Brilio.net - Penjara adalah salah satu tempat rehabilitasi untuk para pelanggar hukum. Pembatasan ruang gerak manusia ini adalah suatu cara untuk memberikan efek jera terhadap siapa saja yang melakukan kejahatan. Selain itu penjara juga merupakan alat untuk menangkal kejahatan dimana ancaman penjara diharapkan mampu menangkal pikiran seseorang untuk melakukan tindakan kejahatan.

Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Begitu pula hukum pidana dan keadaan penjara. Ada beda pemahaman mengenai definisi penjara dan apa yang seharusnya dilakukan narapidana di dalam penjara di tiap negara.

Tidak semua penjara seperti apa yang kita pikirkan. Di beberapa tempat, para napi bukanlah manusia dalam terali yang meringkuk dan menunggu selesainya masa tahanan. Setiap penjara di dunia memiliki hal-hal unik yang membuat kita mengernyitkan dahi.

Berikut informasi yang dihimpun brilio.net dari Boredpanda.com dan listverse.com, Selasa (17/7) perihal penjara-penjara unik di dunia

1. San Piedro, La Paz, Bolivia.

Loading...

penjara unik Istimewa

Di penjara ini, narapidana bisa membeli dengan harga sekitar USD 1.500-1.800 untuk membeli kasur privat serta layanan hot tub dan ruangan hingga tiga tingkat. Di penjara ini para narapidana memproduksi kokain dan menjualnya ke turis. Walaupun turisme merupakan hal ilegal di sana, namun pengunjung bisa mendapat akses dengan menyuap penjaga

2. Cebu Provincial Detention and Rehabilitation Center (CPDRC), Cebu, Filipina.

penjara unik Istimewa

Di penjara ini, para narapidana diajari menari sebagai bagian dari rehabilitasi dan dirilis secara online.

3. Penjara perempuan San Diego, Cartagena, Columbia.

penjara unik Istimewa

Di penjara ini, para perempuan bisa bebas dan tidak di dalam sel ketika malam. Mereka menjadi waitress kafe hingga koki di restoran "interno", sebuah restoran yang merupakan fasilitas indoor dari penjara tersebut.

4. Penjara Bastoy, Horton, Norwegia.

penjara unik Istimewa

Penjara ini seperti kota. Di sana terdiri dari 80 bangunan, jalan raya, pantai, kantor informasi, rumah sakit, gereja, sekolah, pelabuhan dan lapangan sepak bola.

5. Penjara Canto Grande, Peru.

penjara unik Istimewa

Penjara ini dijalankan oleh narapidana sendiri. Walaupun ada sipir di sana, namun pamor penjaga tidak setinggi narapidana sendiri. Segala kegiatan penjara diambil alih oleh narapidana dan program-program di dalam penjara ditentukan oleh narapidana sendiri.

(mgg/hendra noor)

RECOMMENDED BY EDITOR