Brilio.net - Olimpiade Tokyo 2020 berlangsung selama 17 hari mulai 23 Juli hingga 8 Agustus 2021 mendatang. Sempat mundur satu tahun karena pandemi Covid-19, akhirnya Olimpiade Tokyo dapat berlangsung dengan diikuti sebanyak 205 negara ambil bagian menjadi peserta, plus satu kontingen spesial, yakni Kontingen Pengungsi (Refuge Olympic Team), sehingga total ada 206 kontingen.

Ada lebih dari 11 ribu atlet yang akan memberikan yang terbaik untuk mendapatkan prestasi medali emas dari 46 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan. Pada Olimpiade Tokyo 2020 mempertandingkan 46 cabor, termasuk cabor populer, salah satunya yakni balap sepeda.

Pada cabor balap sepeda, ada yang berhasil mencuri perhatian penonton dari Indonesia. Pasalnya, atlet cabang BMX perwakilan Prancis dan Latvia tampil menggunakan sepeda buatan Gresik, Jawa Timur. Sepeda tersebut diketahui memiliki merek "Thrill". Sebagai warga Indonesia, kamu patut merasa bangga karena sepeda buatan anak bangsa dapat tampil di Olimpiade tersebut.

Hal ini pertama kali diketahui lewat postingan akun Instagram resmi Thrill Bicycle Official yang mengunggah potret atlet asal Prancis dan Latvia yang menunggangi sepeda tersebut.

"Ready for The Game!
Dua Atlet Thrill BMX wakil negara Perancis dan Latvia hari ini akan berlaga di nomor Womens BMX Race Olimpiade Tokyo 2020," tulis akun Instagram resmi Thrill Bicycle.

Nah, penasaran bagaimana wujud dan fakta dari sepeda Thrill yang digunakan dalam pertandingan balap sepeda di Olimpiade Tokyo? Yuk simak 5 fakta menarik sepeda buatan Gresik yang dipakai di Olimpiade Tokyo 2020, dirangkum brilio.net dari thrillbicycle.com pada Jumat (30/7).

1. Buatan Gresik.

Fakta menarik sepeda buatan Gresik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@thrill_bicycle

Siapa sangka, sepeda kece yang digunakan oleh atlet balap sepeda BMX asal Prancis dan Latvia adalah sepeda buatan Grasik, Jawa Timur. Sepeda Thrill diproduksi oleh PT Indonesia Bike Works yang berlokasi di Jalan Raya Sumengko KM 30, Desa Sumengko, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

2. Tergolong pendatang baru di dunia sepeda.

Fakta menarik sepeda buatan Gresik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@thrill_bicycle

PT Indonesia Bike Works didirikan pada tahun 2012. Target konsumen sepeda Thrill ini untuk memenuhi permintaan sepeda mid-high end. Adapun dua produk PT Indonesia Bike Works yaitu Thrill dan Tabibitho.

Memiliki visi dan misi untuk menempatkan semangat dalam menghasilkan produk berkinerja tinggi dan membangun komunitas Thrill di seluruh dunia, Thrill pun disambut baik di pasar domestik hingga merambah ke ajang internasional seperti Olimpiade Tokyo 2020.

3. Punya kelebihan tersendiri.

Fakta menarik sepeda buatan Gresik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@thrill_bicycle

Thrill menyuguhkan desain keren, konsistensi produk, dan geometri berkendara. Produsen ini juga menawarkan berbagai macam produk sepeda. Mulai dari MTB, BMX, hybrid, road bike, dan balance bike anak.

Sepeda gunung atau MTB terbagi jadi beberapa jenis. Adapun di antaranya adalah sepeda gunung soft tail, sepeda gunung hard tail, sepeda MTB XC (Cross Country), sepeda MTB trail, sepeda MTB enduro, sepeda downhill, dan sepeda MTB all mountain (AM).

4. Dipakai dua atlet BMX.

Fakta menarik sepeda buatan Gresik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@thrill_bicycle

Diketahui dari unggahan Instagram Thrill Bicycle Official baru-baru ini, ada dua atlet yang memakai sepeda Thrill di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Dua atlet tersebut yakni Axelle Etienne dan Vineta Petersone asal Prancis dan Latvia. Bukan sembarang atlet, kedua atlet tersebut merupakan juara nasional BMX di negaranya masing-masing.

5. Memakai Thrill Havoc.

Fakta menarik sepeda buatan Gresik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@thrill_bicycle

Axelle Etienne dan Vineta Petersone sama-sama menggunakan sepeda Thrill Havoc. Sepeda ini merupakan salah satu seri andalan Thrill yang dikembangkan dengan riset mendalam selama beberapa tahun dan dipadu dengan hasil riset dari tim pengembangan atlet balap nasional dan internasional. Nggak heran jika seri Thrill Havoc mampu menjadi mesin tempur yang mumpuni oleh atlet BMX race.