Brilio.net - Namanya manusia pasti tak terlepas dengan cobaan kehidupan. Tapi, pada hakikatnya manusia tidak diuji di luar batas kemampuannya. Ketika seseorang mampu untuk bersabar dan ikhlas dengan keadaan yang ditakdirkan Tuhan, maka hati akan akan terasa lapang.

Berserah diri atau bertawakal kepada Allah patut direnungkan oleh semua orang setelah berusaha. Bertawakal kepada Allah ini harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal terpenting yang perlu diingat adalah manusia patut bekerja keras namun segalanya akan ditetapkan oleh Allah.

Jika hasil masih belum sesuai dengan harapan, tak perlu berputus asa. Karena, rencana yang diberikan Allah kepada hidupmu adalah yang terbaik.

Nah, buat kamu yang sedang berada di fase berserah diri, kata-kata berserah diri kepada Allah yang penuh makna dan menyejukkan hati ini dapat memberimu motivasi untuk tetap bertawakal. Berikut rangkumannya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (12/5).

Kata-kata berserah diri tentang cinta.

50 Kata-kata berserah diri Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@aini_rumahdannis

1. "Tawakkal yaitu percaya penuh bahwa rencana Allah adalah rencana yang terbaik." – Yasmin Mogahed

2. "Percayalah kepada Allah ketika segala sesuatu tidak berjalan seperti yang kamu inginkan. Allah telah merencanakan sesuatu yang lebih baik untukmu."

3. "Ketika kita memperbaiki hubungan kita dengan Allah, Dia memperbaiki segala sesuatu yang lain untuk kita

4. "Bersabarlah ketika suatu hal yang sangat kamu sayangi hilang, dan percayalah Allah sedang menyiapkan sesuatu hal lebih indah dari sebelumnya."

5. "Hati menjadi tidak tenang apabila kita meletakkan pengharapan terhadap sesuatu lebih daripada tawakal kepada Allah Yang Maha Memberi Segala."

6. "Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." - Jalaludin Rumi

7. "Allah dapat menggantikan segala sesuatu akan tetapi segala sesuatu tidak dapat menggantikan Allah." - Habib Umar bin Hafidz

8. "Bersabarlah, untuk apa yang dituliskan untukmu. Semuanya ditulis oleh penulis terhebat."

9. "Karena hati yang terlukai hanya akan terobati, oleh ikhlas hati dan berserah pada ilahi."

10. "Aku belajar mengikhlaskan sesuatu yang memang bukan untukku."

11. "Jika kita dekat dengan Allah, jika kita memiliki ikatan kuat dengan Dia, jika kita yakin kepada-Nya, maka kita punya segalanya."

12. "Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan." - (QS. Al Insyirah: 5)

13. "Tawakal adalah merelakan sepenuhnya segala sesuatu yang kamu cintai, namun dengan keyakinan bahwa Allah akan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik."

14. "Ketika Allah mendorongmu ke ujung, percaya sepenuhnya kepadaNya karena hanya dua hal yang bisa terjadi. Entah Dia akan menangkapmu atau Dia akan membuatmu belajar terbang."

15. "Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri karena hasil akhir dari semua urusan di dunia ini sudah ditetapkan oleh Allah. Jika sesuatu ditakdirkan untuk menjauh darimu, maka ia tak akan pernah mendatangimu. Namun, jika ia ditakdirkan bersamamu, maka kau tak akan bisa lari darinya." - Umar bin Khattab

Kata-kata berserah diri singkat dan menyentuh hati.

50 Kata-kata berserah diri Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@hijrah_yukkkk

16. "Untuk sabar bukanlah hal yang mudah, tapi kita harus pasrah atas segala ketentuan, juga sebagai bentuk pembelajaran."

17. "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." - (QS. Al-Baqarah: 286)

18. "Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya." – (Q.S At-Talaq: 3)

19. "Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan pasti akan datang kemudahan." - HR. Tirmidzi

20. "Serahkan semuanya kepada Allah agar kamu bisa melihat kuasa Allah dalam segala hal."

21. "Berdoalah, Allah mendengarmu. Bersabarlah, karena Allah akan menjawab doamu pada waktu yang tepat."

22. "Pasrah bukan berarti diam. Pasrah bukan berarti tidak berusaha. Pasrah itu merendahkan hati."

23. "Jika hatimu sudah ikhlas maka tidak ada lagi penderitaan yang akan menyakitimu."

24. "Tidak ada kata-kata yang lebih indah selain kata ikhlas dan sabar."

25. "Tidak ada akhir yang menyedihkan bagi mereka yang yakin kepada Allah."

26. "Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman." - (QS Al Imran: 139)

27. "Terkadang kita akan diuji atas perencanaan yang kita buat . Diuji ikhlas, sabar, dan kuatnya mental."

28. "Sama seperti air yang bisa mengikis batu yang paling keras, keikhlasan juga bisa melembutkan atau meluluhkan hati yang paling dingin."

29. "Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." - (QS Al Baqarah: 216)

30. "Jangan bersedih. Sesungguhnya pertolongan akan datang bersama kesabaran." - HR. Ahmad

Kata-kata berserah diri kepada Allah, penuh makna.

50 Kata-kata berserah diri Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@kalamjodoh

31. "Jangan hanya berterima kasih kepada Allah ketika semuanya berjalan baik, terima kasih kepada-Nya bahkan ketika segala sesuatunya terasa sulit. Katakan Alhamdulillah."

32. "Sebuah musibah akan menjadi kenikmatan jika kita berhasil menyikapinya dengan syukur, sabar dan tawakal serta mampu mengambil hikmah dari setiap kejadian." - Abdullah Gymnastiar

33. "Tawakal itu adalah saat kita yakin bahwa hanya Allah tempat kita meminta pertolongan."

34. "Terkadang berkat tidak ada dalam apa yang Dia berikan, tetapi dalam apa yang Dia ambil."

35. "Orang yang paling ikhlas adalah dia yang paling mencintai Allah dan paling percaya kepada-Nya." – Ibn Al-Qayyim

36. "Sungguh, seandainya kalian bertawakal kepada Allah sebenar-benar tawakal, niscaya kalian akan diberi rizki (yang berkah)." - HR.Tirmidzi

37. "Jangan seperti mereka yang melupakan Tuhan, sehingga Tuhan membuat mereka melupakan jiwa mereka sendiri."

38. "Tidak ada yang bisa membawakanmu kebahagiaan sejati selain Allah."

39. "Suatu saat kau akan dapati sesuatu yang kau pinta dari Allah sejak lama, mungkin sejak masa kecilmu yang bahkan kau sudah lupakan itu, tapi Allah tak akan melupakannya." - Habib Umar bin Hafidz

40. "Apa pun yang terjadi tetaplah berusaha semangat, berdoa dan tawakal. Ketahuilah di balik cobaan tersembunyi kebahagiaan."

41. "Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu." - Ali bin Abi Thalib

42. "Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah, jangan engkau lemah." - HR. Muslim

43. "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." - (QS. Ar Rad : 11)

44. "Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." - Ibnu Qayyim Al Jauziyyah

45. "Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak." - HR. Ahmad

46. "Mengeluh tidak akan pernah bisa memperbaiki keadaan, bersemangatlah dalam menjalani hidupmu dengan ikhlas dan kesabaran."

47. "Berusahalah dengan sebuah harapan yang kamu impikan, dan dampingilah usaha tersebut dengan kesabaran dan keikhlasan."

48. "Apabila kita menginginkan sebuah kesuksesan dan kebahagiaan, maka kita harus mempunyai suatu kesabaran yang besar."

49. "Ada hari di mana kita harus berhenti sebentar menengok ke belakang, lalu bersyukur."

50. "Bersabarlah dengan semua masalah yang kamu hadapi, karena semua masalah pasti ada jalan keluarnya."