Brilio.net - Ular identik dengan hewan megerikan. Namun ular juga sama seperti hewan yang lain yakni butuh makan dan juga buang air besar. Nah dengan melihat mangsa ular yang super besar, pernahkah kamu berpikir bagaimana ular buang air besar?

Proses buang air besar pada ular berbeda dengan binatang lain. Perbedaan ini terletak pada lamanya, prosesnya dan fakta di balik kotorannya. Yuk kita simak informasinya dibawah ini dikutip dari berbagai sumber Jumat (13/10).

1. Ular dapat tidak buang air besar selama satu tahun.

ular eeq © 2017 brilio.net berbagai sumber-foto: mcsaurus.deviantart.com

Ular jarang makan, begitupun juga jarang mencerna makanan. Lama ular mencerna makanan bermacam-macam tergantung jenis ular. Untuk jenis piton ada yang baru buang air besar lebih dari satu tahun lho.

Loading...

2. Ular mengeluarkan kotorannya lewal lubang kloaka.

ular eeq © 2017 brilio.net berbagai sumber-foto: youtube/@SnakeTV

Pernah berpikir mana lubang dubur ular? Nah ular mempunyai sebuah lubang untuk mengeluarkan kotorannya. Lubang tersebut dijuluki kloaka. Lubang tempat keluarnya kotoran ular ini sekaligus menjadi penanda atau batas tubuh dan ekor ular.

3. Ular menyimpan kotorannya di dalam tubuh untuk menambah berat badan.

ular eeq © 2017 brilio.net berbagai sumber-foto: quora.com

Ada salah satu alasan unik kenapa ular tak kunjung buang air besar. Ular membutuhkan berat badan untuk bertarung, dan sumber berat itu ialah kotorannya sendiri.

4. Di dalam kotoran ular juga terdapat rambut dan tulang.

ular eeq © 2017 brilio.net berbagai sumber-foto: owlcation.com

Umumnya kotoran berbentuk padat atau lembek dan bertekstur sedikit lembut. Nah ada yang unik dari kotoran ular. Tekstrurnya bisa saja agak kasar, kenapa tuh? Jika kalian pilah kotoran ular didalamnya ada serpihan rambut dan tulang yang tidak bisa dicerna. Serpihan tersebut berasal dari hewan yang ia mangsa.

5. Kotoran ular mengandung bakteri yang dapat membunuh manusia.

ular eeq © 2017 brilio.net berbagai sumber-foto: cdv.gov

Tidak hanya bisanya, kotoran ular pun juga mematikan. Di dalamnya terkandung bakteri yakni salmonela. Bakteri salmonela ini jika tumbuh di tubuh manusia dapat menyebabkan kematian.

RECOMMENDED BY EDITOR