Brilio.net - Setiap tahun pemuda Indonesia memperingati Sumpah Pemuda pada 28 Oktober. Peristiwa ini jadi momen bersejarah bagi pergerakan kemerdekaan Indonesia dan menunjukkan tingginya semangat pemuda Tanah Air untuk mengubah keadaan bangsa.

Bertujuan menegakkan persatuan bangsa, Sumpah Pemuda melahirkan tiga ikrar yaitu satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa. Ikrar yang berhasil menyatukan berbagai perbedaan demi meraih satu tujuan itu merupakan hasil rumusan rapat Kongres Pemuda II.

Meski sudah 92 tahun berselang, semangat Sumpah Pemuda masih harus terus dinyalakan, terutama pada era digital dan globalisasi saat ini. Di tengah derasnya paparan informasi dan budaya modern, Sumpah Pemuda jadi pegangan yang sangat penting bagi para generasi penerus bangsa.

Selain memperingati setiap tahun, ada cara lain yang bisa dilakukan anak muda untuk menghidupkan semangat Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja itu? Yuk simak di bawah ini sebagaimana brilio.net lansir dari berbagai sumber, Jumat (9/10).

1. Tidak melupakan bahasa Indonesia.

5 Cara nyalakan semangat Sumpah Pemuda dalam keseharian di era digital berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Bahasa Inggris dan Korea beberapa waktu terakhir kian sering digunakan anak muda saat bermain media sosial atau chatting. Tidak salah mempelajari bahasa asing untuk mengembangkan skill, namun kamu tidak boleh melupakan bahasa Indonesia. Menggunakan bahasa Indonesia saat bermain media sosial jadi salah satu cara menunjukkan cinta dan kebanggaan terhadap bahasa Indonesia.

Kamu bisa lebih sering mengganti kata-kata asing menjadi bahasa Indonesia dalam percakapan sehari-hari, seperti upload menjadi unggah. Yang perlu kamu ingat, bahasa merupakan identitas bangsa. Jadi, jangan sampai melupakan bahasa Indonesia, ya.

2. Menghentikan berita hoaks yang memecah belah bangsa.

5 Cara nyalakan semangat Sumpah Pemuda dalam keseharian di era digital berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Inti semangat Sumpah Pemuda adalah persatuan bangsa. Sayangnya, pada era digital ini tak sedikit oknum yang sengaja menyebarluaskan berita palsu untuk memecah belah bangsa.

Kamu sebagai generasi muda harus bisa jadi tameng untuk menghentikan berita hoaks. Khususnya berita hoaks tentang politik dan agama yang mudah memicu pertengkaran. Selalu cek kebenaran dari sebuah berita dan bekali diri dengan pengetahuan dari sumber yang pasti.

3. Buat konten berkualitas di media sosial.

5 Cara nyalakan semangat Sumpah Pemuda dalam keseharian di era digital berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Generasi millenial tak bisa dilepaskan dari media sosial dan internet. Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk menyalakan semangat Sumpah Pemuda dengan membuat konten berkualitas. Mulai dari konten edukasi hingga konten yang menggerakkan rasa nasionalisme. Jangan salah, nantinya konten edukasi yang kamu buat secara tidak langsung bisa ikut mencerdaskan bangsa, lho.

4. Dukung karya anak bangsa.

5 Cara nyalakan semangat Sumpah Pemuda dalam keseharian di era digital berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Kampanye bangga menggunakan produk lokal karya anak bangsa kini kian gencar. Nggak heran, beberapa tahun terakhir produk lokal semakin menunjukkan kualitasnya. Bahkan ada beberapa produk yang kualitasnya tak jauh dari produk luar negeri. Mulai dari skincare, makeup, pakaian, hingga makanan.

Dengan menggunakan dan membeli produk lokal, kamu tak hanya mendukung tapi juga ikut menyejahterakan bangsa sendiri.

Bagi kamu yang berkarya menunjukkan produk lokal berkualitas, jangan ragu untuk terus memperluas wawasan dan koneksi, serta percaya diri mampu memberikan yang terbaik.

Dalam berkarya, yang tak kalah penting adalah menjaga kesehatan. Pastikan kamu menerapkan pola hidup sehat agar semangat menjalani hari dan melahirkan karya-karya baru yang menginspirasi.

Di masa seperti sekarang ini, pemuda Indonesia harus kuat dan mementingkan kesehatan. Untuk menjaga semangat para pemuda pemudi Indonesia, Indomilk Good To Go hadir sebagai minuman susu sereal pertama di Indonesia yang siap membantu kamu terus produktif dan semangat sepanjang hari.

Minuman susu sereal pertama di Indonesia ini adalah suatu karya produk bangsa yang bertujuan untuk menjaga asupan nutrisi seimbang di pagi hari dan melindungi kesehatan pemuda pemudi Indonesia lewat empat macam sereal yang terkandung di dalamnya. Mulai dari beras merah sebagai sumber karbohidrat yang membuat rasa kenyang lebih lama, gandum yang tinggi kandungan serat baik, oat yang membantu melindungi kesehatan pencernaan, dan malt yang mampu mengubah karbohidrat menjadi energi dalam tubuh.

Jarang disadari, 6 kebiasaan saat sarapan ini bikin gampang lelah Istimewa


Sebagai pemuda Indonesia, sangat penting untuk memulai hari dengan asupan nutrisi yang tepat. Susu sereal Good to Go merupakan salah satu pilihan sarapan yang bisa kamu nikmati karena sehat, simple, dan mengenyangkan. Kandungan nutrisi karbohidrat dalam Good to Go adalah setara dengan dua lembar roti gandum dan protein yang setara dengan satu butir telur. Selain itu, kandungan empat serealnya kaya akan vitamin B kompleks dan serat untuk bantu jaga kesehatan tubuh, khususnya metabolisme.

Bukan sekadar susu sereal biasa, Good To Go adalah pilihan sarapan yang cocok untuk membuat hari kamu #GoTerus produktif dan tentunya sehat. Kamu bisa dapatkan segudang manfaat Good To Go di sini.

5. Menghargai perbedaan pendapat.

5 Cara nyalakan semangat Sumpah Pemuda dalam keseharian di era digital berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Selain berita hoaks, perbedaan pendapat di media sosial rupanya juga bisa memicu pertengkaran meski tidak saling mengenal satu sama lain. Jangan dianggap sepele, perbedaan pendapat ini dapat menyebabkan perpecahan bangsa.

Untuk itu, kamu harus bisa menghargai dan menerima jika seseorang berbeda pendapat di media sosial. Selalu gunakan bahasa yang sopan dan pahami jika setiap orang memiliki latar belakang yang berbeda. Perluas wawasan agar kamu lebih mudah bertoleransi dan menghormati segala perbedaan.

 

RECOMMENDED BY EDITOR