Brilio.net - Tanaman hias kini menjadi primadona di tengah pandemi. Minat orang untuk bercocok tanam atau berkebun kian meningkat. Hal ini tentunya untuk menghilangkan rasa penat dan bosan karena tidak bisa melakukan kegiatan seperti biasanya.

Membuat perkebunan bunga di pekarangan rumah memang menjadi pilihan yang tepat. Mereka pun mulai mengoleksi berbagai tanaman hias. Salah satunya adalah janda bolong.

Manfaat tanaman janda bolong Instagram

foto: Instagram/@greenhauzoflayla

Yap, janda bolong memang terbilang tanaman hias yang cukup unik. Harganya juga cukup tinggi, yakni bisa mencapai ratusan juta. Harganya yang mahal ini ternyata bukan tanpa alasan lho, janda bolong memiliki banyak manfaat baik itu untuk kesuburan maupun yang lainnya.

Loading...

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, janda bolong alias Monstera adansonii variegata ini awalnya ditemukan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Tanaman ini masuk ke Indonesia tahun 2018. Saat itulah banyak orang tertarik untuk membudidayakannya.

Nah kira-kira apa saja ya manfaat janda bolong? Berikut brilio.net lansir dari berbagai sumber, Rabu (27/1).

1. Memperbaiki kualitas udara.

Jika kamu memelihara tanaman janda bolong di rumah, maka bisa meningkatkan kualitas udara. Rumah menjadi sejuk dan nyaman. Jika diletakkan di dalam rumah, tanaman hias ini dapat menyerap berbagai zat beracun dari udara. Misalnya benzena, formaldehida, trichloroethylene, xylene, dan amonia.

2. Menyehatkan mata.

Tanaman janda bolong tidak hanya membuat rumah menjadi sejuk, namun juga bisa menyehatkan mata. Jika kamu duduk di dekat tanaman ini dan memandang keindahan daunnya, maka mata akan terasa sangat nyaman. Terlebih jika kamu telah menghabiskan waktu seharian bekerja di depan layar.

Selain menyegarkan mata, tanaman janda bolong ini juga dapat menyerap kandungan bahan kimia yang sering menyebabkan sakit kepala, pusing, iritasi mata, gangguan saluran pernapasan, dan reaksi alergi.

3. Memberikan kesan elegan.

Tanaman janda bolong memang sangat unik dengan daunnya yang lebar. Jika kamu meletakkannya di dalam maupun luar ruangan, rumah akan terasa lebih indah. Rumah akan terasa lebih elegan karena tanaman satu ini.

4. Bernilai investasi.

Seperti yang diketahui, tanaman hias janda bolong ini bernilai ratusan juta rupiah. Jika kamu memilikinya, maka bisa menjadi bentuk investasi lho. Kamu bisa mulai membudidayakannya di rumah dan menjualnya.

Namun perlu diketahui, dalam membeli janda bolong juga harus berhati-hati agar tidak muda tertipu.

5. Meningkatkan mood.

Manfaat yang diberikan oleh janda bolong ini terbilang cukup banyak. Kehadiran janda bolong di rumah bisa meningkatkan kualitas udara di rumah dan menyejukkan mata. Hal ini jelas saja bisa meningkatkan mood kamu, dikala lelah dan bosan dengan kondisi sekarang ini yang harus menghabiskan banyak waktu di rumah.

RECOMMENDED BY EDITOR