Brilio.net - Akhir-akhir ini, masjid yang memiliki pengelolaan yang sangat baik menjadi semakin marak. Masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah, melainkan pusat berbagai kegiatan keagamaan. Berbagai fasilitas yang mendukung kegiatan para jamaah kini semakin menjadi prioritas.

Masjid tak hanya menyediakan fasilitas infrastruktur seperti interior dan bangunan yang mewah. Banyak masjid yang mulai menerapkan berbagai fasilitas bagi kenyamanan jamaah. Dengan begitu, jamaah akan semakin tertarik datang ke masjid. Masjid dengan fasilitas keren ini tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Nah, daripada penasaran dengan 5 Masjid ini punya fasilitas keren di Indonesia. brilio.net lansir dari berbagai sumber pada Kamis (9/5).

1. Masjid Agung Jawa Tengah.

masjid dengan fasilitas terkeren © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@majt_jateng

Masjid Agung Jawa Tengah mempunyai bangunan yang sangat megah dengan arsitektur bergaya Islam, Jawa dan Romawi. Di masjid ini terdapat kubah besar berukuran 20 meter dengan dilengkapi 4 menara setinggi 62 meter.

Terlebih lagi, masjid ini mempunyai 6 payung raksasa otomatis. Payung ini digunakan untuk jamaah masjid ketika cuaca sedang tak bersahabat. Jamaah juga dimanjakan dengan fasilitas museum perkembangan Islam Jawa Tengah. Masjid ini terletak di Kota Semarang.

2. Masjid Jogokariyan.

masjid dengan fasilitas terkeren © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@masjidjogokariyan

Masjid Jogokariyan terletak di kampung keraton bernama Jogokariyan. Pada awalnya, kampung ini termasuk kampung yang tak tersentuh ajaran Islam. Hanya beberapa rumah saja yang datang ke masjid untuk melaksanakan salat.

Seiring berjalannya waktu, Masjid Jogokariyan merevolusi pengelolaan masjid. Caranya dengan menghadirkan fasilitas yang dapat memberdayaan masyarakat kampung. Sebagai contoh adalah doorprize setelah subuh untuk para jamaah. Masjid ini juga menyediakan bank beras untuk jamaah yang sedang kekurangan. Menariknya, masjid ini akan mengganti barang jamaah yang hilang. Seperti sandal, sepatu, sepeda hingga kendaraan bermotor.

3. Masjid Agung Sindenreng Rappang.

masjid dengan fasilitas terkeren © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@erhambarham

Masjid ini berada di Sindenreng Rappang, Sulawesi Selatan. Masjid ini mempunyai banyak fasilitas yang membuat nyaman jamaah. Tak hanya fasilitas infrastruktur yang diutamakan, melainkan fasilitas pemberdayaan masyarakat seperti lembaga zakat, shodaqoh dan wakaf. Masjid Agung Sindenreng Rappang mempunyai program unggulan seperti Tahfidzul Quran atau menghafal Alquran dan kajian hadits. Masjid Agung ini diberi gelar Masjid Percontohan tingkat nasonal di kabupaten pada tahun 2015, kategori pengelolaan administrasi dan organisasi terbaik.

4. Masjid Agung Nurul Huda Gelgel.

masjid dengan fasilitas terkeren © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@erikseran

Masjid Agung Nurul Huda Gelgel adalah masjid tertua di Pulau Bali. Masjid ini sangat sering dikunjungi oleh tokoh besar Indonesia seperti presiden Indonesia Joko Widodo dan Indra Sjafri.

Masjid peniggalan Wali Songo ini mempunyai tempat stategis yaitu dekat dengan bandar udara Ngurah Rai. Masjid Nurul Huda Gelgel dinobatkan sebagai simbol toleransi antar umat beragama. Fasilitasnya pun sangat memadai seperti multimedia, Aula dan perpustakaan dan menyelenggarakan dakwah rutin.

5. Masjid Syiarul Islam.

masjid dengan fasilitas terkeren © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@sams_badewyz95

Masjid Syairul Islam berada di Kota Kuningan, Jawa Barat. Pengelolaan masjid dilakukan secara moderen. Pengelolaan tersebut meliputi administrasi yang baik, menjadikan masjid sebagai tempat berbagai macam kegiatan keagamaan, pengembangan dan pemberdayaan masjid. Masjid ini juga menerbitkan buletin dan mengelola perpustakaan dengan baik.