Brilio.net - Punya masa depan cerah dan hari tua yang terjamin tentu jadi dambaan semua orang. Untuk mewujudkannya, perlu perjuangan dan pengorbanan yang tidak mudah. Bahkan, tidak sedikit yang akhirnya merelakan masa muda demi menjamin kebahagiaan hari tua. 

Momen kejayaan masa muda adalah waktu yang pas untuk berinvestasi mempersiapkan hari tua. Tapi, jika terlalu fokus pada hari tua kamu bisa melewatkan kebahagiaan masa muda yang tidak datang dua kali. 

Punya kondisi finansial yang stabil saat muda dan tua sama-sama penting. Untuk itu, harus ada metode perencanaan keuangan yang tepat agar tetap bisa menikmati indahnya masa muda tanpa khawatir soal hari tua. 

Dengan metode apa kita bisa muda foya-foya dan tua kaya raya? Yuk simak informasinya di bawah ini seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (18/11).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Catat pengeluaran dan pemasukan.

kv_bankjago © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Mencatat keuangan bisa memberikan informasi pengeluaran dan pemasukan dari harian, mingguan, hingga bulanan. Dengan begitu kamu bisa tahu kemana uangmu pergi. 

Tapi, kini tidak perlu lagi mencatat pengeluaran dan pemasukan secara manual. Sudah banyak aplikasi yang mengandalkan kecanggihan teknologi untuk membantu mencatat pengeluaran dan pemasukan secara mudah juga praktis. Salah satunya aplikasi Jago yang memastikan setiap transaksi tercatat detail, dengan e-Statement yang juga bisa kamu download.

2. Hitung berapa yang harus disimpan.

kv_bankjago © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Menghitung berapa uang yang harus disimpan bisa membantu menentukan tujuan tabungan pensiun yang logis. Cara menghitungnya adalah dengan mempertimbangkan berapa pengeluaran bulanan saat ini dan berapa nilai uang tersebut saat masuk masa pensiun.

Perhitungan ini juga harus memasukkan perubahan gaya hidup. Misalnya, kebutuhan kesehatan akan meningkat di hari tua untuk keperluan seperti medical check-up rutin. Belum lagi obat-obatan atau pengobatan rutin yang akan hadir di masa tua. Faktor lain di luar kebutuhan bulanan ini harus masuk dalam perhitungan. Setiap orang pasti berbeda karena bervariasinya faktor-faktor yang mempengaruhi.

Lalu jika sudah mengetahui angkanya, jangan lupa memperkirakan periode usia pensiun. Periode ini dimulai dari saat memasuki usia pensiun hingga tutup usia. Nah, kalau masih bingung, kamu bisa manfaatkan aplikasi keuangan untuk membantu menghitung kebutuhan finansial saat memasuki masa pensiun.

3. Tentukan ulang prioritas.

kv_bankjago © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Mengatur ulang prioritas penting untuk benar-benar menjaga kestabilan finansial masa kini dan masa depan. Namun meski harus mengatur ulang prioritas, bukan berarti malah membatasi diri berlebihan.  

Terlalu membatasi diri justru akan membuat susah disiplin dan jadi beban di pikiran. Mengatur ulang prioritas bisa dimulai dengan mengurangi frekuensi pengeluaran. Jangan langsung melakukan tindakan drastis seperti menghentikan secara total pos pengeluaran tertentu. 

Nah, biar tidak keteteran kamu bisa manfaatkan fitur Analisis Pengeluaran (Spend Analysis) dari Jago yang bisa membantu menganalisis pengeluaran. Nantinya, setiap pengeluaran akan dikategorikan sehingga memudahkanmu melakukan analisis pengeluaran. Kategori ini terdiri dari top up, tagihan, acara sosial, hiburan, makan di restoran dan masih banyak lagi. 

Dari analisis ini kamu bisa memutuskan mana pengeluaran yang “diperlukan” dan mana yang “berlebihan”. Fitur ini juga akan memberi informasi kategori pengeluaran apa yang menduduki peringkat teratas, serta perbandingan jumlah pengeluaran antara bulan yang sedang berjalan dan sebelumnya. Selain itu, ada juga data yang menunjukkan meningkat atau menurunnya pengeluaran di suatu kategori.

4. Langsung tentukan budget di depan.

kv_bankjago © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Memisahkan dan memotong budget sesuai kebutuhan dari awal akan mempermudah mengelola keuangan. Saat menerima gaji, usahakan langsung mengarahkan berapa uang yang akan digunakan pada setiap pos keuangan, termasuk pos tabungan hari tua. 

Dengan metode ini kamu bisa memiliki budget untuk foya-foya tapi tetap bisa menabung untuk hari tua. Terlebih kini sudah ada fitur Kantong Jago yang bisa memisahkan berbagai kebutuhan. Setiap kebutuhan bisa dipisahkan dan dibuatkan Kantong sendiri-sendiri. Jadi, kamu tinggal memasukkan budgetnya ke masing-masing Kantong. 

Jangan lupa untuk tetap disiplin dengan budget yang sudah ditentukan agar rencana keuangan berjalan lancar.

5. Disiplin nabung dan investasi.

kv_bankjago © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com 

Masa produktif saat masih muda jadi waktu tepat untuk menabung dan mulai berinvestasi. Kamu tidak perlu menunggu gaji besar untuk mulai nabung dan investasi. Menabung untuk hari tua bisa dimulai dari gaji berapapun, selama masih dalam batas kemampuan.

Mengelola keuangan tak perlu dianggap sulit. Jago membuat semuanya jadi mudah, terutama dengan adanya Fintamin D yang siap dikonsumsi kapan saja. Fintamin adalah vitamin finansial yang diracik Jago bersama sejumlah ahli kesehatan finansial untuk menjaga kesehatan keuangan. Fitur Kantong Terkunci dan Investasi Reksadana bersama Bibit menjadi andalan Fintamin D.Seperti apa fiturnya?

Fitur Kantong Terkunci Jago menawarkan fleksibilitas dalam menabung. Kamu bisa menyimpan uang mulai dari Rp 100 ribu saja. Fleksibilitas juga dirasakan untuk durasi penguncian. Kamu bisa mengunci tabungan dari sesingkat 14 hari hingga 6 bulan, dengan opsi perpanjangan setelahnya. Menariknya, Kantong Terkunci menawarkan bunga yang besarnya mencapai 4% p.a., sehingga kamu bisa menikmati "hasil" dari uang yang kamu tabung.

Selanjutnya ada fitur Investasi Reksadana bersama Bibit. Kamu bisa menghubungkan Kantong Jago untuk berinvestasi mulai dari sebesar Rp 100 ribu bersama Bibit. Kamu juga bisa mengatur auto debit sesuai frekuensi waktu yang kamu pilih supaya konsisten berinvestasi.

Saat ini, Jago sedang menyelenggarakan Fintamin D Game. Menariknya, dengan berpartisipasi dalam game ini kamu bisa memenangkan berbagai hadiah menarik loh. Informasi lebih lengkap bisa kamu temukan di sini

Jika diterapkan dengan baik, beberapa metode di atas bakal mempermudah nabung untuk hari tua tanpa mengorbankan gaya hidup saat ini. Biar lebih mudah dan praktis, kamu bisa manfaatkan aplikasi keuangan seperti Jago dan beberapa fitur unggulannya yang sudah disampaikan di atas.

Tidak perlu khawatir, Bank Jago sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Terlebih, Bank Jago juga merupakan peserta program penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jadi, uangmu akan tetap aman saat menggunakan aplikasi Jago. 

Tak kalah penting, Jago menggunakan teknologi terdepan untuk melindungi keamanan dari login dan transaksi seperti autentikasi dua faktor, autentikasi biometrik, dan pengaturan notifikasi. Download aplikasi Jago di smartphone kamu sekarang agar bisa segera menikmati kemudahan mengelola uang dalam satu genggaman.

Adv

(brl/lak)

RECOMMENDED BY EDITOR