Brilio.net - Apa yang ada di benakmu ketika disuruh membayangkan barang-barang apa saja yang ada di museum? Tentunya kamu akan berpikir bahwa pada umumnya isi museum adalah benda bersejarah, kendaraan jadul, senjata perang kuno dan beberapa penemuan langka para arkeolog, ya kan?

Tapi apa jadinya ketika ada museum yang 'hobi'-nya mengoleksi barang-barang antimainstream seperti alat kelamin sampai kloset? Nggak kebayang kan, kamu?

Langsung aja nih, simak ulasannya 5 museum dunia yang punya koleksi teraneh di dunia, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (5/10):

1. Barang-barang bekas pasangan kekasih.

5 Museum punya koleksi barang absurd © 2017 brilio.net

Loading...

foto: nbcdfw.com

Museum nyentrik ini dinamakan Museum of Broken Relationships yang berada di Zagreb, Kroasia. Sama seperti judulnya, museum yang dibesut oleh Olinka Vistica dan Drazen Grubisic ini memang mengoleksi benda-benda memorable yang dipunyai pasangan saat masih memadu kasih. Usai berpisah mereka lalu 'membuangnya' ke museum ini.

Ada barang peninggalan dari pasangan yang dulunya berpacaran maupun sudah berstatus suami istri, seperti foto-foto, kado suvenir, surat dan barang-barang sandang seperti sepatu, baju dll.

Saking uniknya Museum of Broken Relationships ini sempat diberi penghargaan Kenneth Hudson Award dari European Museum Forum (EMF) sebagai museum paling inovatif di Eropa.

Apa kamu juga berminat ke sini membuang barang-barang pemberian mantanmu? Ups..

2. Kloset jadul.

5 Museum punya koleksi barang absurd © 2017 brilio.net

foto: amusing planet

Nggak senyentrik barang-barang peninggalan dari mantan sih, tapi museum yang satu ini juga bisa dibilang sangat unik. Museum yang bernama Sublabh International Museum of Toilets ini sama persis seperti namanya, mengoleksi kloset-kloset toilet kuno seluruh dunia.

Ada toilet para raja dan ratu yang begitu mewah, lalu kloset bekas Ratu Victoria dari Inggris yang terbuat dari porselen bermutu tinggi dan dihiasi lukisan indah.

Koleksi tertua di museum yang berlokasi di New Delhi, India ini adalah toilet antik yang berasal dari tahun 2.500 SM. Paling baru ada toilet canggih dari Jepang, dilengkapi dengan teknologi mesin canggih bertenaga listrik yang bisa langsung membakar kotoran secara otomatis.

3. Mayat bayi.

5 Museum punya koleksi barang absurd © 2017 brilio.net

foto: istimewa/merdeka.com

Siriraj Medical Museum yang terletak di Rumah Sakit Siriraj, Bangkok, Thailand ini terkenal sebagai museum kematian. Museum ini mengoleksi sejumlah jenazah yang sudah diawetkan. Absurd nggak sih?

Di antara koleksi yang paling bikin merinding adalah jenazah beberapa bayi yang meninggal karena komplikasi dalam kandungan, korban pembunuhan organ dalam yang rusak karena tusukan atau bagian tubuh yang dimutilasi. Ada juga serta jenazah para pelaku kejahatan yang sudah diawetkan. Duh!

Koleksi yang paling sering dikunjungi di museum ini adalah jasad Si Quey, pelaku pembunuhan berantai yang kasusnya sempat bikin heboh Thailand era 1950-an. Si Quey membunuh banyak anak kecil sekaligus memakan daging mereka.

Namun setelah ditangkap dan dieksekusi, jasad kriminal sadis ini lantas sengaja dijadikan mumi dan dipajang bersama mayat pelaku kejahatan lainnya.

4. Kelamin makhluk hidup.

5 Museum punya koleksi barang absurd © 2017 brilio.net

foto: sallyhanreck.com

Hampir seabsurd nomor tiga, museum ini malah mengoleksi phallus alias kelamin. Museum yang bernama Icelandic Phallological Museum ini terletak di Reykjavk, Islandia dan sudah sangat terkenal di dunia karena keunikannya.

Sampai kini museum ini dikelola oleh ayah dan anak, Sigurour Hjartarson dan Hjortur Gisli Sigurdsson. Keduanya hingga sekarang sudah mengumpulkan ratusan spesimen kelamin dari berbagai makhluk hidup, setidaknya ada 280 spesimen kelamin yang jadi koleksi, 93 spesies di antaranya merupakan kelamin hewan.

Yang bikin heran lagi, museum ini juga mempunyai 55 kelamin raksasa yang diambil dari ikan paus, anjing laut dan 118 dari berbagai mamalia darat. Ada pula organ vital milik manusia asli yang disumbangkan oleh seorang lansia. Wah!

5. Makanan bekas publik figur.

5 Museum punya koleksi barang absurd © 2017 brilio.net

foto: atlas obscura

Apa yang kamu bayangkan kalau ada museum tapi mengoleksi bekas makanan orang? Apa nggak basi ya?

Nah, Museum of Celebrity Leftovers adalah jawabannya. Museum ini menyimpan irisan french toast yang tak habis disantap Justin Timberlake. Lalu ada potongan mentimun dari bekas makanan aktris Mia Wasikowska, dan remah puding roti yang sempat dicicipi oleh Pangeran Charles disimpan di dalam kaca tertutup dan dipamerkan dalam salah satu ruangan di Old Boatstore Cafe, Cornwall, Inggris.

Michael dan Francesca Bennett adalah pasutri yang mempunyai museum unik ini. Sejak dulu mereka memang terobsesi mengumpulkan memorabilia selebriti yang paling unik, awalnya seperti pinggiran roti, gula batu, serbet yang terkena tumpahan kopi, yang semuanya berasal dari piring makanan yang pernah disentuh oleh pesohor dunia.

RECOMMENDED BY EDITOR