Brilio.net - Bukan rahasia lagi kalau Indonesia punya kuliner yang beraneka ragam dari Sabang sampai Merauke. Setiap daerah memiliki warisan sajian khasnya masing-masing yang turut menjadi bagian dari budaya setempat.

Bukan hanya jenis kulinernya, cara makan orang Indonesia juga nggak kalah beragam dan unik. Salah satunya seperti kebiasaan yang menganggap belum makan kalau belum menyantap nasi. Biasanya, kebiasaan ini tetap diterapkan walau sudah makan karbohidrat lain seperti roti atau kentang.

Selain wajib makan pakai nasi, masih banyak kebiasaan unik saat makan yang cuma bisa ditemui di Indonesia. Nggak jarang, kebiasaan-kebiasaan ini bikin bule keheranan.

Mau tahu apa saja itu? Yuk, simak informasinya di bawah ini seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (30/8).

1. Rasanya hambar makan tanpa sambal.

Shopeepay berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Makan dengan sambal bisa dibilang sudah mendarah daging bagi kebanyakan orang Indonesia. Terlebih, setiap daerah di Indonesia memiliki menu sambal khas masing-masing. Mulai dari sambal terasi dari Jawa Barat, sambal dabu-dabu khas Manado, sambal matah dari Pulau Bali, dan masih banyak lagi.

Saking cintanya sama sambal, sering kali orang Indonesia membawa stok sambal di koper ketika berlibur ke luar negeri. Siapa nih yang pernah melakukan hal yang sama?

Kecintaan masyarakat Indonesia terhadap makanan pedas turut melahirkan sejumlah inovasi menu kreatif yang mengombinasikan olahan sambal. Sebut saja seperti Ayam Keprabon, Super Penyet, dan Geprek Boss yang gencar diburu penggemarnya karena rasa pedasnya yang super ‘nendang’! Baru dengar namanya saja, sudah kebayang kan rasa nikmat dan pedasnya?

2. Kerupuk jadi teman makan terbaik.

Shopeepay berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Sama seperti sambal, rata-rata orang Indonesia juga kerap menjadikan kerupuk sebagai pelengkap saat makan. Sensasi renyah dan gurih kerupuk yang dapat menambah nafsu makan ternyata jadi alasan banyak orang menyukainya.

Beberapa kuliner khas Indonesia bahkan menjadikan kerupuk sebagai pelengkap wajib dalam sajiannya. Sebut saja seperti bubur, soto ayam, ataupun gulai yang nggak komplet tanpa kerupuk.

Jadi ingin wisata kuliner yang pas dinikmati dengan kerupuk? Coba santap lezatnya menu soto Betawi khas Dudung Roxy, sop buntut di Chop Buntut Chak Yo, serta aneka hidangan baso di Baso Aci Juara atau Mister Baso.

3. Makan bersama bikin lebih nikmat.

Shopeepay berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Mayoritas orang Indonesia menjadikan waktu makan sebagai momen berkumpul bersama dengan keluarga atau teman. Kebiasaan menikmati momen kebersamaan saat makan ini bisa menambah keseruan dan keakraban. Selain itu, banyak juga yang beranggapan, makan bersama bisa menambah kelezatan rasa makanan.

Jangan lupa siapkan menu sharing dengan porsi lebih besar dan mudah disantap bersama, seperti PHD, Martabak, Pok Pok Chicken, dan Gildak. Kamu juga bisa bikin suasana makin seru dengan minuman segar dari Gulu-Gulu, Gong Cha, Happy Lemon, atau Maxx Coffee.

4. Di mana ada tahu, di situ harus ada tempe.

Shopeepay berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Bak dua sejoli, tahu dan tempe jadi makanan yang tidak bisa dipisahkan. Meski tidak ada aturan baku, tahu dan tempe biasanya selalu disajikan bersama.

Selain sama-sama diolah dari kacang kedelai, cara penyajian hidangan ini juga cenderung serupa, yaitu digoreng atau dibacem. Tahu dan tempe juga memiliki kandungan gizi tinggi yang baik bagi tubuh.

Bicara soal duo tahu dan tempe, kamu bisa menikmati hidangan utama dengan ditemani tahu-tempe di sejumlah kuliner favorit, seperti Tahu Telor Petis khas Warung Leko, Nasi Rames Ay-Jo khas Wowteg, atau Nasi Urap Solo khas Dapur Solo.

5. Makan pakai tangan atau ‘muluk’.

Shopeepay berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Menyantap makanan langsung dengan tangan kosong dalam budaya Jawa disebut ‘muluk’. Cara makan ini sudah jadi kebiasaan turun menurun yang umum dilakukan orang Indonesia.

Kebiasaan unik ini dipercaya mampu menambah rasa nikmat dari makanan. Selain itu, makan menggunakan tangan juga bisa membantumu untuk mengetahui suhu dari makanan tersebut.

Ada beberapa makanan yang dianggap lebih nikmat jika disantap dengan tangan. Mulai dari Padang Merdeka, Dermaga Seafood hingga Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk. Perlu dicatat, pada kondisi pandemi saat ini, jangan lupa untuk mencuci tangan kamu dengan sabun di air mengalir terlebih dahulu, ya.

Nah, itu tadi lima kebiasaan unik saat makan yang umumnya dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Hayoo … ngaku mana yang jadi kebiasaanmu?

Apa pun kebiasaan makanmu, jangan lewatkan promo spesial kampanye 9.9 Super ShopeePay Deals. Selama periode 28 Agustus - 12 September, kamu bisa menikmati Voucher Cashback 100%, Flash Sale Voucher Rp 1, serta sederet promo menarik lain. Jadi, kamu bisa menikmati berbagai jenis makanan dan camilan lezat dengan lebih hemat.

Nggak perlu khawatir kantong kering karena top up saldo ShopeePay selama periode kampanye ini semakin menguntungkan. Berkat in-app games terbaru, Gosok ShopeePay, kamu berkesempatan mendapatkan bonus emas tiap hari.

Yuk, kunjungi merchant kuliner favoritmu dan buktikan mana kebiasaan makan orang Indonesia yang kamu banget! Jangan lupa selalu terapkan protokol kesehatan saat mengunjungi kuliner pilihan dan gunakan ShopeePay sebagai metode pembayaran.

Cari tahu lebih lanjut mengenai promo 9.9 Super ShopeePay Deals di sini.