Brilio.net - Menghadirkan tanaman hias di tengah hunian dapat membuat pemiliknya merasa senang. Selain itu tanaman hias juga dinilai dapat memberikan nuansa kesegaran, kesejukan, dan kenyamanan suatu huniaan. Kini berbagai macam jenis tanaman dapat kamu jumpai di penjual tanaman hias. Harganya pun sangat beragam tergantung dari bentuk, ukuran, warna, dan coraknya.

Tak hanya tanaman yang memiliki bentuk bolong saja yang tengah hits. Banyak orang yang ingin mengoleksi tanaman hias dengan bentuk yang beragam, seperti tanaman hias daun keriting. Daunnya yang unik berbentuk keriting atau gelombang ini memang memberikan pemandangan yang memanjakan mata. 

Nah, untuk kamu yang yang hobi merawat tanaman hias, sepertinya tak lengkap jika belum memiliki koleksi tanaman hias daun yang berbentuk keriting. Apa saja jenis tanaman itu? Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Selasa (16/3).

-1. Wijaya kusuma.

Tanaman hias daun keriting Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@petrichor.gardens

Loading...

Tanaman hias bunga wijaya kusuma atau Epiphyllum anguliger dikenal memiliki bunga yang cantik dan unik. Biasanya bunga ini hanya berbunga setelah satu tahun, dan hanya berbunga saat malam hari. Termasuk dalam keluarga kaktus, di luar negeri tanaman ini dikenal dengan zig zag cactus. Pola daun tidak hanya mirip kaktus, tetapi juga tulang ikan atau pola zig zag. Daun tanaman ini berwarna hijau.

Tanaman ini banyak diburu orang-orang karena perawatannya yang mudah serta bentuknya yang menjuntai dan indah. Sehingga cocok untuk ditempatkan di pot gantung atau ditempatkan di pot yang diletakkan di dinding. Untuk yang ingin mengoleksinya, sebaiknya harus menjaga kelembaban tanaman ini supaya tidak membusuk dan kemudian mati.

2. Pakis sarang keriting.

Tanaman hias daun keriting Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@tamsaflowers

Bird's nest fern, begitulah julukan untuk tanaman hias daun keriting ini. Dari penampakannya sekilas tumpukan daun keriting ini mirip dengan sarang burung. Sama seperti tanaman pakis lainnya, tanaman yang juga memiliki nama ilmiah Asplenium nidus ini bisa bertahan dalam suhu ruang. Yakni di suhu panas maupun dingin.

Agar dapat berkembang secara optimal, kamu tak perlu terlalu sering menaruhnya keluar untuk mendapatkan sinar matahari, sebab taman ini biasa beradaptasi di bawah lokasi teduh. Cukup tanam dalam pot can letakkan di sudut ruang.

-3. Daun kadaka api.

Tanaman hias daun keriting Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@kebunzossy

Kadaka api merupakan salah satu tanaman yang paling mudah dirawat, pas untuk kamu yang sibuk tetapi senang berkebun. Tanaman ini tidak membutuhkan banyak air. Cukup disiram sekali dalam dua hari, kadaka api dapat tumbuh dengan subur dan sehat. Ciri khas jenis kadaka ini adalah sisi daun yang mengeriting layaknya api. Tanaman berbentuk unik ini cocok digunakan sebagai salah satu dekorasi dalam ruangan rumah.

-4. Hoya compacta.

Tanaman hias daun keriting Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@fringeandferncollective

Tanaman hoya carnosa compacta merupakan salah satu tanaman yang populer saat ini. Tanaman ini juga dikenal sebagai Tali Hindu membuat tanaman hias yang unik. Hoya adalah daun yang tebal, bengkok, keriting, dan ditangkupkan yang menutupi tanaman merambat yang segar.

Tanaman hias ini biasanya ditanam dengan pot gantung, memiliki daun yang cantik dan rimbun. Jika kamu rajin membersihkan daunnya, daun hoya compacta ini bisa mengilap. Biasanya tanaman ini juga berbunga kecil bulat yang memiliki warna merah muda.

-5. Puring bor.

Tanaman hias daun keriting Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@tamanhippie

Tanaman puring banyak dikoleksi orang untuk menghias tamannya agar lebih berwarna. Nah puring yang satu ini memiliki bentuk daun yang unik. Puring bor memiliki ukuran ruas daun yang cenderung kecil dan melintir-melintir seperti bor. Kombinasi warna puring bor ini terdiri dari kuning emas, merah, hijau, dan hitam. Meski tak berbunga, namun coraknnya yang cantik menjadi daya pikat.

RECOMMENDED BY EDITOR