Brilio.net - Belum lama ini media sosial Twitter diramaikan dengan video sebuah mobil di Melbourne, Australia dengan plat nomor Jokow1. Video yang diunggah oleh akun @RizmaWidiono ini merekam detik-detik saat ia berada di belakang mobil jenis SUV putih tersebut. Tentu saja video ini mendapat perhatian warganet. Di Australia kok ada yang pakai plat nomor mirip dengan nama Presiden Indonesia?

Ternyata, pemilik dengan plat mobil ini pernah membuat heboh pada tahun 2016 lalu. Dilansir dari laman ABC Plus Australia Indonesia, pemilik dari mobil ini ialah seorang WNI bernama Windu Kuntoro. Menurutnya, di Australia, pemilik kendaraan boleh memilih nomor plat sesuai yang mereka inginkan. Tentu saja dengan biaya tambahan. Maka plat nomor yang ia miliki ini sudah legal.

Tak cuma milik Windu, ternyata ada beberapa WNI yang tinggal di luar negeri yang melakukan hal serupa. Mereka rela merogoh kocek lebih demi mendapat nomor plat unik sesuai keinginan mereka.

Siapa saja dan seperti apa plat uniknya? Berikut ini deretan plat nomor unik yang dimiliki WNI di luar negeri seperti brilio.net himpun dari berbagai sumber, Jumat (20/7).

1. Ini Windu Kuntoro, WNI yang tinggal di Melbourne, Australia pemilik mobil dengan plat nomor Jokow1.

plat nomor unik WNI © berbagai sumber

foto: Twitter/@jimmy_atp

2. Tak hanya Windu, Dedy Muardi yang tinggal di Selandia Baru juga mengubah plat nomor kendaraannya menjadi Jokowi. Bahkan, ia bisa bertemu langsung dengan Presiden Indonesia ke-7 ini saat kunjungannya ke Selandia Baru pada Maret lalu.

plat nomor unik WNI © berbagai sumber

foto: Twitter/@MurtadhaOne

3. WNI bernama Maria Leeds yang tinggal di Melbourne juga melakukan pengubahan plat nomor. Plat mobil Mercedes miliknya diubah menjadi Penar1. Sama seperti profesinya yang merupakan seorang penari.

plat nomor unik WNI © berbagai sumber

foto: istimewa

4. Masih dari Australia, di negara bagian New South Wales juga pernah ditemukan mobil SUV hitam berplat RI 1. Pemiliknya yang merupakan seorang manajer properti mengaku sudah menggunakan plat tersebut sejak tahun 2013.

plat nomor unik WNI © berbagai sumber

foto: liputan6.com

5. Beda lagi dengan mobil milik Budiharto yang tinggal di Adelaide ini. Mobilnya diberi plat nomor Senik 4. Menurutnya, senik ini diambil dari filosofi Jawa. Sementara angka 4 melambangkan jumlah anggota keluarganya.

plat nomor unik WNI © berbagai sumber

foto: istimewa