Brilio.net - Kepulauan Mentawai dikenal dengan aneka budayanya. Mentawai merupakan kabupaten di provinsi Sumatera Barat. Banyak fakta menakjubkan yang jarang diketahui oleh masyarakat luar Mentawai.

Fakta-fakta itu mulai dari suku asli hingga kehidupan warga lokal yang sarat dengan budaya khasnya. Berikut brilio.net rangkum beberapa fakta unik dari Kepulauan Mentawai.


1. Suku Tertua di Indonesia.

suku © 2017 brilio.net
foto: Instagram/@ario_t


Suku Mentawai adalah penduduk asli dari kepulauan Mentawai, yaitu sebuah kepulauan besar di bagian barat pulau Sumatera. Suku Mentawai merupakan salah satu suku yang tertua di Indonesia. Nenek moyang dari Suku Mentawai diketahui dan diyakini oleh para peneliti sudah mendiami lokasi kepulauan Mentawai di barat Sumatera sejak tahun 500 SM. Mereka menyebut tanah kelahirannya dengan sebutan Bumi Sikerei.


2. Kepercayaan Sabulangan.

suku © 2017 brilio.net
foto: Instagram/@sukumentawai


Meski banyak yang sudah memeluk agama Kristen dan Islam, suku Mentawai juga memiliki kepercayaan tersendiri yakni Sabulungan. Sabulungan merupakan agama atau kepercayaan yang sifatnya animisme, di mana seluruh benda yang ada memiliki roh dan jiwa. Ketika roh tidak dapat dirawat dengan baik, maka roh akan bergentayangan dan menyebabkan kesialan serta menyebabkan munculnya penyakit. Suku Mentawai punya kepercayaan kuat terhadap benda -benda yang mereka anggap sakral.

 

3. Rumah Adat yang Khas

suku © 2017 brilio.net
foto: Instagram/@imndikfn


Suku Mentawai memiliki rumah adat dengan bentuk mirip seperti rumah adat Sumatra Barat, dengan desain rumah panggung berbahan kayu ataupun bambu. Suku Mentawai mempunyai tiga jenis rumah adat yang biasa digunakan. Ketiga jenis rumah tersebut adalah Uma, yaitu rumah yang berukuran besar, biasanya ditempati oleh 3 hingga 4 keluarga dalam satu rumah.

Jenis rumah yang kedua adalah Lalep, yaitu jenis rumah yang berukuran lebih kecil, dan biasa ditempati oleh 1 keluarga saja di dalam rumah tersebut. Kemudian jenis rumah yang ketiga adalah jenis rumah bernama Rusuk.

 

4. Makanan Pokok.

suku © 2017 brilio.net
foto: Instagram/@medianenf


Suku Mentawai mengonsumsi sagu sebagai bahan makanan pokoknya. Sagu diolah oleh Suku Mentawai dengan cara dibakar, dan menjadi bahan makanan sehari-hari. Selain sagu, makan daging hewan juga merupakan kebiasaan dari Suku Mentawai. Babi hutan, ayam, dan juga kijang adalah jenis daging yang dikonsumsi oleh masyarakat Suku Mentawai, dan mereka dapatkan dengan cara berburu di sekitar lokasi tempat tinggal mereka.


5. Tatonya Khas.

suku © 2017 brilio.net
foto: Instagram/@esmatws


Suku Mentawai dikenal dunia karena tato-nya, yang dianggap sebagai tato tertua di dunia. Bagi Suku Mentawai, tato adalah sebuah identitas. Tato pada Suku Mentawai menggambarkan keseimbangan antara penghuni hutan dengan alam. Uniknya, bahan yang digunakan untuk memberikan tato adalah bahan bahan alami, seperti arang salah satunya. Pada saat akan membuat tato, terlebih dahulu sang shaman alias para tetua suku akan mendoakan arang tersebut, barulah dipakai untuk membuat tato.

Jadi, tato Suku Mentawai merupakan salah satu ritual adat yang sangat disakralkan, dan menjadi sebuah hal yang dijunjung tinggi di dalam lingkungan Suku Mentawai.