Brilio.net - Alam punya kekuatan tersendiri untuk menciptakan keindahan. Manusia bisa membuat sesuatu menjadi indah. Namun upayanya tak akan bisa menyaingi keindahan natural yang dibuat oleh alam. Jika dijaga dengan baik, keindahan tersebut tentu saja tak akan habis dinikmati oleh mata manusia.

Bukit menjulang tinggi yang diselimuti pelangi, danau dengan warna airnya yang bisa berubah-ubah bak disulap, bahkan hutan belantara yang mendadak memerah karena efek musim gugur. Yah, semua itu tak bakal bisa dilihat lagi kalau hutan-hutan dibakar dan danau kotor oleh tangan manusia yang buang sampah sembarangan.

Tapi di antara banyaknya keindahan itu, ada kolam-kolam yang terbentuk cantik secara alami yang keindahannya tentu tak tertandingi buatan manusia. Kolam tersebut rupanya bermacam-macam. Ada yang berbentuk laguna, sinkhole atau juga bilabong dengan pemandangannya yang memesona.

Nah, berikut ini deretan kolam natural paling indah di dunia, seperti brilio.net lansir dari merdeka pada Senin (14/10). Ada dari Indonesia, lho.

1. Terme di Saturnia, Italia.

Loading...

kolam natural indah dunia © berbagai sumber

foto: Instagram/woman.travel

Terme di Saturnia disebut-sebut sebagai salah satu sumber air panas alam terindah di dunia. Kolam air panas ini merupakan salah satu objek wisata andalan di Tuscany, Italia. Letaknya di kota Manciano, tak jauh dari desa Saturnia.

Terme di Saturnia terdiri dari kolam-kolam terasering yang cantik. Masing-masing berisi air hangat kebiruan yang dikenal berkhasiat. Pemandangan pedesaan di sekitarnya pun tampak indah.

Kolam-kolam air panas di Terme di Saturnia bersumber dari mata air di Gunung Amiata yang mengalir hingga ke Maremma. Konon sumber air panas ini terbentuk berkat lemparan petir dari tangan dewa Saturnus. Petir dahsyat itu jatuh ke kawah gunung berapi yang lantas meluap dan menyatu dengan air sungai.

2. Queens Bath, Hawaii.

kolam natural indah dunia © berbagai sumber

foto: merdeka.com

Keunikan Queen's Bath yang ada di pulau Kaua'i, Hawaii memang begitu kentara. Berupa kolam renang yang terbentuk dari lubang runtuhan di tepi laut lepas. Dikelilingi batuan lava beku layaknya spa tradisional mewah. Sumber airnya berasal dari ombak pasang yang terjebak di kolam. Di kolam itu pula terbentuk ekosistem kecil berisi aneka jenis binatang laut, mulai dari ikan hias, bulu babi, dan sejenis angelfish yang disebut ikan hantu oleh warga setempat.

Sebenarnya kolam pertama yang disebut Queen's Bath terletak di Kalapana. Begitu tempat tersebut hancur karena erupsi gunung berapi, lubang runtuhan di Kaua'i ini disebut Queen's Bath. Tetapi kolam ini memang dulunya biasa digunakan oleh para bangsawan untuk berendam dan melepas stres. Sekarang tak hanya kaum bangsawan, siapa pun bisa liburan romantis di sini.

3. Kaminoko Ike, Jepang.

kolam natural indah dunia © berbagai sumber

foto: Instagram/@hiyokotrip

Kaminoko Ike atau kolam anak dewa adalah sebuah danau mungil yang menjadi salah satu objek wisata andalan Hokkaido. Tempat indah ini berada di kawasan Kiyosato-ocho, dekat Ura Mashu (Danau Mashu).

Luas danau ini hanya 220 meter, sementara kedalamannya tak lebih dari 5 meter. Namun airnya sangat jernih, sehingga batang pohon yang sudah mati di dasarnya bisa terlihat jelas. Uniknya, suhu air Kaminoko Ike yang konstan sepanjang tahun, yaitu 8 derajat Celsius menjadikan batang pohon yang jatuh ke dasar tidak membusuk.

4. Bimmah, Oman.

kolam natural indah dunia © berbagai sumber

foto: Instagram/@followmeawaytravel

Bimmah sebenarnya adalah lubang runtuhan di tengah tanah Muscat yang gersang. Namun tak sedikit pula yang menyebutnya sebagai sumur dan kolam natural terindah di dunia. merupakan bagian dari The Hawiyat Najm Park.

Kolam sebesar 40 meter dengan kedalaman 20 meter ini dikenal karena keindahan airnya yang berwarna biru kehijauan. Di sana juga hidup sekumpulan ikan kecil yang gemar berkumpul di sekitar kaki pengunjung.

Menurut mitos yang berkembang di masyarakat, Bimmah terbentuk karena meteorit yang jatuh berabad-abad lalu. Tetapi belum bisa dipastikan apakah mitos tersebut benar adanya.

Bimmah merupakan tujuan wisata yang cukup populer bagi warga Muscat. Kebanyakan datang ke sana untuk menikmati keunikan formasi alam tersebut.

5. Angel's Billabong, Indonesia

kolam natural indah dunia © berbagai sumber

foto: Instagram/@diamondtournusapenida

Kalau Meksiko punya cenote dengan pemandangan magis, negara kita punya kolam alam yang disebut sebagai billabong milik para bidadari karena saking indahnya. Inilah Angel's Billabong, sebuah objek wisata tersembunyi di Nusa Penida, Bali.

Angel's Billabong adalah sebuah sungai bermuara buntu yang berada di tepi laut. Salah satu sungai yang mengalir di daratan Nusa Penida terjebak di ceruk-ceruk kecil, membentuk kolam temporer yang jernih. Air yang memenuhi ceruk billabong tampak berwarna biru kehijauan. Tak heran kalau tempat ini menjadi salah satu spot wisata yang paling dicari oleh wisatawan.

RECOMMENDED BY EDITOR