Brilio.net - Bulan suci Ramadan telah tiba. Tahun ini menjadi kali kedua masyarakat Indonesia merayakan Ramadan di tengah pandemi. Kondisi ini tentu menimbulkan keterbatasan bagi perantau yang harus berjuang jauh dari orangtua maupun sanak saudara. Apalagi masih sama dengan tahun sebelumnya, pemerintah melarang masyarakat mudik demi mengurangi laju penyebaran Covid-19.

Keadaan ini tentu membuat sedih, di mana rasa rindu pada keluarga susah dibendung lagi. Apalagi salah satu momen yang paling dinantikan di bulan suci adalah berkumpul dengan keluarga dan merayakan lebaran bersama.

Namun demikian bukan berarti Ramadan kali ini kehilangan makna. Ada banyak kegiatan seru yang bisa dijadikan sebagai obat rindu keluarga saat tak bisa mudik.

Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Kamis (22/4) 5 obat rindu saat tak bisa mudik, jalin #SilaturahmiTanpaHenti, agar Sobat Brilio di perantauan selalu semangat.

1. Menonton film online bareng.

indosatramadan2 istimewa foto: shutterstock.com

Selalu ada cara baru yang seru dan asyik untuk mengobati kerinduan saat tak bisa mudik ke kampung halaman. Kamu bisa mengisi waktu luang dengan menonton film secara online bareng bareng keluarga yang ada di rumah atau bahkan teman-teman yang sudah lama tidak bertemu loh.

Kini banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menonton film secara online. Kamu pun bisa menikmati berbagai genre film seperti action, komedi, drama, atau bahkan bernuansa islami.

2. Mencoba resep buka puasa dari arahan ibu.

indosatramadan2 istimewa foto: shutterstock.com

Yap, masakan ibu adalah salah satu hal yang membuat perantau rindu untuk pulang. Kamu bisa saja membeli masakan yang sama persis seperti buatan ibu di rumah. Tapi, tentunya rasanya tetap saja berbeda. Nah, kamu bisa mencoba membuat sendiri resep buka puasa langsung dari arahan ibu.

Kini dengan mudah kamu bisa mendapatkan tutorial atau arahan memasak lewat video call. Dengan begini, rasa masakanmu bakalan nggak beda jauh dari buatan ibu. Masakan tersebut tak hanya untuk sajian buka puasa namun juga bisa untuk menu sahur loh. Lumayan kan, bisa lebih hemat dan menjaga higienitas makanan.

3. Berbuka puasa dengan video call.

indosatramadan2 istimewa foto: shutterstock.com

Meski terhalang jarak, bukan berarti kamu nggak bisa melakukan tradisi Ramadan seperti tahun-tahun sebelumnya. Kamu tetap bisa melakukan buka bersama keluarga, saudara, teman, maupun kolega dengan menggunakan video call.

Meskipun nggak bisa bertemu secara langsung, dengan silaturahmi virtual ini keakraban dan kebersamaan dapat terjalin. Sehingga rasa rindu dan kangen terhadap keluarga dan teman pun dapat terobati. Momen ini akan jadi kenangan tak terlupakan saat menjalani Ramadan di perantauan.

4. Mendekor ruangan kos layaknya rumah.

indosatramadan2 istimewa foto: shutterstock.com

Sudah mulai bosan diam di kost dan belum bisa kemana-mana atau kangen rumah? Hmm, mungkin ini saatnya kamu untuk mendekor ruangan kos layaknya rumah. Ya, kenyamanan kost menjadi hal penting agar bisa lebih kerasan. Apalagi kamar kost sekarang bagai rumah kedua.

Misalnya saja menata ulang susunan kasur, agar berubah total layaknya kamar di rumah. Tambahkan karpet ukuran sedang untuk memberikan sentuhan estetik di ruangan kost. Jika ruangan nggak terlalu luas, jangan lewatkan menambahkan meja pendek khusus untuk produktif bekerja.

5. Video call untuk #SilaturahmiTanpaHenti.

indosatramadan2 istimewa foto: IM3 Ooredoo

Jika rindu keluarga sudah tak bisa ditahan, jangan sungkan menghubungi mereka via video call. Meski tak bertatap muka secara langsung, setidaknya kamu bisa meredakan rasa kangen dengan keluarga.

Sebagai bentuk dukungan agar masyarakat dapat bebas internetan dan terhubung lebih lama dengan mereka yang berarti serta menikmati momen kebersamaan saat di rumah, pada Bulan Yang Baik ini IM3 Ooredoo meluncurkan kampanye Ramadan #SilaturahmiTanpaHenti dan memberikan berbagai promo dari Freedom Internet dengan diskon hingga 40%.

Cara untuk mendapatkannya sangat mudah! Kamu bisa temukan promonya di berbagai kanal pembelian favorit, mulai dari aplikasi myIM3 yang bisa diunduh di Google Play Store atau App Store, melalui *123#, e-commerce, minimarket, perbankan, maupun mitra penjualan IM3 Ooredoo.