penghiburan, menjiwai dan menggerakkan untuk bertindak." - Felix Adler

49. "Jangan biarkan kemarin menghabiskan terlalu banyak hari ini." - Will Rogers

50. "Masa lalu saya tidak mendefinisikan saya, menghancurkan saya, menghalangi saya, atau mengalahkan saya; itu hanya menguatkan saya." - Steve Maraboli

RECOMMENDED BY EDITOR