Brilio.net - Tanggal 5 Oktober diperingati sebgai hari jadi Tentara Nasional Indonesia (TNI). Tahun ini (5/10/2017) TNI memperingati HUT ke-72. Peringatan HUT ke-72 TNI kali ini berlokasi di Dermaga Indah Kiat Merak, Cilegon, Banten.

Tak kalah menarik dari acara upacara Agustusan, acara peringatan HUT TNI juga membuat publik ikut antusias untuk menyaksikan. Berbagai peristiwa menarik pun terjadi di balik gelaran acara HUT Ke-72 TNI.

Nah, berikut brilio.net ulas, sisi lain dari peringatan HUT ke-72 TNI.

1. Jokowi jalan kaki 2 km menuju lokasi acara HUT ke-72 TNI.

Tingginya antusiasme warga yang datang ke acara HUT ke-72 TNI di Dermaga PT Indah Kiat, Cilegon membuat jalan menuju lokasi macet. Presiden Joko Widodo pun terpaksa berjalan kaki sejauh 2 KM menuju lokasi.

 

A post shared by Puspen TNI (@puspentni) on

 

2. Drama kolosal perjuangan Jenderal Sudirman.

sisi lain peringatan hut tni © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@puspentni

Dalam gelaran HUT ke-72 TNI rupanya menyajikan penampilan khusus. Pertunjukan itu adalah drama kolosal yang menceriatkan perjuangan Panglima Jenderal Sudirman. Pemeran Jenderal Sudirman sendiri tak lain adalah Danang Priambodo Sudirman, cucu sang jenderal. Danang berperan sebagai Jenderal Sudirman saat bergerilya melawan Belanda pada pertengahan Desember 1948 di Yogyakarta.

 

3. Jenderal polisi bintang 3 turun ke jalan mengatur lalu lintas.

sisi lain peringatan hut tni © 2017 brilio.net

foto: Istimewa

Kemacetan parah terjadi di sekitar lokasi acara peringatan HUT ke-72 TNI. Selain rombongan kepresidenan, beberapa kendaraan pejabat pemerintah juga terkena dampak kemacetan lalu lintas. Situasi ini rupanya membuat seorang jenderal bintang tiga ikut turun ke jalan mengatur lalu lintas di sekitar lokasi.

 

4. Jokowi disopiri tentara wanita

sisi lain peringatan hut tni © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@puspentni

Dalam pagelaran HUT ke-72 TNI Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai inspektur upacara menaiki mobil jeep terbuka. Dengan disopiri tentara wanita dari Paspampres, Jokowi melakukan pemeriksaan pasukan dan mengitari tiap barisan yang diisi tiap matra TNI.

 

5. Aksi terjun payung anggota Kopassus bersama anjing pecahkan rekor MURI.

sisi lain peringatan hut tni © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@puspentni

Aksi terjun payung anggota Kopassus bersama anjing unit K-9 dari ketinggian delapan ribu kaki menjadi salah satu atraksi dalam gelaran HUT ke-72 TNI di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banteng. Tak tanggung-tanggung, atraksi unik ini berhasil memecahkan rekor MURI.