Brilio.net - Memiliki akun bisnis Instagram sukses itu gampang-gampang susah. Engagement atau interaksi antara konten dan followermu mempunyai peran penting dalam hal ini. Algoritma Instagram memprioritaskan konten yang ditampilkan ke penggunanya berdasarkan tipe konten yang pernah ditelusuri sebelumnya.

Prinsip kerja algoritma ini simpel sebenarnya. Jika kamu mencari konten beauty vlog di Instagram misalnya, media sosial ini selanjutnya akan mencarikan konten-konten serupa untuk disajikan untukmu. Konten yang fresh dan kreatif bertema serupa akan mempunyai kesempatan lebih banyak untuk direkomendasikan masuk ke feed pengguna.

Oleh karena itu, konten seperti di atas lah yang disukai Instagram. Ketika kamu sudah menemukan resep rahasianya, engagement follower pasti akan datang dengan sendirinya.

Nah, resep rahasia ini sangat dinamis dan cepat sekali berubah. Konten yang kamu unggah mungkin bisa viral sekarang, tapi konten berikutnya bisa saja tenggelam ditelan puluhan ribu konten lain.

Seperti apa trik menaikkan engagement follower sekaligus menambah jumlah follower di Instagram? Dirangkum Brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (10/2) yuk, kita simak bersama.

Loading...

1. Mulai bikin channel IGTV.

5 Trik bikin engagement follower IG naik, coba konten dual-view video berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Selain foto, Instagram kini mulai memprioritaskan konten video. Salah satu cara yang diambil Instagram adalah fitur IGTV. Berbeda dari konten foto, channel IGTV mendapatkan perlakuan spesial.

Setiap kali kamu mengunggah konten atau live streaming menggunakan channel IGTV, followermu akan mendapatkan push notification langsung ke smartphone. Hal ini sangat berguna dalam memberikan konten terbaru dan fresh secara cepat ke followermu.

2. Bikin lebih banyak Instagram Stories.

5 Trik bikin engagement follower IG naik, coba konten dual-view video berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Instagram Stories memiliki banyak sekali kegunaan. Bukan sekadar posting foto, kamu bisa juga memposting aneka konten menarik di fitur ini. Video dengan format unik dengan aspect ratio 9:16 ini sangat cocok untuk memposting jenis konten update atau interaksi dengan QnA.

Berkreasi dengan Instagram Stories membuat engagement follower semakin naik. Dengan fitur ini, kamu bebas berinteraksi secara langsung tanpa sekat dengan audiensmu. Bebaskan dirimu berkreasi membuat konten dengan Oppo Reno5 5G. Smartphone canggih ini memang didesain khusus untuk content creator dengan berbagai fitur penunjang yang wajib dimiliki.

5 Trik bikin engagement follower IG naik, coba konten dual-view video berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Smartphone yang didukung dengan Snapdragon 765G ini mendukung fitur dual-view video yang mana bisa merekam menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan. Fitur ini sangat berguna untuk menghilangkan jarak antara kamu dan audiens.

Dukungan teknologi 5G-nya sangat berguna untuk mengunggah konten berkualitas HD atau 4K ke media sosial secara cepat. Berinteraksi dengan audiensmu dengan teknologi 5G di Oppo Reno5 5G akan terasa tanpa sekat dan lag.

3. Kolaborasi dengan influencer lain.

5 Trik bikin engagement follower IG naik, coba konten dual-view video berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Dunia kreatif identik dengan kolaborasi. Untuk menjalankan satu proyek besar, kamu tak bisa melakukannya sendirian. Kamu butuh influencer lain yang bisa menjadi pengerek engagement follower akun bisnismu. Kolaborasi dengan orang kreatif yang satu visi bisa menjadi langkah awal menarik perhatian audiens secara luas.

Dongkrak penampilanmu saat berkolaborasi dengan Oppo Reno5 5G. Fitur eksklusif beautification-nya memakai algoritma AI yang sudah didesain khusus untuk content creator. Teknologi Oppo Image-clear Engine dan Ultra-clear 108MP Image dengan AI membuat kamu bisa mendapatkan hasil apik dan banyak kemudahan menyuntingnya untuk keperluan media sosial.

5 Trik bikin engagement follower IG naik, coba konten dual-view video berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Manfaatkan juga momen spesial seperti liburan nasional atau tanggal cantik untuk berkolaborasi. Misalnya, kamu bisa membuat konten romantis untuk menyambut Valentine yang akan datang sebentar lagi.

Bicara tentang Valentine, Oppo membuat promo menarik untuk kamu content creator, loh. Setiap pembelian Oppo Reno5 versi 4G akan mendapatkan tambahan 3in1 Giftbox berupa smartwatch, bluetooth headset, dan phone holder senilai Rp 1.000.000. Informasi promo bisa kamu dapatkan di sini. Spesifikasi Oppo Reno5 sama kerennya dengan Oppo Reno5 5G untuk membuat konten spesial, loh. Jadi, jangan ketinggalan promo menarik ini, ya.

Nah, buat kamu yang masih penasaran dengan spesifikasi Oppo Reno5 5G, informasi lebih lanjut bisa kamu temukan di sini.

4. Mempromosikan akun Instagram di platform lain.

5 Trik bikin engagement follower IG naik, coba konten dual-view video berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Membawa konten Instagram-mu ke platform media sosial lain bisa menjadi berkah. Pastikan konten yang ingin kamu bawa 'migrasi' ini singkat, mudah dicerna, dan menarik perhatian.

Saat pengguna medsos lain tertarik, mereka akan searching sumber aslinya. Di tahap ini, kamu bisa mendapatkan audiens organik yang sangat berkontribusi terhadap engagement follower akun bisnis Instagram.

Mempromosikan akun bisnis Instagram-mu ke platform lain berarti kamu harus bekerjasama dengan influencer dari berbagai lini. Kamu membutuhkan smartphone yang cekatan dan tahan banting untuk urusan content creation. Oppo Reno5 5G dengan dukungan 65 Watt SuperVOOC bisa nge-charge smartphone ini hingga 100% dalam waktu 35 menit saja. Tak ada rasa khawatir baterai lowbat dan harus dicharge lama saat sedang dalam situasi mendesak.

Oppo Reno5 5G juga didukung fitur lain yang memanjakan content creator. Fitur AI Highlight video berguna untuk memproduksi video berkualitas tinggi langsung dari smartphone. Untuk urusan shooting malam, gunakan fitur Ultra Dark Mode dan Ultra Night Selfie Mode untuk mendapatkan video dan foto malam yang jernih seperti pada siang hari. Untuk urusan editing, kamu juga bisa langsung menggunakan aplikasi SOLOOP langsung dari kamera dengan template menarik yang selalu update.

5. Memanfaatkan user-generated content (UGC).

5 Trik bikin engagement follower IG naik, coba konten dual-view video berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Konten kreatif nggak harus melulu kamu yang memproduksi. Kamu juga bisa memanfaatkan user-generated content (UGC) untuk memperkaya kontenmu. Kontribusi pengguna lain akan memberikan perspektif baru terhadap kemajuan akun bisnis Instagram-mu.

Catat segala feedback yang ada dan bangun komunitas dengan UGC agar kontenmu semakin kaya yang akan menaikkan engagement follower. Jangan terlalu mengikat, biarkan pengguna mengunggah sebebas mereka. Konten UGC bisa berupa ulasan, giveaway, first impression tentang produk yang kamu jual di akun bisnis Instagram-mu.

RECOMMENDED BY EDITOR