Brilio.net - Eropa memang menjadi destinasi wisata beberapa wisatawan dari Indonesia. Wisata yang disajikan pun beragam, salah satunya kastil yang dibangun pada abad pertengahan sebagai tempat pertahanan dari serangan kaum bangsawan. Beberapa kastil di Eropa telah direnovasi dan dapat digunakan sebagai tempat wisata.

Setiap kastil pun memiliki sejarahnya masing-masing. Ada yang beberapa kali hancur akibat perang, ada yang dibangun dengan penuh misteri, dan ada juga kastil yang dijuluki sebagai kastil terbesar di Eropa.

Namun tidak jarang kastil-kastil tersebut terbengkalai dan tidak terurus. Saat berada di dalam kastil, kamu akan merasakan sensasi layaknya berada di negeri dongeng. Jika ada kastil nyata untuk film Frozen, mungkin ini salah satunya. Berikut brilio.net rangkum daftar lima kastil di Eropa yang wajib kamu kunjungi.

1. Kastil Neuschwanstein, Jerman.

kastil eropa istimewa

Loading...

foto: instagram/@alaa_oth

Kastil Neuschwanstein adalah kastil yang berdiri megah di puncak bukit di atas desa Hohenschwangau, dekat Kota Fussen, Jerman. Kastil ini dibangun tahun 1869 atas perintah Raja Ludwing ll sebagai tempat pengasingan diri dan menyendiri. Sebab itu kastil ini dibangun jauh dari permukiman. Kastil ini telah dibuka untuk umum semenjak sang Raja meninggal pada tahun 1886. Kastil ini mengingatkan kita pada kastil milik Princess Aurora dalam kisah Sliping Beauty.

2. Kastil Chambord, Prancis.

kastil eropa istimewa

foto: brightside

Kastil ini berada di lembah Loire, Prancis. Kastil yang menjadi inspirasi desainer Disney untuk membuat desain kastil beast yang digunakan untuk memenjarakan Belle. Kastil ini dinobatkan sebagai surganya kastil di Prancis. Dahulu kastil ini merupakan rumah peristirahatan sederhana di tanah rawa yang dimiliki Count Blois. Kemudian kastil ini digunakan sebagai tempat peristirahatan raja selama masa pemburuan. Untuk mengunjungi kastil ini dikenakan biayanya 11 Euro.

3. Kastil Alcazar, Spanyol.

kastil eropa istimewa

foto: brightside

Kastil Alcazar merupakan kastil yang digunakan benteng Arab pada abad ke-12 dan menjadi benteng terkuat. Kemudian seiring berjalannya waktu, kastil ini dibangun sebagai tempat tinggal keluarga kerajaan Spanyol. Letaknya di sebuah kota kuno Segovia, Spanyol. Kastil ini diapit dua aliran sungai yaitu Rio Clamores dan Rio Eresma. Kastil ini banyak digunakan dalam film Disney sebagai inspirasi kastil Cinderella dan Snow White.

4. Kastil Lichtenstein, Austria.

kastil eropa istimewa

foto: brightside

Kastil ini terletak di Swabian Jura, selatan Jerman. Objek wisata ini dibagun atas desain Carl Alexander Heideloff dari tahun 1840-1842. Kastil ini digunakan keluarga penguasa Lichtenstein sebagai tempat berlindung dari musuh. Jika kamu berkunjung ke sini, Kastil ini akan mengingatkan kita pada kastil milik Rapunzel.

5. Kastil Bojnice, Slovakia.

kastil eropa istimewa

foto: intagram/@fotografieslovenska

Kastil ini ada di bagian tengah Slovakia di tepi sungai Nitra. Kastil cantik dengan arsitektur klasik ini sudah ada sejak abad ke-12. Kastil ini dikunjungi ribuan wisatawan setiap tahunnya. Kastil Bojnice ini dikelilingi kota Prievidza dan masih termasuk wilayah-wilayah Trencin. Didepan kastil ini terdapat kebun binatang Bojnice sebagai kebun binatang Slovakia. Untuk mencapai tempat ini, kamu dapat menggunakan bus dari Bratislava.

reporter: mgg/gusti ridani

RECOMMENDED BY EDITOR