Brilio.net - Kisah Siti Nurbaya pasti tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Kisah legendaris ini bercerita tentang cinta tragis Samsul Bahri dan Siti Nurbaya. Namun di balik kisah pilunya, Siti Nurbaya menjadi ikon perubahan tradisi peran wanita dalam masyarakat. Nggak hanya dalam bentuk novel, Siti Nurbaya juga diadaptasi dalam layar lebar, sinetron, dan teater.

Menariknya, kini kisah Siti Nurbaya dapat disaksikan dalam pertunjukan daring nan unik. Pandemi Covid-19 tak lantas membuat kreativitas para seniman terkikis. Seniman Indonesia Kaya ini berhasil mewujudkan teater Siti Nurbaya yang dapat dinikmati secara daring.

Terinspirasi dari novel sastra karya Marah Rusli, Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai, Indonesia Kaya mengemasnya menjadi teater virtual bertajuk Serial Musikal Nurbaya. Inovasi menjadi kata kunci. Sejak tayang perdana pada 1 Juli, Serial Musikal Nurbaya ini sukses mencuri perhatian masyarakat dan telah disaksikan lebih dari 3,1 juta penonton.

Banyak alasan yang membuat serial musikal ini patut menjadi referensi tontonanmu. Berikut ulasan brilio.net dari berbagai sumber, 5 fakta Serial Musikal Nurbaya, adaptasi karya sastra ke teater virtual, Kamis (15/7).

1. Bekerjasama dengan Garin Nugroho dan Teater Musikal Nusantara (TEMAN).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Galeri Indonesia Kaya (@indonesia_kaya)

Teater virtual yang diproduksi melalui program Indonesia Kaya ini menggandeng salah satu sutradara terbaik, Garin Nugroho. Ia juga bekerja sama dengan kelompok Teater Musikal Nusantara (TEMAN). Dengan arahan Garin Nugroho, elemen dari seni teater, seni tari, seni suara dan teknologi film menyatu untuk menciptakan karya baru bagi dunia kreatif Indonesia.

Berbeda dari produksi lainnya, pemain di serial ini seluruhnya diisi oleh pekerja seni yang mengikuti rangkaian program online pencarian seniman-seniman muda berbakat.

2. Melibatkan penulis naskah muda lewat Mencari Penulis.

sitinurbayakay istimewa

foto: Instagram/@indonesia_kaya

Sebuah teater maupun film akan mencuri perhatian penontonnya jika memiliki alur cerita menarik. Nah, Serial Musikal Nurbaya ini rupanya juga melibatkan penulis naskah muda Tanah Air. Untuk diketahui naskah cerita ini, ditulis oleh anggota TEMAN Chriskevin Adefrid, dan beberapa orang yang terpilih dalam workshop Mencari Penulis.

Mereka adalah Latifah Maurinta, Veronica Gabriella, dan Ilya Aktop yang menjadi bagian tim penulis naskah serial musikal ini. Para penulis yang terpilih juga mengikuti sesi masterclass online bersama produser eksekutif serial musikal Nurbaya, Garin Nugroho dan Nia Dinata.

3. Pemeran Siti Nurbaya dipilih melalui audisi Mencari Siti.

sitinurbayakay istimewa

foto: Instagram/@indonesia_kaya

Tak hanya program Mencari Penulis, pemeran Siti Nurbaya di serial musikal Nurbaya ini juga dipilih melalui audisi Mencari Siti. Dimana program ini menyaring para seniman muda berbakat yang memiliki kemampuan vokal, tari dan akting sesuai kebutuhan musikal.

Dimulai sejak Desember 2020 lalu, program Mencari Siti ini akhirnya menemukan para pemain terpilih untuk setiap karakter dalam produksi Nurbaya. Siti Nurbaya yang merupakan tokoh utama perempuan dalam serial musikal ini diperankan oleh Arawinda Kirana.

4. Dibintangi aktor muda berbakat.

sitinurbayakay istimewa

foto: Instagram/@indonesia_kaya

Lewat program Mencari Siti, serial musikal Nurbaya dibintangi aktor muda berbakat. Seperti tokoh utama perempuan, Siti Nurbaya, diperankan dengan penuh penjiwaan dan emosi oleh Arawinda Kirana, seorang aktris muda Indonesia. Sedangkan tokoh utama laki-laki, Samsul Bahri, diperankan dengan apik dan penuh cinta oleh Bukie Mansyur, seorang penyiar radio.

Sementara tokoh antagonis di serial musikal ini, Tuan Meringgih, diperankan oleh Bima Zeno Pooroe dengan akting memantik emosi penonton. Selain 3 aktor muda tersebut, terdapat banyak seniman yang bergabung dalam serial ini. Seperti Nola Be3 sebagai Etek Rahma, Jessica Januar sebagai Siti Alimah, Galabby sebagai Isabella, dan kehadiran penyanyi Minang legendaris Elly Kasim.

5. Tayang eksklusif di YouTube Indonesia Kaya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Galeri Indonesia Kaya (@indonesia_kaya)

Bagi kamu yang sudah menonton, pasti sepakat merasakan pengalaman menonton teater virtual yang berkesan. Kisah Siti Nurbaya dalam versi drama musikal online ini dikemas dengan penyampaian cerita tradisional dibalut dengan realita masa kini. Sehingga menghasilkan warna baru bagi para pecinta seni Tanah Air.


Kisah Siti Nurbaya ini masih berlanjut, dan tayang eksklusif setiap minggunya di YouTube Indonesia Kaya. Kamu dapat menonton di sini untuk mengikuti kisahnya. Ikuti dan pantengin terus media sosial Indonesia Kaya biar nggak ketinggalan info terbaru Serial Musikal Nurbaya.