Brilio.net - Chef selebriti Arnold Poernomo selalu bikin heboh di jagat maya. Juri kompetensi masak populer di TV ini penuh dengan ide kreatif mengubah olahan kaki lima jadi mewah setara restoran Michelin stars. Pilihan bahan makanannya juga kadang bikin melongo. Misalnya, pria kelahiran Surabaya ini pernah mengombinasikan mi instan dengan foie gras (bahan makanan dari hati bebek atau angsa) yang harganya jutaan rupiah.

Nggak heran, setiap kali Chef Arnold mengunggah konten di YouTube, video tersebut ditonton lebih dari ratusan ribu kali. Gayanya yang kocak dan kelihaiannya di dapur bikin warganet selalu penasaran dengan masakannya. Pasti ada saja yang bikin kaget sekaligus takjub dengan cara memasak chef ini.

Kuliner odading sampai nasi goreng awalnya tampak biasa saja. Namun di tangan Chef Arnold, olahan ini jadi sangat menggoda lidah. Instruksinya juga jelas dan mudah dimengerti sehingga gampang dipraktikkan di rumah. Nggak perlu peralatan masak yang canggih, kamu bisa memasak ala chef Arnold dengan peralatan dapur seadanya di rumah.

Penasaran bagaimana Chef Arnold berkreasi dengan masakan kaki lima? Dirangkum Brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (10/2), yuk, kita lihat bersama!

1. Odading.

 

Jajanan odading pernah viral berkat aksi kocak Nandar Ukandar atau Ade Londok. Olahan khas Bandung ini berupa roti goreng empuk yang biasa dijumpai di pedagang kaki lima. Teksturnya yang lembut di dalam tapi garing kriuk di luar bikin odading jadi snack favorit banyak orang.

Dalam membuat odading, bahan yang digunakan Chef Arnold sederhana aja seperti mentega, tepung terigu, ragi, dan sebutir telur untuk adonannya. Nah yang bikin next level, Chef Arnold memasukkan yoghurt ke dalam odading.

Caranya mudah, roti yang baru selesai digoreng ditusuk dengan kayu kecil, lantas yoghurt dimasukkan sebagai isian odading. Kebayang gimana yoghurt lumer di mulutmu berpadu nikmatnya odading hangat?

2. Mie Ayam.

 

Musim hujan seperti ini, mi ayam sering jadi pilihan orang mengisi perut kosong. Kuah yang hangat dengan mi empuk dan potongan ayam lezat, pasti bikin kamu nggak sabar menyantapnya. Di tangan Chef Arnold, olahan kaki lima ini jadi tampak ‘wah’ dengan sentuhan saus spesial.

Pilihan potongan ayamnya juga nggak sembarangan. Menurut Chef Arnold, paha merupakan bagian tubuh ayam yang paling pas untuk kuah.

"Bisa jadi empuk, juicy, dan delicious," ujarnya.

Dia juga menambahkan bumbu rahasia yaitu saus Lee Kum Kee. Saus yang biasa dipakai di masakan bebek peking ini bikin rasa masakan seakan menari-nari di lidah.

3. Bakso meleleh.

 

Bakso sudah jadi masakan umum untuk kaki lima. Tapi di tangan Chef Arnold, bakso ‘disulap’ jadi menu yang bikin orang bisa terbuai akan kenikmatannya.

Chef Arnold membuat bakso ala Italian Meatball yang meleleh di mulut. Bahannya juga nggak aneh-aneh, seperti daging giling, bubuk bawang putih, lada, garam, dan bahan lain.

Sedikit tips, usai daging dibentuk menjadi bakso, Chef Arnold menaburkan garam di atasnya.
Untuk sausnya, Chef Arnold menyisihkan minyak hasil memasak bakso dan menambahkan bawang bombay cincang serta bumbu-bumbu lain.

Biar makin meleleh, Chef Arnold juga menambahkan keju slices. Begitu semuanya masak, rasa bakso dengan saus tomat dan lelehan keju terasa sangat menggoda.

4. Sandwich telur.

 

Sandwich kurang familiar di lidah sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun beda dengan sandwich pada umumnya, Chef Arnold memberikan twist unik yang bikin olahan kaki lima ini menggoda perut. Usut punya usut, rahasia sandwich lezat ala Chef Arnold adalah telur, loh.

Bahannya sederhana mulai dari roti, keju, mayones, daun bawang, dan tentunya telur. Nggak hanya satu macam olahan telur yang jadi pendamping sandwich, Chef Arnold bikin dua jenis. Dua olahan telur tersebut adalah telur rebus setengah matang dan scrambled egg. Begitu rotinya selesai diolah, dua telur ini jadi isian lezat yang siap bikin perut berbunyi.

5. Nasi Goreng.

 

Chef Arnold di postingan ini berbagi rahasia dapur usahanya, Mangkokku. Usaha yang dia rintis bareng Kaesang, putra Presiden Joko Widodo ini sukses berkat menu yang sangat familiar di masyarakat seperti nasi goreng tapi diberi sentuhan mewah.

Olahan dengan nama Crazy Rice ini sangat menggiurkan. Bagaimana nggak, Chef Arnold menambahkan ayam, daging, dan sosis berkualitas tinggi. Uniknya, semua bahan masakan di sini bisa ditemukan di supermarket terdekat, loh.

"Buatnya gampang, cepat, simple, dan hasilnya enak!" komentarnya.

Memasak seperti Chef Arnold kelihatannya asyik dan gampang tapi ternyata butuh latihan yang rutin. Banyak sekali teknik memasak yang harus saksama dipelajari. Jangan menyerah walaupun cucian piring dan peralatan dapur menumpuk setelah masak ini-itu. Latihan dan latihan adalah kunci keberhasilan.

Kalau Chef Arnold jagonya masak, nah untuk urusan mencuci piring, serahkan semuanya ke Mama Lemon. Dengan teknologi mutakhir dari LION Jepang, Mama Lemon menggunakan New Extra Power Clean formula “Mineral Anti Lemak”. Sekali usap, lemak membandel di piring, penggorengan, dan peralatan dapur lain langsung terangkat. Chef Arnold sebagai brand ambassador mempercayakan urusan cuci piring ke Mama Lemon sebagai yang paling ahli.

5 Olahan kaki lima ini diubah Chef Arnold jadi sekelas restoran mewah berbagai sumber

foto: Mama Lemon

Mama Lemon tersedia dalam dua varian yaitu Jeruk Nipis dan Lemon & Daun Mint. Kesegarannya bikin piring bersih mengkilat dan bebas dari bau lemak membandel. Ada Mama Lemon, semua pasti beres. Info lebih lanjut bisa kamu temukan di sini.

RECOMMENDED BY EDITOR