Brilio.net - Sepanjang 2016 memang begitu banyak momen penting yang terjadi di Indonesia. Tahun ini memiliki segudang cerita, di mana semua itu nantinya akan menjadi sejarah. Kita sendiri yang menyaksikan juga akan terus teringat fenomena tersebut.

Nah, dari ragam kisah tersebut, berikut brilio.net udah rangkum 5 kisah yang berangkat dari sebuah kesederhanaan di Indonesia tapi bisa booming dan trending di dunia.

Wah, apa aja, sih? Yuk, simak di bawah ini!

1. Om telolet om.

Kisah Indonesia mendunia 2016 berbagai sumber


Ungkapan "Om Telolet Om" memang baru-baru ini banyak mengundang perhatian dunia dan seolah-olah menjadi demam di dunia maya.

Berawal dari "keisengan" gerombolan anak-anak di sebuah desa di Jepara yang berkumpul di pinggir jalan. Dari sejumlah video yang diunggah di YouTube, mereka terlihat membawa kertas karton besar bertuliskan Om Telolet Om yang diarahkan ke arah jalan raya dan berharap agar sopir bus mau mengeluarkan suara "telolet".

Wabah Om Telolet Om ini pun menjangkiti para musisi internasional seperti Zedd, DJ Snake, Alesso, Marshmellow, hingga seleb K-Pop seperti CL, Sulli dan Got7 Bambam juga mencuit tentang Om Telolet Om.


2. Mbah Gotho, manusia tertua.

Kisah Indonesia mendunia 2016 berbagai sumber


Sodimejo atau lebih sering dipanggil dengan nama Mbah Gotho, disebut-sebut sebagai manusia tertua. Berdasarkan rekam data administrasi kependudukan KTP, Mbah Gotho lahir pada 31 Desember 1870. Kisah pria asal Sragen, Jawa Tengah yang tidak sabar menanti ajalnya tersebut rupanya juga mampu menarik dunia.

Laman Internasional Bussiness Times (IBTimes) menuliskan, 145-year-old Mbah Gotho from Indonesia says he can't wait to die. Menurut media tersebut, jika benar Mbah Gotho berusia 146 tahun pada Desember mendatang, ia 23 tahun jauh lebih tua dari pemegang rekor manusia tertua Jeanne Calment dari Prancis, yang meninggal tahun 1977 di usia 122 tahun.


3. Rich Chigga, rapper mendunia.

Kisah Indonesia mendunia 2016 berbagai sumber


Satu lagi, kisah dari anak muda Indonesia yang mendunia. Kisah Brian Imanuel atau yang dikenal dengan nama panggung Rich Chigga berhasil membuat dirinya viral sebagai komedian dan ikon hip-hop di internet. Majalah TIME bahkan menulis sosoknya dan mengunggahnya di time.com pada Senin 18 Oktober 2016.

Menurut ulasan TIME, lagu itu disebut lumayan bagus, meskipun memang tidak ada yang revolusioner dalam lagu-lagu hip-hop. Lirik lagu Rich Chigga sendiri mengemukakan keresahan soal kelompok gangster.

Rapper dunia seperti Tory Lanez dan rapper-rapper terkenal lain seperti Ghostface Killah dan Cam’ron bahkan mengunggah video reaksi terhadap video Rich Chigga yang dirilis Juli lalu memuji video Rich Chigga.

"Aku melihat sisi komedinya, tapi apa yang dia utarakan di rappingnya itu keren," kata Cam'ron.


4. Nasi padang yang dijadikan lagu oleh bule Norwegia.

Kisah Indonesia mendunia 2016 berbagai sumber


Nasi padang memang sudah tidak diragukan lagi popularitasnya. Kenikmatan masakan asli dari Sumatera Barat ini pun pernah membuatnya berhasil bertengger di posisi puncak dalam daftar 50 makanan terlezat di dunia versi CNN pada tahun 2011 silam.

Tak hanya nasi padang, rendang juga disebut-sebut sebagai salah satu makanan terfavorit di dunia, lho. Bahkan pada tahun ini, kepopuleran nasi padang sudah sampai di Norwegia.

Hal tersebut dikarenakan salah seorang musisi Norwegia bernama Audun Kvitland Rostad menciptakan sebuah lagu berjudul Nasi Padang. Lewat lagu ini, Audun menunjukkan rasa cintanya pada salah satu makanan favorit Indonesia tersebut.


5. Jaket bomber Jokowi.

Kisah Indonesia mendunia 2016 berbagai sumber


Penampilan Jokowi saat menyampaikan pidato terkait aksi demo 4 November lalu memang berhasil menyedot perhatian. Nggak hanya di Indonesia, tapi juga dunia.

Bahkan media asing seperti Reuters, melalui artikel Indonesian president's call for calm makes fashion statement, menyebut Jokowi berhasil menyedot perhatian dengan jaket bomber. Disebutkan pula bahwa media sosial riuh dan memicu orang Indonesia untuk membeli pakaian serupa di seluruh negeri.

Tak hanya itu saja, media Singapura, The Straits Time dalam artikel berjudul Jokowi's bomber jacket flying off shelves mengulas bahwa jaket yang dikenakan orang nomor satu di Indonesia itu ludes di mana-mana.

Nah, satu lagi nih Sobat Brilio yang lagi trending, yaitu #PestaAkhirTahun Telkomsel! Kamu yang pengen keren dan ngetren, apalagi pas mau tahun baru, yuk ikutan #PestaAkhirTahun.

Dengan pembelian paket pesta akhir tahun atau penukaran Telkomsel POIN melalui UMB *123# atau MyTelkomsel App kamu berkesempatan untuk mendapat hadiah seperti BMW Serie 3, Toyota Sienta, dan masih banyak lagi.

Wah, kalau kamu beruntung bisa buat tampil trendi dan keren di tahun 2017, deh! Ayo buruan guys! Info selengkapnya bisa kamu cek di tsel.me/pestaakhirtahun yaa .....

RECOMMENDED BY EDITOR

5 Kisah dari Indonesia ini sederhana tapi trending di dunia tahun 2016