Brilio.net - Sekolah dikenal sebagai tempat untuk mengenyam pendidikan. Segala kegiatan yang berkaitan dengan belajar dan menggali ilmu begitu kental dengan sekolah. Banyak yang beranggapan gedung sekolah cenderung monoton dan kaku. Hal tersebut tak jarang ikut memengaruhi suasana belajar dari para siswa.

Hal berbeda terjadi di beberapa tempat belajar berikut ini. Gedung sekolah tak hanya kaku dan monoton. Kini mulai banyak bermunculan gedung belajar dengan konsep unik dan menarik.

Tak hanya di luar negeri, kini gedung-gedung unik ini sudah bertebaran di Indonesia. Selain unik, gedung belajar ini juga memberikan fasilitas untuk memberikan kenyamanan maksimal bagi siswa. Di mana sajakah tempat belajar unik di Indonesia?

Brilio.net telah merangkum lima tempat belajar paling unik di Indonesia dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (28/7). Bikin betah belajar, nih!

1. Green School di Bali.

5 Tempat belajar di Indonesia ini unik, jadi gampang menyerap ilmu nih berbagai sumber

foto: greenbyjohn

Green School merupakan salah satu sekolah yang menggabungkan konsep pendidikan dengan alam atau lingkungan. Berlokasi di Banjar Saren, Badung, Bali, gedung sekolah ini terbilang unik.

Pasalnya, seluruh gedung yang ada di kawasan sekolah menggunakan bambu dan tentunya berkonsep ramah lingkungan. Para siswa diajak belajar dengan suasana nyaman menyatu dengan alam. Di mana tak seperti gedung sekolah lainnya, ruang kelas yang ada dibuat nyaman dan terbuka.

2. Perpustakaan UI, The Crystal of Knowledge.

5 Tempat belajar di Indonesia ini unik, jadi gampang menyerap ilmu nih berbagai sumber

foto: seputarperpus

Tempat belajar yang nggak kalah unik berada di kompleks Universitas Indonesia (UI). Bangunan yang dibangun di atas tanah seluas 33 ribu meter persegi ini dikenal dengan sebutan 'Crystal of Knowledge (Kristal Pengetahuan)'.

Perpustakaan ini diklaim sebagai perpustakaan terbesar di dunia. Lebih dari 3-5 juta koleksi buku disuguhkan di perpustakaan. Tak sekadar membaca buku, kamu bisa memanfaatkan beragam fasilitas yang tersedia seperti 100 silent room, taman, restoran, dan bank.

Bentuk bangunan dari gedung The Crystal of Knowledge ini memiliki desain yang unik yang menyatu dengan konsep green campus. Gedung Perpustakaan UI ini juga menjadi bangunan percontohan untuk arsitektur ramah lingkungan. Jadi kalau kamu belajar di sana, kamu akan disuguhkan kenyamanan dan kesejukan.

3. Perpustakaan Universitas Malahayati.

5 Tempat belajar di Indonesia ini unik, jadi gampang menyerap ilmu nih berbagai sumber

foto: malahayati.ac.id

Ada satu lagi nih, tempat belajar yang unik di Indonesia. Kali ini kamu bisa menemukannya di Lampung, tepatnya di Perpustakaan Universitas Malahayati, Bandar Lampung.

Perpustakaan ini terbilang unik pasalnya, kamu akan menemukan berbagai rumah adat dari seluruh Indonesia di dalam perpustakaan. Bukan hanya itu, kamu juga akan menemui beragam kolam ikan dan pepohonan yang menambah nuansa nyaman.

Konsep perpustakaan unik ini digagas oleh pendiri Universitas Malahayati, yaitu Rusli Bintang. Konsep unik ini sengaja dibangun untuk memberikan nuansa menyenangkan saat belajar. Konsep ini terinspirasi dari sebuah universitas di Rotterdam, Belanda. Unik banget, ya!

4. Perpustakaan Freedom Institute, Jakarta.

5 Tempat belajar di Indonesia ini unik, jadi gampang menyerap ilmu nih berbagai sumber

foto: Andri Atagoran

Salah satu tempat belajar yang nyaman dan unik terdapat di Jakarta bernama Perpustakaan Umum Freedom Institute. Perpustakaan ini sempat tutup sejak 2015 silam karena pihak manajemen tak bisa menyanggupi biaya operasional bangunan.

Banyak yang menyayangkan tutupnya perpustakaan tersebut. Pasalnya, gedung dengan desain interior nyaman ini mampu membawa siapa pun yang hadir terbawa dengan ketenangannya.

Setelah tak beroperasi cukup lama, ada kabar baik nih! Dilansir dari laman resmi Freedom Institute pada Kamis (27/7) Perpustakaan Umum akan kembali beroperasi mulai Agustus 2017 mendatang. Perpustakaan Freedom Institute akan ada di Wisma Bakrie I Jakarta Selatan.

5. Menara Phinisi, Universitas Negeri Makassar (UNM).

5 Tempat belajar di Indonesia ini unik, jadi gampang menyerap ilmu nih berbagai sumber

foto: profesi-unm

Salah satu universitas di Makassar memiliki gedung yang unik bernama Menara Phinisi. Menara Phinisi ini berada di Universitas Negeri Makassar (UNM) yang terdiri dari 17 lantai. Gedung ini menjadi ikon baru di Makassar yang tentunya unik abis. Gedung ini terinspirasi dari sebuah perahu khas Makassar yang bernama sama, yaitu perahu Phinisi. Perahu khas Bugis ini konon memiliki kualitas terbaik karena mampu menjelajah samudra pada masa lampau.

Kamu bisa belajar dan menikmati berbagai fasilitas yang ada. Menara Phinisi ini menjadi gedung tertinggi pertama di Indonesia dengan sistem fasade hiperbolic paraboloid. Pada malam hari, kamu akan disuguhkan pemandangan menakjubkan seperti kerlap kerlip gedung yang bersinar secara bergantian.

Bagaimana guys, menarik dan unik kan tempat belajarnya? Tak hanya gedung unik yang bisa bikin kamu belajar nyaman dan asyik, kini dengan kecanggihan teknologi, kamu bisa belajar di mana saja, kapan saja melalui Official Account LINE Academy.

LINE Academy merupakan penyedia konten akademis yang ada di aplikasi LINE untuk membantumu belajar hanya melalui gadgetmu. Bekerjasama dengan Ruang Guru, di LINE Academy kamu bakal dapet soal-soal latihan akademis, tips belajar, video tutorial, tanya jawab soal hingga tryout, lho.

Pokoknya belajar jadi lebih asik dengan LINE Academy. Yuk, add Official Account LINE Academy sekarang juga!

 

RECOMMENDED BY EDITOR