Brilio.net - Pandemi virus corona tak bisa diremehkan. Hingga Rabu (29/4) sudah ada 9.771 kasus positif dari seluruh penjuru Nusantara.

Sampai sekarang belum ada vaksin untuk penyakit ini. Cara terbaik adalah menghindari penularan ketimbang mengobati. Perilaku hidup bersih dan penerapan physical distancing menjadi senjata yang bisa diandalkan.

Imbas pandemi virus corona ini tak hanya di kesehatan publik tapi juga ekonomi. Banyak pekerja yang dirumahkan, bahkan di-PHK karena perusahaannya gulung tikar.

Mimpi mendapatkan THR saat Lebaran harus mereka kubur dalam-dalam. Terlebih, mudik ke kampung halaman sudah dilarang pemerintah.

Di tengah pandemi ini, #NiatMurni sekecil apa pun sangat membantu. Kebaikan sederhana bisa mempunyai dampak meringankan beban mereka yang kesusahan.

Loading...

Sudah banyak kisah kebaikan sederhana yang bisa mengembalikan senyuman yang hilang. Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membantu, kamu bisa memulai dari lingkunganmu sendiri.

Deretan kisah di bawah ini jadi bukti bahwa #NiatMurni yang tulus bisa jadi kunci dalam meringankan dampak pandemi virus ini. Dirangkum Brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (30/4), berikut sejumlah kisah inspiratif yang bisa ditiru.

1. Kisah anak kecil sumbangkan tabungan untuk lawan corona.

5 Niat murni simpel ini dampaknya luar biasa di tengah pandemi berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Belakangan viral berita ada anak kecil yang rela membongkar tabungannya demi membantu melawan corona. Tabungan itu disisihkan dari jatah jajan yang tak seberapa.

Dia menyumbang untuk pembelian alat pelindung diri (APD) dan obat untuk virus corona. Kebaikan sederhana ini pun jadi inspirasi bagi semua orang.

2. Kisah penghuni rumah yang menggantungkan sembako gratis di pagar.

5 Niat murni simpel ini dampaknya luar biasa di tengah pandemi berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Physical distancing membuat kita harus menjaga jarak. Tapi berbuat baik tak perlu berdekatan. Terbukti, ada kisah viral warga menyediakan sembako gratis yang digantungkan di pagar rumahnya.

Sembako ini bisa berupa sayur-sayuran, telur, atau bahkan uang tunai. Siapa pun yang lewat bisa mengambil sesuai kebutuhan. Niat sederhana bisa dilakukan tanpa harus melanggar physical distancing.

3. Setiap tempat jualan/toko menyediakan tempat cuci tangan.

5 Niat murni simpel ini dampaknya luar biasa di tengah pandemi berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Perilaku hidup bersih dan sehat mewajibkan mencuci tangan setiap saat. Virus corona mudah mati jika terkena air sabun. Makanya, banyak tempat jualan atau toko yang menyediakan tempat cuci tangan.

Tanpa hand sanitizer, kamu bisa langsung mencuci tangan di tempat. Niat sederhana ini bisa membantu memutus rantai penularan pandemi virus corona.

4. Kisah para seleb membantu sesama.

5 Niat murni simpel ini dampaknya luar biasa di tengah pandemi berbagai sumber

foto: Instagram/@ariefmuhammad, Instagram/@isyanasarasvati

Dari dunia seleb juga banyak kisah inspiratif. Mereka yang biasanya menghibur masyarakat dari layar TV, kini terjun langsung menyumbangkan sebagian hartanya bagi warga yang membutuhkan, seperti tukang ojek online, petugas kesehatan, dan pekerja informal.

Deretan seleb seperti Arief Muhammad, Isyana Sarasvati, dan Ayudia Bing Slamet serta suami, Ditto Percussion bergerak mengajak kamu semua untuk peduli pada saudara-saudara yang masih berjuang di luar rumah, everyday heroes. Salah satu wujudnya menunjukkan terima kasih lalu share ke media sosial, persis seperti yang mereka lakukan dalam video singkat berikut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Ramadhan kali ini cukup berbeda, karena kita harus self-quarantine di rumah demi kebaikan bersama. Tapi dengan situasi ini, masih banyak orang dengan #NiatMurni terus bekerja di luar sana untuk membantu kita yang harus tetap di rumah. Semangat mereka luar biasa demi bisa membantu orang lain dan memenuhi kebutuhan keluarga mereka, biarpun sambil menjalankan ibadah puasa. • Dan saat ini, aku bekerja sama dengan @bearbrand_id dan KitaBisa melakukan movement untuk mensupport dan memberikan apresiasi kepada para pahlawan yang sudah berjuang ditengah pandemi ini. • Kamu juga bisa ikutan menjalani #NiatMurni mu dengan mendukung dan berterima kasih ke everyday heroes kamu, caranya visit ke niatmurni.kitabisa.com. • Selain itu, aku juga ingin mengajak kalian untuk berbagi cerita tentang sosok everyday heroes di social media masing-masing. Siapa tau hanya dengan ucapan terima kasih kepada mereka bisa menjadi penyemangat untuk terus berjuang. Yuk, kita sama-sama support mereka!

A post shared by #LEXICON (@isyanasarasvati) on

"Matur nuwun. Kita ucapkan to our everyday heroes," ujar Arief Muhammad.

"Terima kasih," ucap Isyana dengan senyum merekah.

Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion juga turut mengucapkan terima kasih.

"Thank you," ucap pasangan yang menikah pada 2015 lalu ini.

Ucapan terima kasih ini diharapkan memberi semangat pada everyday heroes yang berjuang demi keluarga maupun kita tetap aman dan nyaman di rumah saja.

5. Berpartisipasi melakukan aksi baik lewat kampanye digital.

5 Niat murni simpel ini dampaknya luar biasa di tengah pandemi berbagai sumber

foto: niatmurni.kitabisa.com

Kini kamu bisa turut membantu mereka yang terdampak corona hingga ke penjuru negeri. Berbekal donasi online, kamu bisa mengulurkan tangan dari rumah dengan mudah. #NiatMurni kamu kini bisa memiliki dampak besar.

BearBrand berkolaborasi dengan Kitabisa untuk membantu everyday heroes yang tetap bekerja di luar sana. Kamu bisa memberi dukungan dan ucapkan terima kasih, sebagaimana Arief, Isyana, dan Ayudia-Ditto, untuk mereka yang setiap hari berjuang di garda terdepan.

#NiatMurni sekecil apapun pasti berdampak besar di tengah pandemi virus corona ini. Tunjukkan niat murnimu dengan mengklik link ini. Setiap like atau postingan yang ada akan menjadi kebaikan yang besar!

adv

RECOMMENDED BY EDITOR