Brilio.net - TikTok kini sudah menjadi platform berbagi video pendek terpopuler di dunia. Ada banyak challenge dan tren seru di media sosial yang lahir dari aplikasi buatan perusahaan ByteDance itu. 

Setiap tahun pengguna TikTok pun selalu bertambah. Menurut data Insider Intelligence, pada Januari 2022 ada 755 juta pengguna aktif TikTok. Angka yang terus bertambah ini menimbulkan sisi positif dan negatif. 

Pada satu sisi, kehadiran para pengguna baru akan memudahkan kreator menambah followers. Namun pada sisi lain, hal ini menciptakan persaingan karena semakin banyak kreator yang membuat konten serupa. 

Untuk itu, dibutuhkan strategi khusus agar konten yang dibuat bisa mengundang banyak followers. Beberapa strategi atau panduan ini bisa membantumu menciptakan konten menarik. Dengan begitu, mendapat ribuan followers bukan hanya jadi angan-angan belaka.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (17/3), berikut lima panduan cerdik untuk dapatkan 10 ribu followers TikTok pertamamu.

1. Pencahayaan yang kreatif jadi kunci.

chikitwsti_kva ©

foto: shutterstock.com

Salah satu faktor utama menarik atau tidaknya sebuah konten adalah pencahayaan. Hal ini karena TikTok selalu memastikan video yang dibuat aman untuk dilihat banyak orang.

Jadi, usahakan beri pencahayaan yang memadai saat membuat video. Jika dibuat dalam ruangan gelap, biasanya TikTok akan kesulitan untuk memastikan keamanan video. Kamu bisa menambahkan aksesoris ring light saat membuat konten demi hasil maksimal.

2. Gunakan rekomendasi lagu yang tengah viral di FYP.

chikitwsti_kva ©

foto: shutterstock.com

Selain cahaya, lagu merupakan unsur yang tak kalah penting untuk video TikTok. Biar followers bertambah, kamu bisa menggunakan lagu yang sedang viral dan banyak dipakai pengguna lain. 

Cara ini bisa meningkatkan peluang videomu masuk dalam fitur "For Your Page" (FYP). Jadi, kemungkinan video dilihat banyak orang pun makin meningkat. Hal ini karena algoritma TikTok akan membaca konten tersebut dan menawarkannya ke FYP orang-orang dengan selera musik yang sama. 

3. Ciptakan konten viral.

chikitwsti_kva ©

foto: shutterstock.com

Menciptakan konten viral di TikTok bisa dengan cara mengikuti video yang sedang trending. Namun jangan asal mengikuti tren, usahakan video yang kamu buat tetap memiliki ciri khas tersendiri atau twist. 

Buat twist dalam video yang lagi ngetren untuk menciptakan konten viral. Cara ini ampuh meningkatkan jumlah penonton dan followers, khususnya bagi para kreator baru.

Untuk menciptakan twist yang menarik, kamu perlu menumpahkan berbagai ide kreatif. Momen mencari ide kreatif ini bakal makin seru kalau ditemani Chiki Twist.

chikitwist_wa ©

foto: Chiki Indonesia

Punya berbagai bentuk unik, Chiki Twist bakal bikin momen bermain TikTok jadi lebih imajinatif, twisting, dan seru. Camilan favorit ini sudah ada sejak dulu, tapi yang sekarang lebih seru karena hadir dengan rasa Jagung Bakar dan Ayam Panggang.

chikitwist_wa ©

foto: Chiki Indonesia

Dengan rasa yang lebih seru, #ChikiKesukaanKitaSemua siap mendampingi hari-harimu jadi influencer TikTok kreatif dan mempunyai ribuan followers. Yuk eksplore berbagai ide kreatif di TikTok bareng Chiki Twist yang siap #PlayTheCircleOfFun.

4. Cantumkan hashtag yang relevan dengan konten.

chikitwsti_kva ©

foto: shutterstock.com

Untuk mendongkrak followers, kamu bisa menambahkan hashtag dalam video. Hashtag jadi salah satu cara paling mudah untuk menemukan videomu di TikTok. 

Cantumkan hashtag yang relevan dengan videomu. Kamu juga bisa mencantumkan hashtag yang sedang populer dan viral agar video masuk dalam FYP.

5. Perhatikan jam ideal untuk mengunggah konten.

chikitwsti_kva ©

foto: shutterstock.com

Sama seperti media sosial lain, mengunggah konten pada jam ideal akan menambah peluang kepopulerannya. Semakin populer dan banyak yang melihat videomu, maka semakin tinggi juga peluang menambah followers. 

Sebaiknya mengunggah konten pada jam-jam saat orang bermain ponsel. Seperti pada pagi hari saat orang sedang di jalan menuju kantor, pada jam makan siang, dan pada malam hari saat orang menikmati waktu luang setelah bekerja.

(brl/lak)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/lak)